Air Terjun Waikapori Sumba, Destinasi Wisata Top Pulau Sumba

Satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Pulau Sumba adalah Air Terjun Waikapori Sumba. Satu destinasi luar biasa menantang dengan pemandangan sekitar curug yang indah.

Air Terjun Waikapori adalah tempat wisata yang masih perawan. Masih belum ada tangan-tangan yang menjamahnya. Bahkan pemerintah setempat juga masih belum mengelolanya dengan baik. Sekalipun demikian pengunjungnya tidak pernah berkurang.

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang Air Terjun Waikapori. Silakan disimak semoga ada manfaatnya. Semoga pula menjadi dasar traveler untuk ikut mengunjunginya. Berikut ulasan lengkapnya:

Pesona Air Terjun Waikapori Sumba

Air Terjun Waikapori Sumba

Air Terjun Waikapori Sumba//docplayerinfo

Air Terjun Waikapori Sumba adalah destinasi yang memiliki banyak pesona. Di antaranya adalah terdapat dua air terjun dengan ukuran ketinggian tebing yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa didaki sampai ke puncaknya.

Untuk air terjun pertama tebing hanya berukuran 5 meter saja. Sedangkan air terjun yang berada di bawahnya berukuran sedikit lebih tinggi yaitu 10 meter. Uniknya traveler bisa melakukan tracking menuju air terjun utama.

Baik di air terjun pertama maupun kedua sama-sama menawarkan keindahan tiada tara. Pemandangan hutan yang asri lebih dominan dengan cuaca yang sejuk dan rindang. Pokoknya jika sudah tiba di tempat ini pasti kamu enggan untuk beranjak.

Pesona berikutnya adalah di dasar air terjun terdapat sungai kecil yang dipenuhi dengan bebatuan cadas berbagai ukuran. Di sini kamu bisa selonjor kaki untuk merasakan dinginnya air terutama saat di pagi hari dan siang hari.

Kegiatan Wisata di Air Terjun Waikapori

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan traveler di Air Terjun Waikapori Sumba. Berikut dijelaskan lebih detail kegiatan apa saja yang menarik di tempat tersebut. Ini ulasannya:

  1. Tracking Menantang

Kegiatan yang pertama adalah melakukan tracking yang cukup menantang. Aktivitas ini dilakukan mulai dari perjalanan pertama hingga tiba di air terjun. Jangan khawatir kamu tidak akan bosan saat menempuh perjalanan karena kondisi alam begitu indah.

Apalagi jika traveler beruntung akan berjumpa dengan satwa langka di sini. Maka dari itu tracking di air terjun Waikapori sangat disukai oleh pengunjung. Termasuk mereka yang ingin mengetahui apa saja yang terdapat di sekitar air terjun.

Perjalanan tracking yang paling menakjubkan adalah ketika dari air terjun kedua  untuk sampai air terjun pertama. Tracking ini bisa dilakukan saat musim kemarau karena debit air mulai berkurang. Sedangkan di musim penghujan area tracking tertutup air.

  1. Berfoto Selfie

Aktivitas yang tidak kalah menarik di Air Terjun Waikapori adalah ber-selfie gembira bersama keluarga dan teman-teman. Di sini banyak sekali spot foto instagenik yang layak dijadikan sarana berpose.

Semua spot ini terbentuk secara alami. Sehingga hasil foto lebih natural dan lebih layak diunggah di media sosial seperti FB, Instagram dan Twitter. Maka dari jika datang ke tempat ini jangan lupa membawa kamera tercanggihmu.

Bukan tidak mungkin jika traveler pintar mengatur spot maka foto akan mendapatkan pujian. Wajar kalau kamu bisa menjadi artis medsos dadakan hanya karena berfoto di Air Terjun Waikapori.

  1. Bermain Air Di Sungai Berbatu

Air Terjun Waikapori

Air Terjun Waikapori Sumba//docplayerinfo

Kegiatan paling menakjubkan yang berikutnya adalah bermain air di sungai berbatu. Letaknya tepat di dasar Air Terjun Waikapori Sumba tingkatan ke dua atau air terjun yang paling bawah.

Di sungai ini pengunjung bisa berenang atau sekadar merasakan cipratan air yang menyentuh kulit. Selain itu cadas yang berada di tengah dan sisi sungai bisa dijadikan tempat untuk duduk santai sembari kaki menyentuh aliran air yang sejuk.

Aktivitas ini cukup aman asalkan datang saat musim kemarau. Namun jika musim hujan debit air begitu tinggi. Tentu traveler tidak bisa menikmati sungai berbatu karena aliran airnya begitu deras.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Waikapori Sumba

Air Terjun Waikapori Sumba beralamat di desa Bolubokat Utara di Kecamatan Umbu Ratu Nggay Pulau Sumba. Jika melalui Kota Waibakul traveler harus menempuh perjalanan darat sepanjang 30 km.

Ini jarak untuk sampai ke jalan utama Air Terjun. Sedangkan jika ke lokasinya langsung masih harus berjalan kaki melakukan tracking selama 2 jam. Jalur yang dilewati adalah savanna atau padang rumput serta beberapa bukit kecil yang asri.

Untuk melewati jalur ini kamu tidak perlu khawatir dengan akses jalan. Karena sebagian sudah diaspal sekalipun masih jalur setapak. Sayang akses kendaraan masih belum bisa dan harus ditinggal di jalan utama di bawah air terjun.

Demikian review singkat tempat wisata Air Terjun Waikapori Sumba yang masih gratisan ini. Silakan didatangi bersama keluarga dan pastikan kamu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Karena di sini masih belum ada warung dan rumah makan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x