Bukit Bondosula, Bukit di Sumba yang Istimewa

Bukit Bondosula bisa dibilang salah satu tempat wisata di Sumba yang sangat istimewa. Bukan sekadar bukit biasa, destinasi ini pun menyajikan pemandangan bak luar negeri.

Berada di Kabupaten Sumba Barat, salah satu bukit di Sumba ini juga akan membuatmu tertantang untuk mencapai puncaknya.

Sebelum menjelajah ke Bukit Bondosula, intip dulu ulasan singkat tentang wisata satu ini. Siapa tahu ada informasi yang kamu butuhkan selama liburan ke sana.

Bukit di Sumba yang Eksotis

Pulau Sumba memang menawarkan keindahan alam yang memukau. Salah satunya adalah Bukit Bondosula yang secara administratif berada di Kabupaten Sumba Barat.

Bukit Bondosula

Pemandangan Jalan Berkelok di Bukit Bondosula Sumba (Sumber: instagram/floxiera)

Liburan ke bukit di Sumba ini, kamu akan menemukan bayak pemandangan yang memanjakan mata. Khususnya saat sudah berada di puncaknya.

Hamparan padang savana akan akan tersaji di hadapanmu saat kamu sudah berhasil menapak di salah satu puncak bukit di Sumba ini.

Selain itu, view yang paling ikonik adalah penampakan jalan raya berkelok. Panorama ini pun bisa kamu lihat setelah mencapai puncak bukit di Sumba ini.

Wisata yang Cocok untuk Para Petualang

Kamu suka bertualang? Coba saja mampir ke Bukit Bondosula kalau kebetulan sedang liburan ke Pulau Sumba, khususnya di Kabupaten Sumba Barat.

Karena untuk mencapai puncak bukit di Sumba ini perlu perjuangan, tak heran kalau wisata ini cocok bagi mereka yang suka tantangan dan bertualang.

Dari area parkir, kamu perlu melewati jalan setapak yang cukup menanjak. Sepanjang perjalanan, banyak alang-alang serta tanaman hijau lain yang juga siap memanjakan mata.

Bukit Bondosula

Savana di Bukit Bondosula (Sumber: instagram/riski_np)

Perjalanan memang cukup melelahkan. Tapi setelah sampai di puncak, rasa letih itu pasti akan terganti dengan perasaa puas karena berhasil menaklukkan Bukit Bondosula yang menawarkan view jejeran bukit eksotis ini.

Oh ya, sebelum liburan ke bukit di Sumba ini, ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti latihan fisik, mengingat jalur pendakian yang cukup melelahkan.

Wisata Murah di Sumba Barat

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berlibur ke wisata di Sumba ini. Terlebih lagi karena harga tiket Bukit Bondosula yang belum ditentukan secara resmi dan kemungkinan besar kamu tidak perlu membayarnya.

Meski begitu, jangan lupa untuk tetap menyediakan dana yang mungkin kamu perlukan guna membayar parkir atau menyewa jasa pemandu wisata.

Wisata Sumba Ala Luar Negeri

Bukan hanya bisa melihat keindahan Bukit Bondosula. Dekat dari bukit di Sumba ini ada destinasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Bukit Bondosula

Danau di Sekitar Bondosula (Sumber: instagram/novita_tara)

Sebut saja danau di kawasan Bondosula. Tempat wisata di Sumba ini menyajikan panorama ala luar negeri dengan genangan air yang dikelilingi hamparan padang rumput.

Air danau tampak jernih dan bersih. Untuk kamu yang hobi memancing, bisa coba untuk melakukan hobimu di danau ini.

Kamu juga bisa piknik di sekitar danau. Sayangnya, menginap di sini masih belum diperbolehkan karena menurut kabar area ini belum cukup aman, utamanya saat malam hari.

Selain itu, pemandangan sunset alias matahari tenggelam saat berada di wisata sekitar Bukit Bondosula ini cukup dramatis dan tak kalah dari panorama di pantai. Itulah kenapa, kamu pantang untuk melewatkannya.

Cara ke Bukit Bondosula

Lokasi Bukit Bondosula berada di sekitar Kecamatan Lamboya, Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Untuk menuju ke bukit di Sumba ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena jalan sudah bagus. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk menuju destinasi ini.

Tempat Wisata di Sumba

Pemandangan di Puncak Bukit Bondosula (Sumber: instagram/__sartikaibrahim__)

Pertama, atur dulu pencarian lokasi ke Letena Bondosula. Diketahui, dari pusat Kota Waikabubak, jaraknya sekitar 18 kilometer atau bisa ditempuh selama kurang lebih 36 menit berkendara.

Rute tercepatnya kamu bisa melalui Jalan Ahmad Yani. Lalu arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Lamboya.

Sesampainya di Lamboya, kamu bisa bertanya pada warga setempat jika masih bingung untuk menuju lokasi.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Bukit Bondosula, bukit di Sumba yang menawarkan pemandangan super istimewa.

Selama liburan di tempat wisata di Sumba ini, kamu boleh foto sepuasnya. Bawa bekal berupa minuman maupun makanan pun tak masalah.

Hanya saja, tetap jaga kebersihan selama di bukit ini. Karena petualang sejati tak akan pernah merusak lingkungan dan akan senantiasa tetap melestarikannya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x