Eksotisnya Bendungan Lambanapu Waingapu, Tempat Wisata Baru Di Sumba Timur

Bendungan Lambanapu – Keindahan dan pesona Sumba memang sudah tidak terbantahkan lagi. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang memberikan testimoni positif di setiap objek wisata yang pernah mereka kunjungi.

Testimoni yang diberikan rata-rata mengucapkan hal-hal yang indah tentang objek wisata. Termasuk eksotisnya bendungan Lambanapu Sumba.

Travelling di pulau Sumba tidak akan pernah merasa bosan karena satu tempat ke tempat lainnya memiliki pesona dan keindahan yang berbeda.

Keindahan bendungan Lambanapu memiliki ciri khas tersendiri dan membuat orang yang berwisata ke Lambonapu tidak akan merasa bosan.

Bendungan Lambanapu atau Kambaniru Sumba?

Sumba Timur

Bendungan Lambanapu – Foto @eryradixa

Nama resminya adalah bendungan Kambaniru, tetapi lebih dikenal sebagai bendungan Lambanapu. Bendungan yang yang cukup besar di dekat kota Waingapu dan terbesar di Sumba Timur. Bendungan ini selesai di bangun pada tahun 1992 pada masa presiden Soeharto.

Fungsi utama dari bendungan ini yakni untuk menampung air dan mengaliri sekitar 1400 hektar area persawahan yakni terdiri dari daerah Lambanapu, Mauliru, Kawangu, dan Kambaniru.

Tetapi dari perkiraan 1400 hektar yang direncanakan teraliri, ditaksir hanya sekitar 1100 hektar yang dapat teraliri didominasi untuk mengaliri persawahan sekitar 1000 hektar dan sisanya untuk palawija.

Baca juga ya :

Keindahan wisata di sekitar bendungan

Bendungan Lambanapu

Bendungan Lambanapu – foto @angelchristy2228

Apabila dilihat sekilas, pesona bendungan Lambanapu Sumba hampir sama dengan bendungan pada umumnya yakni gemuruh air.

Tetapi ada bagian yang lain yang menarik dari bendungan Lambanapu ini. Yakni keindahan bukit-bukit disekitarnya yang apabila musim hujan tiba akan terlihat hijaunya perbukitan. Meskipun di musim kemarau pun tidak mengurangi pesona keindahan perbukitan di bendungan Lambanapu.

Keindahan lainnya adalah airnya yang bersih dan belum tercampur dari limbah baik limbah pabrik ataupun limbah dari rumah tangga.

Bendungan Kambaniru Lambanapu

Bendungan Kambaniru Lambanapu//Indonesiakaya

Berwisata di bendungan Lambanapu dijamin akan terpuaskan. Bukan hanya tempatnya yang menarik karena di sekelilingnya terdapat perbukitan tetapi fasilitas lainnya dapat kita gunakan seperti jembatan yang berada di tengah bendungan.

Jembatan ini dipergunakan apabila kita ingin melihat lebih dekat mendengar gemuruh jatuhnya air. Atau fasilitas lainnya adalah apabila Ingin lebih dekat lagi yakni dapat menyewa perahu yang disediakan oleh warga sekitar.

Rute menuju Bendungan Lambanapu

Kabupaten Sumba Timur yang ber ibu kota di Waingapu memiliki tempat-tempat yang eksotis untuk dinikmati. Bendungan Lambanapu menjadi salah satu destinasi utama apabila kita mencari tempat wisata di kota waingapu.

Bendungan Lambanapu

Bendungan Lambanapu – foto @karuna_dewi

Objek wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota sekitar 10 Km dapat ditempuh menggunakan mobil atau sepeda motor. Kisaran harga apabila menyewa mobil sekitar Rp 300.000 s.d Rp 400.000 dan sepeda motor sekitar Rp 100.000 s.d Rp 150.000 per harinya hanya khusus di dalam kota.

Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota tentunya memudahkan untuk sampai ke tempat wisata. Kalaupun susah untuk sampai ke tempat wisata, kita bisa bertanya kepada masyarakat sekitar.

Rambu-rambu penunjuk jalan yang terpasang di sepanjang jalan pun akan memudahkan kita untuk sampai ke tempat tujuan tanpa takut tersasar jauh dari lokasi.

Spot foto di Bendungan Lambanapu & Fsilitasnya

Objek wisata bendungan Lambanapu atau Kambaniru terdapat beberapa spot yang dapat kita jadikan sebagai objek foto yang sangat menarik.

Latar belakang perbukitan bisa diambil dari berbagai sudut kamera. Ataupun latar belakang utama yakni bendungan pun sangat cantik untuk di ambil.

bendungan Lambanapu

Bendungan Lambanapu – foto @gilang_boban

Selain spot-spot tersebut kita juga bisa memilih untuk langsung terjun ke sungainya dengan menggunakan perahu atau bisa menyewa kano untuk diambil gambar.

Pesona bendungan Lambanapu dapat menjadi primadona wisata di kota Waingapu atau bahkan di pulau Sumba. Tinggal pemerintahan setempat untuk terus berbenah dan memperbaiki fasilitas penunjang lainnya.

Dengan tersedianya fasilitas yang lengkap seperti akses jalan yang memadai atau fasilitas seperti kamar mandi dan fasilitas lainnya di tempat wisata, maka dengan sendirinya para wisatawan akan membelokan arah tujuan wisata ke kota Waingapu.

Bendung Kambaniru Lambanapu Sumba Timur

Bendung Kambaniru Lambanapu Sumba Timur – foto @dinadayslife

Fasilitas yang lengkap yang disedikan oleh pemerintah setempat akan sangat membantu para wisatawan. Sedangkan fasilitas yang sudah adapun yang sudah disediakan harus terus dijaga dan dilestarikan jangan sampai dirusak. Karena tentu akan menggangu kenyamanan wisatawan yang datang ke bendungan Lambanapu.

Sumber : indonesiakaya

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x