5 Kuliner Khas Wakaibubak Sumba Barat yang Terkenal

Kuliner Khas Wakaibubak – Kamu sedang berlibur ke Wakaibubak? Wakaibubak merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Berbicara tentang Nusta Tenggara Timur, pasti yang ada di Benak kita adalah sebuah provinsi yang memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan alamnya yang sangat indah.

Memang di sini merupakan surga bagi wisatawan yang hobi berlibur ke tempat wisata dengan pemandangan alam mengagumkan.

Banyak pantai, bukit, air terjun, dan beberapa tempat wisata lain yang membuat wisatawan tidak bisa move on setelah datang ke sini.

Danau Weekuri di sumba Barat

Danau Weekuri di sumba Barat – foto milik @chairulirfani

Salah satu lokasi yang memiliki banyak tempat wisata tersebut adalah Sumba Barat. Di Sumba Barat sendiri bukan hanya menawarkan pemandangan alam yang masih terjaga hingga sekarang, di tempat ini kebiasaan atau budayanya masih terjaga hingga sekarang.

Namun bukan itu yang menjadi fokus kami. Kami akan mengajak kamu untuk menikmati beberapa makanan khas Wakaibubak yang memiliki rasa begitu lezat.

Setiap wisatawan yang berlibur ke Wakaibubak atau Sumba Barat tidak lupa untuk mencicipi makanan tersebut.

Apa Saja Kuliner Khas Wakaibubak yang Terkenal?

1. Ka’pu Pantunnu / Sayur Jantung Pisang

Kuliner khas Wakaibubak yang pertama adalah Ka’pu Pantunnu. Makanan ini sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Wakaibubak.

Baca juga ya :

kuliner khas Wakaibubak

Ka’pu Pantunnu, Kuliner Khas Wakaibubak Sumba Barat – Sumber: merahputih.com

Kuliner ini terbuat dari jantung pisang yang sebelumnya sudah ditumis. Sebenarnya olahan seperti ini juga bisa kamu temukan pada menu kuliner Sumba lainnya yaitu sayur Rumpu Rampe.

Namun yang membedakan yaitu di Rumpu Rampe, jantung pisang hanya digunakan sebagai bahan tambahan. Adapun untuk Ka’pu Pantunnu, jantung pisang di bakar terlebih dahulu dan selanjutnya dipotong kecil-kecil. Setelah itu, potongan jantung daun pisang dicampur dengan parutan kelapa panggang.

Setelah Ka’pu Pantunnu sudah matang, kamu bisa merasakan betapa harumnya makanan ini dan harumnya pun khas yang tidak kamu temukan di menu makanan lainnya.

2. Kadapet Watara

kuliner khas Wakaibubak

kadapet watara, Kuliner Khas Wakaibubak – Sumber: travelinkmagz.com

Kuliner khas Wakaibubak yang kedua adalah Kadapet Watara. Kuliner khas yang satu ini merupakan kue kering yang dibuat dari jagung, kacang tanah, dan pisang.

Ketiga bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan. Setelah itu, dibentuk menjadi bulat-bulat dan lalu dibungkus menggunakan daun jagung kering. Memang terlihat unik karena biasanya makanan dibungkus menggunakan daun pisang.

Namun untuk Kadapet Watara dibungkus menggunakan daun jagung kering. Selanjutnya, gula dimasukkan ke dalma adonan.

Jika kamu perhatikan, tampilan dari Kadapet Watara tidak jauh berbeda dengan wajik kelapa daun jagung. Kadapet Watara memiliki rasa yang khas dan diakui sangat lezat, terutama bagi kamu yang suka kue manis.

3. Kaparak Sumba, Kuliner khas Wakaibubak Sumba Barat

Kaparak Makanan khas Sumba

Kaparak Makanan khas Sumba – foto merahputih.com

Kaparak juga menjadi kuliner khas Wakaibubak yang tidak kalah populer. Makanan ini juga berasal dari jagung, namun pengolahannya dengan cara ditumbuk.

Selain menggunakan jagung, Kaparak juga bisa dibuat dari sagu dan nasi. Setelah ditumbuk, jagung kemudian digoreng tanpa minyak atau istilahnya disangrai. Selanjutnya, bisa ditambahkan campuran kacang tumbuk, gula pasir, dan kelapa.

4. Nga’a Watarai Putau Kabbe

Nga'a Watarai Putau Kabbe

Nga’a Watarai Putau Kabbe – foto merahputih.com

Masih berkaitan dengan makanan khas Wakaibubak yang juga dari jagung. Makanan khas selanjutnya yang akan kami bahas adalah Nga’a Watarai Putau Kabbe.

Makanan ini merupakan bubur jagung yang biasanya ditemani lauk dan sayur. Memang tampilannya tidak jauh berbeda dengan nasi jagung.

Nga’a Watarai Putau Kabbe sebenarnya bisa kamu temukan bukan hanya di Sumba Barat, melainkan hampir semua wilayah NTT. Kamu juga bisa menemukan makanan yang memiliki bentuk hampir sama di Flores dengan nama Jagung Bose.

5. Ro’o Luwa

Kuliner Khas Wakaibubak Sumba

Roo Luwa, Kuliner Khas Wakaibubak Sumba – Sumber: merahputih.com

Sebagai penutup, ada Ro’o luwa yang juga selalu memikat perhatian para wisatawan yang berlibur ke Wakaibubak. Makanan ini terbuat dari singkong dan daun ubi. Sekilas memang memiliki kemiripan dengan bubur dimana warna hijaunya langsung menggugah selera.

Ro’o luwa dibuat dengan cara daun singkong ditumbuk dan direbus dengan santan serta dicampur dengan berbagai bumbu khas.

Namun ada juga yang membuat Ro’o luwa tanpa santan. Bahan lainnya yang membuat makanan ini berbentuk seperti bubur adalah beras yang juga ditumbuk bersama-sama.

Itulah informasi tentang 5 kuliner khas Wakaibubak yang bisa menjadi referensi ketika kamu berlibur ke Sumba Barat. Semoga bermanfaat.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x