Pantai Batu Payung, Wisata Yang Eksotis di Waingapu

Pantai Batu Payung – Pulau Sumba, pulau yang di keliling oleh pantai dengan pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk berwisata dan ber travelling.

Empat kabupaten di pulau Sumba yakni Sumba Barat di Waikabubak, Sumba Barat Daya di Tambaloka, Sumba Tengah di Waibakul dan Sumba Timur di Waingapu rata-rata memiliki wisata pantai yang eksotis untuk dinikmati.

Pantai-pantai yang mengelilingi pulau Sumba hampir semuanya menjadi objek wisata yang sangat menarik. Seperti halnya di Waingapu yang memiliki pantai yang cantik yang menjadi objek wisata yakni pantai Batu Payung.

Pantai Batu Payung Waingapu

Pantai Batu Payung Waingapu – foto @veyla_velix

Bagi yang belum sempat mampir ke pantai batu payung setelah menjelajahi beberapa area wisata di Sumba Timur, destinasi yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu berwisata karena memiliki panorama yang tidak kalah dibanding dengan pantai yang lainnya.

Mengapa dinamakan Pantai batu payung ?

Banyak sekali cerita awal penamaan pantai ini. Seperti menurut cerita masyarakat sekitar ada seorang penggembala kambing yang ditanya oleh seseorang. Dimana tadi menggembala kambing?

Baca Juga ya :

Pantai Batu Payung Waingapu

Pantai Batu Payung Waingapu – foto @ch.erly907

Secara spontan sang penggembala menjawab di pantai batu payung. Karena di sekitar pesisir pantai tersebut terdapat bangunan dari batu yang menyerupai payung.

Nah dari situlah asal mula penamaan pantai batu payung Waingapu Sumba Timur menurut masyarakat sekitar.

Eksotisnya wisata di pantai batu payung bukan hanya simbol batu yang terdapat disana, tetapi juga area di pesisir pantai yang sangat indah untuk di jadikan objek foto.

Banyak spot menarik yang bisa dijadikan kenangan seperti salah satu pohon yang berada di pantai tersebut.

Baca juga ya :

Pantai Batu Payung, Wisata nan eksotis di Waingapu

pantai Batu Payung Waingapu

pantai Batu Payung Waingapu – foto ig @iwan_rahady

Semakin lama, suasana wisata di pantai batu payung Padadita kelurahan Prailiu kecamatan Kambera Waingapu di Sumba Timur semakin ramai karena semakin dikenalnya pantai ini.

Untuk membuat para pengunjung merasa betah dan menikmati suasana di pantai Batu Payung, masyarakat sekitar berinisiatif membuat kegiatan yang diprakarsai oleh organisasi masyarakat sekitar. Mereka membuka lapak pinggir pantai yang menyediakan jajanan khas pinggir pantai seperti ikan bakar.

Tujuannya adalah supaya kegiatan yang dibuka pada pukul 4 sore dan berakhir pada pukul 11 malam ini, supaya meramaikan suasana di pantai batu payung yang biasanya ramai pada siang hari.

pantai Batu Payung di waingapu

pantai Batu Payung di waingapu – foto ig @iwan_rahady

Selain dari itu kegiatan ini tentunya merupakan tempat nongkrong baru di pantai batu payung Sumba. Hanya saja kegiatan ini dibuka tidak setiap hari hanya pada hari sabtu sore sampai malam minggu yang biasanya identik dengan malam panjang malam yang pada hari minggunya bisa dipergunakan untuk beristirahat.

Komunitas ini juga bukan hanya membuka tempat makanan saja tetapi diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, sehingga selain beristirahat tentunya ada hal yang bisa diambil manfaatnya.

Pantai Batu Payung waingapu sumba timur

Pantai Batu Payung waingapu sumba timur – foto ig @iwan_rahady

Komunitas yang bernama komunitas Kelala merupakan perkumpulan perempuan dan para pemuda yang berada di daerah Padadita atau wilayah sekitar pantai batu payung. Mereka berkumpul untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di sekitar wisata pantai batu payung ini. Selain itu juga mereka mengembangkan ekonomi kreatif di sekitar pesisir pantai.

Selain itu kegiatan ini juga menampilkan acara-acara spesial yang menyuguhkan tarian khas daerah seperti tarian Ledo Hawu atau tarian Sabu yang diisi oleh anak-anak dari sanggar dari daerah Padadita. Ada juga kegiatan penyuluhan yang langsung didatangkan dari dinas-dinas terkait di Kabupaten Sumba Timur.

pesona Pantai Batu Payung waingapu sumba timur

pesona Pantai Batu Payung waingapu sumba timur – foto ig @rinzha_2208

Dengan semakin banyaknya kegiatan dan acara-acara yang digelar oleh masyarakat dan komunitas setempat semakin menggeliat kehidupan dan perekonomian di daerah Padadita khususnya dan di daerah Praiuli umumnya.

Karena dengan semakin berdatangannya para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, maka semakin banyak pemasukan dan roda perekonomianpun akan semakin bertambah.

Semoga kegiatan-kegiatan lainnya akan semakin banyak digelar untuk memancing banyak wisatawan yang berlibur dan menikmati keindahan pantai batu payung. Dan bukan hanya tugas pemerintahan semata, tetapi juga adanya dukungan dan partisipasi aktif masyarakat sekitar sehingga tujuan pemerintah Kabupaten Sumba Timur akan semakin terlaksana.

Ayo mampir dan saksikan keindahan dan suasana salah satu pantai yang ada di Kabupaten Sumba Timur yang terkenal karena bentuknya yakni Pantai Batu Payung.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x