Indahnya Danau Weekuri Sumba yang Dikenal Sebagai Danau Air Asin

Danau Weekuri Sumba memiliki panorama pemandangan alam yang sangat memesona. Memang Sumba dikenal dengan berbagai tempat-tempat wisata alamnya yang luar biasa indah. Mulai dari pantainya, padang rumput, danaunya, hingga budaya adat masyarakat setempat selalu menarik untuk dikulik. Apalagi Sumba juga bukanlah pulau yang padat penduduk seperti di pulau lainnya yang punya kota-kota besar. Namun meskipun begitu, keindahan alam Sumba tidak perlu diragukan lagi.

Sumber: Indonesiakaya.com

Sumba merupakan sebuah Pulau di kawasan timur Indonesia dengan Kota terbesarnya yakni Kota Waingapu. Pulau yang satu ini juga dikelilingi oleh perairan yang membuatnya banyak terdapat pantai nan indah dan cantik disana. Ditambah lagi dengan dengan suasana alam di Pulau Sumba yang masih alami dan alamnya sangat terjaga. Siapapun bisa betah berlama-lama di Sumba untuk menikmati pesona daya tarik wisata alamnya yang beragam.

Nah, ada satu tempat wisata yang unik dan punya panorama menarik, nih namanya Danau Weekuri Sumba. Danau ini unik karena airnya asin seperti air laut! Disamping itu, pemandangan disekitara Danau Weekuri Sumba ini juga sangat memesona dan super keren. Untuk lebih mengenal tentang Danau Weekuri Sumba ini, yuk simak informasinya di bawah ini.

Danau Air Asin yang Berwarna Biru

Sumber : travelingyuk.com

Danau Weekuri Sumba ini cukup unik karena memiliki air yang asin, tidak seperti danau pada umumnya yang airnya tawar. Hal tersebut bisa terjadi karena memang letak Danau Weekuri Sumba ini dekat dengan pantai lepas yakni Pantai Weekuri dan Pantai Mandorak di Sumba. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Danau Weekuri Sumba ini semacam lagoon yang airnya berasal dari air laut dari pantai tersebut. Karena hal itu, danau yang satu ini jadi daya tarik wisata yang cukup menarik di kawasan Sumba.

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Danau Weekuri Sumba akhir-akhir ini menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Sumba. Pemandangan alam berupa perairan danau lagoon yang sebiru Kristal dengan bebatuan tebing karang yang mengelilingi Danau Weekuri ini menambah keeksotisan objek wisata alam yang satu ini. Cocok sekali untuk traveller dan turis yang ingin menikmati alam Sumba dengan suasana menyegarkan dan tenang di Danau Weekuri ini.

Danau Weekuri Sumba ini berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan kedalaman yang berbeda-beda. Di bagian tengah danau sekitar 3-5 meter, namun di bagian pinggir hanya sekitar 30 cm saja. Sehingga cukup aman untuk berenang di Danau Weekuri Sumba ini. Kalaupun tidak berminat untuk berenang, kamu bisa melihat indahnya gradasi warna danau ini yang disebabkan oleh perbedaan titik sumber mata air dan pantulan sinar matahari dari atas tebing karang yang cukup tinggi dan bisa kamu duduki untuk melihat danau dari atas.

Selain dapat seru-seruang berenang di Danau Weekuri Sumba ini, kamu juga bisa menyusuri jalan setapak ke area barat yang mana kamu bisa mendengar debur ombak serta menikmati cantiknya perairaan lagoon maupun pantai Weekuri di Sumba dari ketinggian. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, topi, dan kacamata karena sinar matahari cukup terik di Danau Weekuri Sumba ini dan sempatkan untuk mengabadikan pemandangan memukau danau air asin di kawasan Sumba yang satu ini.

Waktu Berkunjung yang Tepat

Sumber : indonesiakaya.com

Bisa dibilang Danau Weekuri Sumba ini danau yang memiliki timing tertentu. Ada waktu-waktu khusus ketika panorama danau yang satu ini jadi lebih menarik dibandingkan waktu-waktu lainnya dalam sehari. Kalau kamu hendak mengunjungi Danau Weekuri Sumba ini, waktu yang direkomendasikan adalah pukul 4 sore. Mengapa? Karena pada waktu 4 sore kamu bisa melihat air danau terlihat sangat biru yang disebabkan oleh pantulan sinar matahari yang bergerak kea rah barat. Pemandangan matahari terbenam juga bisa kamu lihat dari tempat ini. Wah, kebayang gimana indahnya ya Danau Weekuri Sumba ini?

Akses Menuju Lokasi

Sumber: nativeindonesia

Akses menuju objek wisata Danau Weekuri Sumba cukup sulit dan jalannya kecil. Direkomendasikan untuk menggunakan motor atau berjalan kaki ketika sudah dekat dengan lokasi danau.

Nah, itulah informasi menarik seputar Danau Weekuri Sumba. Tertarik untuk menjadikannya salah satu bucketlistmu untuk liburan selanjutnya?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x