5 Desa Adat di Sumba Barat yang unik

5 Desa Adat di Sumba Barat yang unik

Sumba, selain terkenal dengan keindahan alamnya, sumba juga terkenal dengan keunikan kampung adatnya yang memiliki berbagai macam sejarah. Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke Sumba Barat, ada beberapa desa adat yang bisa kamu kunjungi. Contohnya seperti 5 Desa Adat di Sumba Barat yang unik di bawah ini.

Baca juga ya:

Bukit Bondosula, Bukit di Sumba yang Istimewa

Pesona Pantai Nihioka Sumba yang Eksotis

Mengenal Hobba Kalla Yang Ada di Sumba Barat

  1. Kampung adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro, Desa Terindah di Pulau Sumba. Nuansa ...

Foto@hipwee

Desa adat ratenggaro adalah salah satu desa adat yang sangat terkenal di Sumba. Desa adat ratenggaro berada berdekatan dengan pantai ratenggaro. Yang membuat desa adat ini sangat terkenal adalah karen pengunjung bisa langsung melihat pantai saat berada di desa adat.

Ratenggaro adalah desa yang masih memegang teguh dan melestarikan adat dan tradisi peninggalan leluhurnya. Terbukti dari masyarakatnya yang masih menganut tradisi Marapu. Sama halnya dengan kampung-kampung lain di Sumba barat daya pada umumnya.

Ratenggaro memiliki arti tersendiri yaitu ‘Rate’ yang berarti kuburan, sedangkan ‘Garo’ memiliki arti orang-orang Garo. Jadi jika disatukan Ratenggaro adalah kuburan orang-orang Garo.

Ratenggaro juga memiliki kisah tersendiri yaitu konon pada masa peperangan antar suku, suku yang gugur dan kalah akan dibunuh kemudian mayatnya akan dikuburkan di tempat ini.

Kampung adat Ratenggaro ini memiliki keunikan pada rumah adatnya yang memiliki ciri khas menara menjulang tinggi mencapai 15 meter. Atapnya berasal dari tumbuhan jerami. Ketinggian atapnya akan didasarkan oleh status sosial mereka.

  1. Kampung adat Praijing

https: img.okezone.com content 2018 03 20 406 1875508 rumah-tradisional-jadi-daya-tarik-kampung-adat-praijing-sumba-GKAwzxJkry.jpg

Foto@okezone.com

Kampung adat satu lagi yang cukup terkenal adalah kampung adat praijing. Kampung adat ini berada di desa Tebara, kecamatan waikabukak, kabupaten sumba barat, NTT. Di kampung ini kamu akan menemukan 38 rumah tradisional khas sumba. Rumah adat sumba ini memiliki nama yang biasanya disebut Uma Bokulu berarti rumah besar.

Rumah yang ada di kampung adat ini memiliki ciri khas seperti atap yang menjulang tinggi seperti menara. Rumah adat ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian bawah untuk memelihara hewan ternak, bagian tengah untuk penghuninya, dan bagian atas atau menara untuk menyimpan bahan makanan.

  1. Kampung adat Bodo Ede

Foto@fritugo

Kampung adat lain yang ada di Sumba Barat adalah kampung bodho ede. Kampung adat ini juga berada di tengah kota Waikabukak tepatnya berada di belakang hotel pelita. Kampung-kampung adat yang ada di sini mudah sekali terlihat karena berada di atas tanah yang lebih tinggi dan yang paling penting pepohonan dengan indah mengelilingi perkampungan adat ini.

  1. Kampung adat praigoli

Sumba Island: Wanokaka and Lemboya

Foto@thespicerouteend.com

Satu lagi kampung wisata yang ada di Sumba Barat. Kini, kampung wisata ini berada di pedalaman wilayah Indonesia yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, Sumba Barat, Wanokaka. Desa adat ini merupakan desa adat yang masih melakukan tradisi tanpa pengaruh modernisasi. Masyarakat di tempat ini pun melakukan kegiatan yang kental dengan tradisional. Satu hal lagi yang membuat kampung adat ini sangat menarik yaitu memiliki sebuah benda bersejarah berupa batu kubur yang telah berumur ratusan tahun.

  1. Kampung Tarung

Kampung Tarung - Website Resmi Sumba Barat

Foto@liputan6.com

Terakhir, kampung adat yang juga ada di Sumba Barat adalah kampung tarung. Kampung tarung juga merupakan kampung yang masih menjaga kepercayaan lama dan masih dijalankan dengan taat. Nama kepercayaan warga setempat adalah kepercayaan “Merapu”.

Kampung tarung juga merupakan salah satu kampung wisata yang dibuka untuk umum. Bahkan kampung tarung ini menjadi salah satu destinasi yang sering menjadi list petualangan para wisatawan.

Nah itulah 5 Desa Adat di Sumba Barat yang unik yang bisa kamu jadikan list untuk dikunjungi ketika berlibur ke Sumba Barat. Gak hanya desa adat saja yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke sumba barat, karena akan ada banyak pemandangan alam yang bisa juga kamu nikmati seperti danau, pantai, padang savana dan berbagai macam wisata keren dan menarik lainnya. Ayo segera jadwalkan liburanmu bersama keluarga atau teman agar gak melulu stress karena pekerjaan atau karena aktivitas yang berat.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x