Pantai Tarakaito, Pantai Indah Yang Tersembunyi

Pulau Sumba memang merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Beragam destinasi wisata menarik dapat ditemukan di Pulau Ini. Salah satunya adalah keindahan pantainya yang tidak perlu diragukan lagi.

Pantai di Pulau Sumba juga menarik perhatian banyak wisatawan dan turis dari berbagai daerah dan negara tentunya. Pantai-pantai di Pulau Sumba menawarkan panorama yang langka dan menakjubkan serta sulit ditemukan di pulau lain.

Sebut saja pantai – pantai yang terkenal seperti pantai Mandorak, Pantai Pahiwi, Pantai Watu Malandong, dan masih banyak lagi. Hampir seluruh pantai di Sumba sudah dikenal dan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, ada salah satu pantai yang namanya jarang terdengar namun menawarkan keindahan pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainya di Sumba. Namanya adalah Pantai Tarakaito.

Lokasi Pantai Tarakaito

Pantai indah yang satu ini berada di desa Wetana, Kecamatan Laboya Barat, Kabuapten Sumba Barat. Sebenarnya, Tarakaito bukan hanya merupakan satu pantai. Namun merupakan sebuah Tanjung yang berada di Sumba Barat. Lokasinya yang cukup jauh dengan pusat keramaian, mengharuskan para wisatawan yang ingin berkunjung memerlukan jasa sewa kendaraan untuk menuju pantai Tarakaito.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Tarakaito

Pantai Tarakaito

Pantai Tarakaito. Sumber Gambar : labuanbajo.co

Karena lokasi pantai yang merupakan wilayah selatan pulau Sumba dan berbatasan  langsung dengan samudera Hindia mengakibatkan ombak yang ada di Pantai Tarakaito cukup besar. Apalagi didukung dengan angin yang cukup kencang.

Tentunya dengan kondisi ini, para wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Namun, karena ombaknya yang cukup besar, ada beberapa wisatawan yang mencoba melakukan surfing atau berselancar di pantai ini.

Selain itu, pantai Tarakaito merupakan salah satu habitat untuk para penyu meletakan telurnya disaat musim bertelur tiba.

Seperti yang kita tau, penyu merupakan hewan yang menghabiskan sepanjang hidupnya di laut namun akan kembali ke daratan disaat musim bertelur telah tiba. Dan salah satu lokasi yang dijadikan tempat bertelur oleh para penyu adalah pantai Tarakaito di Laboya Barat ini.

Pernah digunakan sebagai salah satu Lokasi Ajang Pasola Gaura 2020

Pasola Gaura. Sumber Gambar : betantt.com

Meskipun saat ini kondisi pariwisata sedang tidak ditunda untuk sementara waktu, kegiatan Pasola Gaura 2020 tetap berlangsung di Kecamatan Lamboya Barat. Ajang Pasola Gaura ini dilaksanakan pada 19 Maret 2020 yang lalu.

Pasola Gaura merupakan rangkaian atraksi Pasola Kabupaten Sumba Barat yang paling terakhir dilakukan, setelah Pasola Lamboya dan Pasola Wanukaka. Berbeda dengan 2 atraksi pasola sebelumnya, Pasola Gaura dilakukan selama 2 hari, hari pertama tanggal 18 Maret 2020 untuk anak-anak remaja, sedangkan pada hari kedua 19 Maret 2020 dilakukan untuk ksatria dewasa, namun diantara jeda saat istirahat, tetap diisi oleh pemain remaja.

Atraksi Pasola merupakan permainan mengadu  ketangkasan melempar lembing kayu ke arah lawan sambil memacu kencang kuda yang ditunggangi antara dua kelompok yang berlawanan.

Pasola di Gaura Kecamatan Laboya Barat Kabupaten Sumba Barat berbeda dengan Pasola yang ada di tempat lain. Karena Pasola di Gaura melibatkan anak-anak yang berumur tujuh sampai lima belas tahun.

Anak-anak yang terlibat sebagai pemain Pasola di Gaura adalah anak-anak yang sudah mahir menunggang kuda dan melempar lembing.

Pasola Cilik ini merupakan salah cara untuk melatih anak-anak untuk melestarikan budaya dan juga untuk melatih keberanian mereka, agar ketika dewasa mereka bisa mengambil bagian dalam Pasola orang dewasa untuk melestarikan budaya Pasola itu sendiri

Biaya Untuk Mengunjungi Pantai Tarakaito di Sumba

Pantai Tarakaito

Pantai Tarakaito . Sumber Gambar : labuanbajo.co

Bila anda memiliki beberapa tujuan wisata di Sumba, anda bisa menyewa mobil atau motor, sesuai dengan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi.

Karena memang ada beberapa lokasi wisata yang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Ada banyak tempat persewaan mobil di sekitar bandara. Tarifnya beragam, mulai dari Rp. 800.000 per hari sudah termasuk supir, belum termasuk BBM.

Bila anda ingin traveling mengelilingi Sumba menggunakan motor, maka biaya sewa motor mulai dari Rp. 100.000 per hari. Untuk lebih hemat, sebaiknya ambil paket tour wisata Sumba yang harganya juga bervariasi, tergantung tujuan dan durasi wisata anda. Untuk paket yang paling murah, mulai dari Rp. 1,5 juta untuk 2 hari.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Pantai Tarakaito yang berada di Laboya Barat. Bagi kamu yang sedang mencari list destinasi lainnya di Pulau Sumba, Silahkan lihat disini.

Selamat Berlibur

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x