5 Tempat Wisata Baru Di Sumba Yang Ngehits dan Wajib kalian Kunjungi

Di Pulau Sumba tidak hanya terkenal dengan tempat wisata yang sudah lama terbangun. Sebab tempat wisata baru di Sumba juga terbilang hits dan berhasil menarik pengunjung yang banyak.

Hal ini disebabkan oleh pesona wisata yang tidak hanya indah tetapi juga menyehatkan. Karena sebagian besar wisata berbasis alam baik yang alami maupun destinasi buatan.

Berikut 10 tempat wisata baru di Sumba yang wajib kamu datangi atau kamu kunjungi:

1. Bunga Sakura Sumba

Bunga Sakura Sumba

Bunga Sakura Sumba – foto milik @penydamanik

Jika ingin berwisata layaknya di Jepang, silakan datang ke Taman Bunga Sakura Sumba. Tepatnya di kabupaten Sumba Timur Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya di taman ini banyak ditemukan pohon Sakura yang khas Jepang.

Menurut sejarahnya pohon bunga sakura yang ada di taman ini dibawa oleh serdadu Jepang di masa kolonial dulu. Namun oleh pemerintah setempat mulai dikelola dengan baik dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Jika ingin menikmati bunga sakura yang indah silakan datangi Taman Bunga Sakura Sumba di bulan-bulan tertentu. Tepatnya di bulan September sampai bulan Oktober yang mana di bulan tersebut bunga sakura bermekaran.

2. Taman Kincir Angin Maubokul

Taman Kincir Angin Moubokul

Taman Kincir Angin Moubokul – sumber : kaskus

Jika Belanda dikenal sebagai negara 1000 kincir karena banyak kincir angin di sana, di Sumba juga ada taman yang isinya berbagai kincir angin berbagai bentuk dan jenis. Namanya adalah Taman Kincir Angin Maubokul.

Salah satu destinasi unggulan di Taman Kincir Aning Maubokul adalah banyaknya spot foto selfie yang instagenik. Sebuah latar foto yang bisa bikin jepretan kamu lebih elegan dan instagramable.

Taman Kincir Angin sejatinya adalah sarana pembangkit listrik untuk desa Kemanggih. Namun karena contur tanah dan pesona pemandangan yang menarik taman ini juga dialih fungsikan sebagai tempat wisata.

3. Bendungan Kambaniru Lambanapu

Bendungan Kambaniru Lambanapu

Bendungan Kambaniru Lambanapu – foto Indonesiakaya

Tempat wisata baru di Sumba yang ketiga adalah Bendungan Kambaniru Lambanapu. Sebuah sarana irigasi yang cukup terkenal karena keindahan dan keasrian alam sekitarnya. Terutama saat musim penghujan.

Aliran sungainya sendiri mengalir di antara sawah-sawah penduduk yang asri. Makanya jika datang ke tempat ini kamu akan menemukan panorama alam pedesaan yang permai dengan cuaca yang sejuk dan asri.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Bendungan Kambaniru. Di antaranya ialah menyisir sungai dengan mengendarai perahu masyarakat setempat. Kamu cukup membayar sewanya dengan harga terjangkau.

Selain itu banyak traveler yang melakukan tracking menantang. Karena bendungan sendiri berada di kaki bukit yang asri dan menghijau. Pokoknya di bendungan ini destinasi wisatanya cukup lengkap.

4. Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu//Lifeisanabsurdjourney

Destinasi baru di Pulau Sumba yang tak kalah eksotis adalah Pantai Watuparunu. Salah satu keunggulannya adalah pantai berpagar batu karang dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan banyak batu karang yang berlubang di bagian dasarnya.

Traveler juga bisa menikmati pesona pantai dari atas ketinggian. Sebab di sekeliling pantai terdapat tebing yang cukup tinggi. Kadang dari sini pengunjung bisa menikmati sunsite dan sunrise.

Tempat wisata Pantai Watuparunu berada di Lainjanji Kec. Wula Waijelu Kab. Sumba Timur. Sebuah wilayah pedesaan dan daerah pesisir dengan salah satu ciri khasnya adalah udaranya bersih dan anginnya sejuk.

5. Puru Kambera

Pulau Kambera

Pulau Kambera – Indonesiakaya

Tempat wisata baru di Sumba yang ke lima adalah Puru Kambera. Sebuah gugusan nusa yang dikenal dengan padang savanna yang luas. Bahkan jika musim hujan suasana sabana benar-benar permai dan asri.

Saking eksotis-nya pesona Puru Kambera traveler menganggapnya sebagai Afrika-nya Sumba. Maka dari itu banyak orang yang mendatanginya semata untuk mengetahui seperti apa padang sabana ini.

