Sup Ayam Waingapu, Hidangan Khas Sumba Yang Memikat

Sumba merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia bagian timur yang sangat terkenal akan beragam destinasi pariwisatanya. Mulai dari wisata alam, budaya, bahkan hingga wisata kuliner ada di Pulau ini. Semua orang yang melakukan kegiatan travelling pasti akan berburu kuliner setelah selesai berburu keindahan alamnya.

Bagi kamu yang sudah memiliki jadwal untuk liburan namun belum menentukan destinasi pilihan, mungkin pulau Sumba dapat menjadi pilihan prioritas kamu nantinya.

Karena selain mendapatkan pengalaman serta pemandangan yang indah selama berlibur, lidah kamu akan dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Sumba yang rasanya sangat enak.

Salah satu menu makanan yang sangat sering masuk list bagi pecinta kuliner ketika berkunjung ke Pulau para Kuda Sandelwood ini adalah Sup Ayam Waingapu.

Jika kita mendengar kata’sup ayam’ biasanya akan timbil imajinasi dikepala kita mengenai potongan – potongan ayam yang dilengkapi dengan beberapa potong tomat segar yang jugga disiram dengan kuah sup penuh kaldu. Hal ini cukup mirip dengan Sup Ayam Waingapu ini.

Akan tetapi, selain tomat, Sup ayam Waingapu juga memberikan sensasi segar karena diselingi dengan ptongan belimbing wuluh.

Dikala menikmati makanan / kuliner khas Sumba yang satu ini, rasa yang muncul di dalam mulut akan berbeda dengan rasa dari sup ayam pada umumnya. Bisa jadi akan muncul rasa yang sedikit asam namun dibarengi dengan sensasi segar. Inilah salah satu kelebihan dari kuah Sup Ayam Waingapu.

Selain kuahnya yang segar dan kaya akan rasa, ayamnya juga memiliki konstur yang sangat empuk, namun tidak lembek.

Merupakan salah satu Hidangan wajib untuk tamu

Sup ayam Waingapu

Sup ayam Waingapu. Sumber Gambar : Grid.id

Beberapa kuliner khas Sumba yang selalu ditawarkan kepada tamu adalah nasi jagung, samball kadira, dan salah satunya adalah Sup Ayam.

Sebenarnya, Sup Ayam ini bukan hanya ada di kota Waingapu. Namun, ada di beberapa lokasi lain di Sumba. Sup ayam Waingapu ini mulai dipopulerkan kepada para wisatan yang sedang berkunjung ke kota Waingapu sebagai salah satu kuliner khas di Sumba.

Cara pembuatan Sup Ayam Waingapu

Sup Ayam Waingapu

Sup Ayam Waingapu. Sumber Gambar : budaya-indonesia.org

Cara untuk membuat sup ayam Waingapu ini cukup berbeda dengan cara pembuatan sup ayam pada umumnya.

Caranya adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu ayam yang sudah dipotong, kemudian dimasak dengan cara dibakar terlebih dahulu. untuk proses memasak ayamnya tidak dilakukan dengan cara di rendam dalam air panas.

Hal ini merupakan salah satu tradisi turun temurun yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Karena, jika menggunakan air ppanas, dipercaya daging ayam yang dimasak akan menjadi lebih lembek dan rasanya tawar.

Akan tetapi jika dimasak dengan cara dibakar, dagingnya tidak akan menjadi terlampau lembek dan juga lebih wangi. Inilah yang menyebabkan tekstur dari daging ayamnya menjadi lebih empuk.

Setelah selesai, barulah daging ayam dimasukan kedalam kuah yang sudah dibuat dengan berbagai bumbu khas Sumba dan juga dipenuhi dengan kaldu.

Sedangkan untuk cara penyajian, Sup Ayam Waingapu ini akan disajikan dengan tomat dan juga belimbing wuluh untuk meningkatkan citarasa gurih dan segarnya sup ayam ini.

Rasa asam yang dihadirkan oleh sup ayam Waingapu ini sebenarnya merupakan hasil dari kombinasi antara daun kemangi, kombinasi tomat serta ditambah kembali potongan belimbing wuluh.

Penutup

Nah, itulah ulasan mengenai salah satu hidangan kuliner khas dari Pulau Sumba yang sangat menggugah selera, Sup Ayam Waingapu dari TripSumba. Sup ayam waingapu sendiri merupakan salah satu masakan yang sering disajikan sehari-hari di kehidupan masyarakat Sumba.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi kuliner khas Sumba yang satu ini, silahkan datang dan berkunjung ke Pulau Sumba. Kalian bisa menemukan banyak restoran yang dapat memberikan sajian Sup Ayam Waingapu ini kepada kalian.

Untuk masalah citarasa, sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, menurut kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke Sumba, kuliner Sup Ayam Waingapu ini merupakan salah satu kuliner wajib dicoba di Sumba.

Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan pasangan kamu untuk datang dan berkunjung ke Pulau Sumba. Dijamin pengalaman yang akan kamu dapatkan nantinya tidak akan kalah dengan pengalaman berlibur ke luar negeri.

“Buat apa ke luar negeri kalau di Indonesia sendiri masih banyak destinasi kelas dunia yang bisa kamu kunjungi?”

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x