5 Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Kabupaten Sumba Tengah adalah bagian yang tidak kalah menariknya dari bagian wilayah Pulau Sumba lainnya seperti di wilayah Sumba Barat, Sumba Timur, dan Sumba Barat Daya.

Tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Sumba Tengah ini mulai dari air terjun, hutan, perbukitan, pantai sampai dengan desa adat khas. Berbagai tempat wisata ini dapat dengan mudah diakses di Sumba Tengah.

Berikut kami sampaikan 5 tempat wisata keren di Sumba Tengah:

1. Air Terjun Matayangu

Air matayangu, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Air Terjun Matayangu, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Foto @nina_rambu

Tempat wisata keren di Sumba Tengah yang pertama adalah Air Terjun Matayangu. Air terjun ini mempunyai dua sumber air terjun dengan airnya yang mengalir berwarna biru.

Air terjun utama di Air Terjun Matayangu memiliki ketinggian sekitar 75 meter yang airnya berasal dari sungai di dalam gua. Sedangkan air terjun yang satunya lagi hanya akan muncul saat musim hujan. Terdapat kolam dengan air yang jernih tepat di bawah air terjunnya.

Kolam ini bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Kata “Matayangu” memiliki makna persinggahan yang sementara, penduduk asli sekitar memaknainya sebagai fase hidup di dunia adalah hanya persinggahan sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi yaitu akhirat.

Waktu yang paling tepat untuk wisatawan berkunjung ke Air Terjun Matayangu ini adalah pada bulan Maret sampai Juni atau Oktober sampai Desember saat mulai musim hujan karena kedua air terjun akan dapat dengan mudah dilihat.

2. Air Terjun Harunda

harunda

Air Terjun Harunda – Foto @linda_krisnawati25

Masih dengan tempat wisata berupa air terjun, Air Terjun Harunda termasuk destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Sumba Tengah.

Tidak seperti halnya Air Terjun Matayangu, air terjun ini tidak terlalu tinggi (hanya 20 meter) namun tidak kalah indahnya. Airnya yang segar dan jernih menjadikan Air Terjun Harunda sangat populer dikunjungi saat musim liburan oleh wisatawan lokal Sumba Tengah dan juga wisatawan luar kota.

Air Terjun Harunda merupakan destinasi wisata air terjun yang terletak di Desa Bidihunga. Wisatawan diharuskan berjalan kaki sejauh 3km untuk mencapai air terjun ini. Namun, jauhnya jarak perjalanan akan terbayarkan dengan sempurna oleh suasana asrinya Air Terjun Harunda ini.

3. Hutan Handaru

handaru Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Hutan Handaru, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Foto @alan_sumba

Selain tempat wisata berupa air terjun, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah juga ada yang berupa hutan yang sangat indah yang dibelah oleh jalan raya yang tidak begitu luas yakni Hutan Handaru.

Hutan ini dikelilingi oleh ribuan pepohonan dari berbagai spesies yang menjadikannya sangat hijau, teduh, dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Karena jarang ada kendaraan yang lewat, maka jalan raya di tengah hutan Handaru ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto dengan nuansa rindang yang sangat kental.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

4. Pantai Maloba

maloba

Pantai Maloba – Foto @carloocristiano

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah juga ada wisata pantainya. Salah satu pantai yang sangat indah dengan pesisir pantai yang cukup luas yaitu Pantai Maloba. Seperti halnya pantai di Pulau Sumba lainnya, Pantai Maloba juga memiliki air yang sangat jernih dan berwarna biru.

Terdapat bebatuan karang di sekitar wilayah pesisir pantainya menambah nilai keindahan dari pantai ini. Berjalan menyusuri pantai sambil menghirup udara segar bisa menjadi ritual relaksasi alami bagi wisatawan yang berkunjung. Kalian bisa duduk santai di bebatuan karang sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus dari arah laut.

5. Bukit Mamboro, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Bukit mamboro, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Bukit Mamboro, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Foto @gabriel_ghaby

Perbukitan indah dengan hamparan rumput hijau di sepanjang jalanan yang sudah sangat baik adalah cerminan dari Bukit Mamboro. Perbukitan yang saling berselang-seling dengan ketinggian berbeda ditambah dengan bebatuan putih di sekitar pinggir jalan raya menambah nilai eksotisitas Bukit Mamboro ini.

Akses jalan raya yang sangat nyaman juga menjadi nilai plus dari tempat wisata ini. Latar belakang pemandangan langit yang cerah di pagi sampai siang hari menjadi waktu yang paling pas untuk melancong ke Bukit Mamboro ini. Wisatawan dapat mengambil foto dengan spot-spot yang sangat instagramable.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x