Pantai Lenang Sumba, Wisata di Sumba Tengah Yang Indah

Pantai Lenang terletak di Kabupaten Sumba Tengah, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat. Kabupaten yang beribukota di Waibakul ini resmi berdiri pada 22 Mei 2017.

Wilayahnya berada di ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut (Mdpl), dengan hampir seluruh wilayah memiliki kemiringan ke arah pantai di utara.

Salah satu pantai itu, dan yang juga menjadi spot pariwisata di Kabupaten Sumba Tengah, adalah Pantai Lenang.

Baca Juga ya :

Pantai Biru Tosca – Foto @ebilabe

Pantai Lenang Punya Laut Biru Tosca dan Pasir Putih

Pantai Lenang terletak di Kecamatan Umbu Ratu Nggay yang berada di Desa Lenang. Secara statistik, pantai ini kurang begitu populer dan masih terjaga keperawanannya karena jarak yang lumayan jauh dari kota-kota besar di NTT.

Pantai Lenang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Waibakul, dan bahkan 2,5 jam dari Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat). Selain pantai ini, Desa Lenang juga memiliki destinasi wisata pantai lain yang tidak kalah cantik, yaitu Pantai Pahar.

Namun, jangan langsung patah arang. Perjalanan jauh akan segera terbayar lunas saat menginjakkan kaki di Pantai Lenang. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan warna laut biru tosca yang begitu menyejukkan mata. Bentangan pasir putihnya mulus dan terlihat masih alami. Pantai yang jarang dijamah manusia seperti ini selalu menawarkan pengalaman yang berbeda.

Daerah pesisir pantai cukup sejuk karena kita akan menemukan deretan pepohonan rindang. Sehingga, setelah puas berenang dan bermain air laut, kita bisa santai sembari tidur-tiduran di pasir tanpa takut gosong terkena cahaya matahari.

Bila berlibur bersama keluarga, jangan lupa membawa bekal makanan dan menikmatinya di bawah rindang pohon. Sebenarnya, Desa Lenang tergolong daerah yang panas dan kering, tetapi pepohonan ini menjaga suasana Pantai Lenang tetap segar.

Seperti karakteristik pantai utara lain di Pulau Sumba, Pantai Lenang memiliki ombak dan arus yang tidak begitu ganas. Tidak seperti pantai berombak besar di daerah selatan yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, seperti Pantai Tarimbang yang kerap dijadikan tempat berselancar.

Oleh karena itu, pantai Lenang cocok untuk arena bermain bersama keluarga karena cukup aman. Ditambah lagi, terdapat banyak area teduh untuk menyantap bekal besama.

Kita juga bisa memanfaatkan pantai ini untuk kegiatan snorkeling santai menikmati pemandangan bawah laut.

Pantai Lenang

Pantai Lenang – Foto @kristoumbu

Pantai Lenang, Spot Ideal Memancing

Selain untuk tempat snorkeling dan bermain bersama keluarga, Pantai Lenong juga ideal sebagai lokasi memancing. Jika kurang puas memancing dari pinggir pantai, bisa coba menyewa perahu nelayan sekitar untuk pergi memancing ke tengah laut.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan alat pancing sendiri, termasuk kamera untuk mengabadikan keseruan dan membagikannya ke akun media sosial.

Laut dan pantai memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di Sumba Tengah. Sebagian besar dari mereka mengandalkan hasil kekayaan laut sebagai mata pencaharian utama.

Potensi lautnya memang melimpah, tetapi kebanyakan nelayan ini masih menggunakan alat tradisional. Tidak heran jika hasil laut Desa Lenang lebih banyak dinikmati nelayan dari desa lain dengan sarana tangkap yang lebih besar, seperti Mamboro, Waikelo, dan Flores.

Maka dari itu, Pantai Lenong bisa dimanfaatkan sebagai alternatif sumber pemasukan masyarakat jika memang bisa mengundang banyak wisatawan.

Pantai Lenang

Pantai Lenang di Kala Senja – Foto @shellynclaudia

Wisata Kabupaten Sumba Tengah Lainnya

Setelah puas bermain air di Pantai Lenang, kita bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lain di Kabupaten Sumba Tengah.

Selain wisata pantai, kabupaten ini punya pilihan lengkap, mulai dari taman nasional, air terjun, sampai kampung adat. Beberapa contohnya seperti Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Air Terjun Matayangu, dan Kampung Adat Pasunga.

Banyak tour agent yang memasukkan nama Lenang di itinerary berlibur Pulau Sumba. Namun, kebanyakan Desa Lenang dipakai sebagai rute perjalanan selewat saja.

Mayoritas jadwal wisatawan masih diarahkan ke destinasi wisata populer di Sumba, seperti Pantai Marosi, Walakiri, Ratenggaro, atau Mbawana. Silakan baca artikel Pantai Walakiri dan Pantai Mbawana dari kami.

Pantai Lenang sangat sanggup untuk menjadi tujuan destinasi wisata populer, bahkan untuk turis mancanegara. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu melengkapi pantai ini dengan infrastruktur berupa akses jalan layak dan prasarana pendukung lain. Siapa tahu Pantai Lenang bisa menjadi spot wisata pantai terkenal di Pulau Sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x