Pesona Air Terjun Kanabu Wai Sumba Timur

Air Terjun Kanabu Wai Sumba – Membicarakan NTT atau Nusa Tenggara Timur memang tidak ada habisnya. NTT selalu memberikan cerita yang manis bagi siapa pun yang datang ke sini.

Nusa Tenggara Timur selalu menawarkan pemandangan alam yang eksotis, pulau-pulau menawan, pantai yang eksotis, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi daya tarik siapa pun yang datang ke NTT.

Belum lagi para penduduknya yang ramah dan akan menyambut para wisatawan dengan keramahan. Selain itu, NTT juga menawarkan budaya yang masih terjaga hingga sekarang.

Salah satu daerah di NTT yang selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Sumba.

baca juga :

Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Pemandangan Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/mrizag)

Sumba memiliki banyak tempat wisata menarik. Salah satunya adalah air terjun Kanabu Wai. Memang dari segi lokasi, mungkin tidak semua orang bisa ke sini karena lokasinya yang terpencil dan pelosok.

Akan tetapi, setelah kamu sampai di sini, pemandangan Kanabu Wai akan membuatmu langsung lupa akan rasa lelahmu menuju ke sini.

Mengenal Kanabu Wai Sumba

Jika kamu penasaran dan ingin mengunjungi Kanabu Wai Sumba, berikut ini kami akan menjelaskan informasi mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan Kanabu Wai.

Setelah kamu mendapatkan informasi ini, kamu tinggal mencari hari yang pas untuk datang ke sini.

Lokasi Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Kanabu Wai Waterfall

Air Terjun di Sumba (Sumber: instagram/mas.indraena)

Pembahasan pertama berkaitan dengan lokasi administratif dari Kanabu Wai Sumba. Air terjun ini berlokasi di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Jika diperkirakan, jaraknya kurang lebih 130 km dari Waingapu. Namun perlu diingat bahwa kamu tidak bisa menaiki transportasi umum untuk sampai di sini.

Satu-satunya cara untuk bisa datang ke Kanabu Wai Sumba adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi. Meskipun lokasinya memang berada di Desa Waikanabu, namun akses terdekat untuk bisa sampai ke air terjun ini adalah Desa Mahaniwa.

Jika kamu berangkat dari Desa Mahaniwa, kamu lanjutkan perjalanan selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam dengan berjalan kaki.

Memang cukup melelahkan dan tidak semua orang bisa datang ke sini, kecuali jika benar-benar memiliki jiwa travelling.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan oleh rimbunan hutan sehingga memberikan suasana yang sejuk.

untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti arah google maps dibawah ini :

Keindahan Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Pemandangan Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/mrizag)

Lalu seperti apa keindahan air terjun Kanabu Wai Sumba? Setelah kamu melalui berbagai rintangan dan waktu yang panjang untuk bisa sampai ke sini, sekarang tiba saatnya kamu bisa menikmati keindahan yang ditawarkan air terjun Kanabu Wai.

Air terjunnya sangat bening dan unik. Jika diperhatikan, airnya mengeluarkan semburan dari celah-celah rimbunnya dedaunan hijau.

Di bagian bawah, air terjunnya berbentuk berundak sehinga menimbulkan pemandangan yang menawan. Di sekitar Kanabu Wai, kamu juga bisa melihat kolam alami. Pengunjung nanti bisa langsung memanfaatkannya untuk berenang maupun sekedar hanya bermain air.

Jika kamu tidak ingin bermain air, kamu bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun yang menyejukkan. Kamu yang hobi fotografi juga jangan lupa mengabadikan momen liburanmu di sini.

Wisata air terjun Kanabu Wai Sumba akan menjadi salah satu lokasi liburan yang paling menyenangkan selama kamu berlibur di Sumba.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kanabu Wai  Sumba 

Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kanabu Wai  – Sumber: wisato.id

Setelah mengetahui akses jalan dan keindahan yang ditawarkan air terjun Kanabu Wai Sumba, sekarang kamu juga perlu tahu kira-kira berapa biaya masuk ke tempat wisata ini.

Sebenarnya, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Hal ini karena tempat wisata Kanabu Wai dikelola pemerintah setempat. Namun karena biaya masuknya gratis, wisatawan tidak disediakan fasilitas apapun di sini.

Tidak jauh dari air terjun Kanabu Wai, wisatawan bisa mengunjungi warung yang menjual aneka makanan dan minuman seperti halnya tempat wisata pada umumnya.

Lokasi Penginapan

Bagi kamu yang berlibur di air terjun Kanabu Wai selama beberapa hari, kamu bisa menyewa penginapan yang lokasinya bedekatan dengan tempat wisata tersebut.

Penginapan yang lokasinya paling dekat yaitu Peter Magic’s Paradise. Lokasinya ada di Tarimbang, Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung. Selain itu, ada juga tempat penginapan lainnya yang dapat kamu jadikan sebagai alternatif yaitu Tarimbang Beach.

Demikian beberapa informasi penting mengenai air terjun Kanabu Wai Sumba. Semoga bermanafaat.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x