Puru Kambera berada di Kambera Kab. Sumba Timur Nusa Tenggara Timur. Sebuah lokasi pedesaan yang bercuaca sejuk sekalipun di siang hari. Wajar jika datang ke tempat ini kamu bakal menemukan banyak hewan ternak yang mencari makan di tempat ini.

Sekalipun tidak seperti taman bunga yang rimbun dan bergerumbul Puru Kambera juga eksotis. Bahkan layak dijadikan swa foto lalu disebar ke media sosial seperti Twitter, WhatsApp dan Facebook.

6. Air Terjun Kolam Jodoh Lewa Tidahu

Air Terjun Kolam Jodoh Lewa Tidahu

Air Terjun Kolam Jodoh Lewa Tidahu – foto @ramenow

Bagi sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar nama air terjun kolam jodoh karena ada juga di Jawa Timur. Namun untuk air terjun yang satu ini berlokasi di Sumba Timur.

Artinya, air terjun kolam Jodoh Lewa Tidahu merupakan salah satu wisata air terjun terbaik di Sumba Timur.

Sumba Timur memang menjadi salah satu surga bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan alam yang masih asli dan tidak terganggu oleh keramaian.

7. Kampung Adat Pau Umabara Sumba

Rumah tradisional di Kampung Pau Umabara Sumba. Foto: instagram/sumbamemories

Rumah tradisional di Kampung Pau Umabara Sumba. Foto: instagram/sumbamemories

Kampung Pau Umabara atau Kampung Umabara atau Kampung Adat Pau, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di pinggiran Sungai Melolo, Desa Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Jarak tempuhnya sekitar 66 km dari Kota Waingapu.

Sepasang pohon beringin di gerbang pintu masuk akan menyambut kehadiran para pengunjung. Menjelajah lebih jauh, kita akan mendapati tatanan desa yang masih sangat tradisional.

Jangan lewatkan untuk melihat bangunan khas zaman megalitik, mampir ke rumah tradisional Sumba dan melihat proses pembuatan kain tenun.

8. Air Terjun Lokomboro

Air terjun Lokomboro Wewewa Timur

Air terjun Lokomboro Wewewa Timur -foto milik @soalihin_asdin_sumba

Salah satu air terjun keren di Sumba Barat Daya adalah air terjun Lokomboro. Air terjun dengan ketinggian sekitar 62 meter ini berada pada satu aliran sungai yang sama dengan air terjun Ngadulara.

Selain itu, Air Terjun Lokomboro ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Pemandangan Air Terjun Lokomboro ini tidak perlu diragukan lagi. Destinasi wisata yang terletak di Pada Ewata, Wewewa Tim, Kabupaten Sumba Barat Daya ini wajib deh kamu kunjungi jika mencari suasana segar di kawasan Sumba.

9. Pulau Salura

Pantai di Pulau Salura Sumba

Pantai di Pulau Salura Sumba – foto @muhammadarif989

Tempat Wisata Baru Di Sumba selanjutnya adalah sebuah pulau cantik yang bernama Pulau Salura. Pulau Salura masuk kedalam Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur.

Pulau ini memang daerah yang terluar dari negara kita dan berada di perbatasan dengan Australia, atau sekitar 800 mil dari Australia.

Pulau Salura memiliki pesona keindahan seperti objek-objek wisata lainnya di Pulau Sumba yang terkenal dengan garis pantainya yang indah serta panorama bukitnya yang mempesona.

Pulau Salura bisa menjadi pilihan liburan dengan keindahan yang tak kalah dari destinasi wisata lainnya di Pulau Sumba.

10. Air Terjun Harunda

Air Terjun Harunda Sumba

Air Terjun Harunda Sumba – foto @carloocristiano

Air terjun Harunda adalah salah satu  surga yang diciptakan di tanah Sumba. Secara administratif, air terjun Harunda terletak di desa Bidihunga, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Air terjun Harunda memiliki keindahan yang dapat membuat kamu terpana dan sejenak kamu melupakan berbagai masalah dalam hidup kamu. Jika kamu sudah memiliki pasangan tempat ini juga sangat romantis.

Tebing-tebing air terjun Harunda terdiri dari batuan alam yang berwarna putih dan sedikit cokelat. Kolam-kolam air pada air terjun ini sangat indah karena tepat berada di tengah dan terlihat seperti membelah dua bukit.

***

Demikian 10 tempat wisata baru di Sumba yang layak untuk dikunjungi. Semuanya menawarkan keindahan yang tiada tara. Pokoknya jika sudah tiba di tempat ini pikiran yang stres hilang menjadi kegembiraan yang luar biasa.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x