Pesona Pantai Bina Natu Sumba yang Luar Biasa

Pantai Bina Natu Sumba – Sumba Barat memang satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak tempat wisata. Salah satu destinasi yang viral adalah Pantai Bina Natu Sumba. Sebuah wisata alam yang indah dengan pengunjung yang tidak pernah berkurang.

Untuk lebih jelasnya tentang Pantai Bina Natu berikut akan diulas secara detil. Termasuk jam buka serta harga tiket untuk memasukinya. Selain itu di akhir nanti akan dijelaskan rute menuju lokasi. Ini penjelasan lengkapnya:

Pesona Wisata Pantai Bina Natu Sumba

Pantai Bina Natu adalah pantai terindah yang ada di Sumba. Selain air lautnya yang jernih, pasir putih-nya juga menambah eksotis suasana. Tidak jarang pengunjung selonjor di atas pasir sembari melihat laut lepas dan camar yang beterbangan.

Baca juga ya :

Pantai Bina Natu Tana Righu sumba

Pantai Bina Natu Tana Righu sumba – foto ig @tetikamuri

Jika pagi dan senja hari suasana di pantai jauh lebih mempesona. Karena cahaya temaram matahari yang muncul dan tenggelam di tengah laut terlihat begitu elegan. bahkan banyak pengunjung yang mengabadikannya menjadi swa foto.

Selain itu perahu-perahu nelayan dengan hiasan warna-warni juga menambah semarak suasana. Terkadang pengunjung membeli ikan segar dari para nelayan tersebut untuk dibakar lalu disantap bersama di pinggir pantai.

Aktifitas Wisata di Pantai Bina Natu

Ada banyak aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Bina Natu Sumba. Semuanya Menawarkan pesona destinasi yang luar bisa dan sangat menantang. Karena aktifitas inilah banyak masyarakat yang mengunjungi tempat ini. Berikut aktivitas yang dimaksud:

1. Olahraga Selancar

Pantai Bina Natu

Pantai Bina Natu Sumba cocok untuk surfing

Aktivitas yang pertama adalah berselancar. Kegiatan ini cukup terkenal di Pantai Bina Natu. Alasannya karena ombak yang deras sehingga cocok untuk ujian adrenalin para peselancar profesional.

Akan tetapi untuk melakukan selancar traveler harus membawa peralatan sendiri. Karena sampai saat ini pihak pengelola masih belum menyediakan untuk disewakan.

2. Menikmati Sunset

Sunset di Pantai Bina Natu Sumba

Sunset di Pantai Bina Natu Sumba – foto ig @rita_kaleka

Aktifitas yang berikutnya adalah menikmati sunsite. Yaitu melihat matahari terbenam di tengah laut. Ini merupakan satu keindahan yang sangat luar biasa. Dijamin traveler merasa takjub dengannya.

Karena alasan inilah pengunjung lebih banyak di sore hari dibandingkan siang hari. Mereka semuanya ingin bertamasya sembari menikmati suasana senja yang luar biasa sensasional dan menyejukkan.

3. Berfoto Selfie

Aktivitas di Pantai Bina Bitu yang ke tiga adalah berfoto selfie. Ini juga kegiatan yang sangat disukai oleh pengunjung. Karena hasil foto di tempat ini sangat instagenik sehingga tidak malu jika di-upload di media sosial.

Selain itu, pengunjung juga bakal menemukan banyak spot foto yang menarik. Semuanya bisa digunakan secara gratis karena sebagian besar adalah spot alami yang terbentuk secara alamiah.

4. Menikmati Pasir Putih

Aktivitas menarik yang terakhir di pantai Bina Natu adalah menikmati pasir putih. Ini merupakan aktivitas unggulan di pantai top tersebut. Apalagi cuaca di pinggir pantai cukup teduh sehingga pengunjung bisa leluasa bermain pasir di sana.

Pasir putih di Pantai Bina Natu terhampar dengan lahan yang cukup luas. Lokasinya juga bersih karena masyarakat cukup mengerti tentang indahnya pemandangan. Apalagi di sekitar lokasi memang disediakan beberapa tempat sampah.

Fasilitas Wisata di Pantai Bina Natu

Pantai Bina Natu Sumba

Pantai Bina Natu Sumba – foto google maps SUMBA tourism

Pantai Bina Natu juga dipenuhi dengan beberapa fasilitas wisata. Di antaranya adalah tempat parkir yang cukup luas. Keamanan kendaraan juga terjamin karena ada beberapa penjaga dari kalangan warga.

Di pantai ini juga sudah dibangun beberapa gazebo sederhana. Ini bisa dijadikan sebagai tempat pengunjung nongkrong bersama keluarga. Sedangkan agak ke sisi yang lebih teduh terdapat gazebo berukuran besar untuk menampung beberapa keluarga sekaligus.

Jika ingin menikmati makanan sea food dan kuliner khas Sumba bisa mendatangi warung-warung warga yang ada di sekitar pantai. Menunya enak-enak dengan harga yang sangat terjangkau.

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Bina Natu

Sampai saat ini untuk mendatangi Pantai Bina Natu traveler tidak perlu membayar tiket masuk. Karena memang tempat wisata ini masih belum dikelola dengan baik kecuali hanya atas insiatif warga setempat saja.

Sedangkan untuk jam bukanya 24 jam. Namun waktu yang paling ramai adalah pagi hari dan senja menjelang matahari terbenam. Karena di dua waktu tersebut pemandangan pantai memang luar biasa.

Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Bina Natu

rute menuju Pantai Bina Natu

rute menuju Pantai Bina Natu – foto ig @sonydapaloka

Pantai Bina Natu berada di Desa Loko Ri Kecamatan Tana Righu Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur. Sebuah lokasi yang agak jauh dari perkotaan sehingga alamnya benar-benar asri.

Jalur terdekat ke pantai adalah melalui Kota Kupang. Caranya dengan naik transportasi udara dari Bandara El Tari menuju Bandara Tambolaka. Penerbangan hanya memakan waktu 55 menit saja.

Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Pantai Bina Natu yang hanya memakan waktu 1 jam saja. Karena jaraknya cukup dekat sekitar 32 km saja dengan menggunakan kendaraan darat.

Itulah review singkat tentang Pantai Bina Natu Sumba. Silakan persiapkan budget sekarang juga untuk mendatanginya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x