Menjelajah Air Terjun Matayangu Sumba yang Dikenal Tak Berdasar

Air terjun Matayangu Sumba pasti pernah kamu dengar namanya atau paling tidak menemukannya di social media tentang tempat-tempat indah di Indonesia. Keindahan dari air terjun Matayangu Sumba ini tidak bisa disangkal. Sebagai salah satu daya tarik wisata air terjun di kawasan Sumba, air terjun Matayangu Sumba jadi salah satu yang menarik perhatian. Berbagai keindahan dan misteri juga bisa kamu temukan di tempat yang satu ini.

Sumba seolah menjadi tempat yang tidak pernah kehabisan objek wisata menarik. Dari ujung hingga ke ujung pulaunya memiliki tempat-tempat indah yang patutu untuk dijelajahi dan dikunjungi. Salah satu tempat indah tersebut tentu objek wisata Air Terjun Matayangu Sumba yang satu ini. Air terjun yang satu ini menawarkan keindahan alam yang memukau yang tentu bisa membuatmu takjub.

Nah, buat kamu yang suka menjelajah alam dan ingin menikmati objek wisata alam yang cantik di Sumba, air terjun Matayangu Sumba ini bisa jadi pilihan yang tepat. Supaya lebih mengenal tentang tempat yang satu ini, yuk simak informasinya di bawah ini.

Keunikan dan Keindahan Air Terjun Matayangu Sumba

Sumber: idntimes.com

Di Sumba tentu ada banyak sekali air terjun yang bisa dikunjungi dan menawarkan keindahannya masing-masing. Namun Air Terjun Matayangu Sumba ini menawarkan pesonanya yang berbeda dengan air terjun di tempat lain.

Air Terjun Matayangu Sumba ini mempunyai dua air terjun dengan airnya yang berwarna biru sebiru Kristal. Ai terjun yang pertama memiliki ketinggian 75 meter dengan air yang berasal dari sungai di dalam sebuah gua. Sedangkan air terjun yang kedua tidak setinggi air terjun yang pertama dan hanya muncul ketika musim penghujan. Jadi bisa dibayangkan betapa menakjubkannya air terjun Matayangu Sumba ini, kan?

Air terjun Matayangu Sumba ini bukanlah air terjun yang ada untuk tempat wisata dengan keberadaan loket atau warung-warung kecil di sekitarnya. Air Terjun Matayangu ini lokasinya cukup sulit diakses. Kamu harus melewati hutan Rimba Manurara untuk sampai ke tempat ini. Hutan Manurara juga dipadati pohon-pohon raksasa dan juga menjadi tempat tinggal alami berbagai jenis burung endemic Sumba. Tentu pengalaman yang sungguh menantang untuk bisa menemukan air Terjun Matayangu Sumba yang berada di tengah hutan Rimba Manurara.

Ketika sampai di kawasan Air Terjun Matayangu ini, kamu akan disambut dengan pemandangan bebatuan besar yang berada di tengah kubangan air berwarna biru Kristal. Lokasinya yang dikelilingi hutan dengan pepohonan lebat menjadikan panorama Air Terjun Matayangu Sumba ini sangat memesona dan memukau. Bebatuan dan perairan biru di Air Terjun Matayangu Sumba ini tentu menjadi panorama favorit dan perpaduan alam yang begitu menakjubkan.

Misteri Air Terjun Matayangu

Sumber: idntimes.com

          Air Terjun Matayangu Sumba ini berlokasi di Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, NTT. Menemukan air terjun ini cukup menantang karena lokasinya yang cukup terpencil.

Di balik keindahan alam Air Terjun Matayangu Sumba ini rupanya tempat ini juga menyimpan misteri yang masih dipercayai oleh masyarakat sekitar. Air terjun ini dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat persinggahan arwah sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi. Matayangu sendiri diartikan oleh penduduk setempat sebagai ‘persinggahan sementara’.

Bukan hanya itu saja misteri yang ada di Air Terjun Matayangu Sumba ini. Air Terjun Matayangu Sumba ini juga dipercaya tidak memiliki dasar. Kata masyarakat sekitar yang pernah mengalami langsung, dulu ada orang asing datang untuk mengetahui kedalaman air Terjun Matayangu Sumba ini dengan meletakkan gulungan tali ke tengah-tengah kubangan. Sampai berbulan-bulan gulungan tali itu tak kunjung sampai ke dasar. Karena hal tersebut dipercaya Air Terjun Matayangu ini tidak memiliki dasar atau kedalamannya tidak diketahui.

Buat kamu yang mau mendatangi Air Terjun Matayangu Sumba ini, disarankan untuk tidak berenang karena cukup berbahaya. Pengunjung cukup menikmati keindahan Air Terjun Matayangu Sumba ini dari daratan bebatuan saja. Meskipun tidak bisa merasakan airnya yang segar dari tengah, kamu tetap bisa menikmati segarnya air terjun Matayangu Sumba ini dari aliran kecil di dekat bebatuannya.

Nah, itulah informasi mengenai Air Terjun Matayangu Sumba. Sangat menarik, kan?

 

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x