Info Rute dan Lokasi Air Terjun Lapopu Sumba Barat

Air Terjun Lapopu – Setelah sekian lama bekerja atau belajar, tubuh memerlukan istirahat supaya tubuh kembali segar dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.

Orang-orang biasanya menggunakan waktu istirahat tersebut untuk berlibur ke suatu tempat. Selain untuk membuat tubuh segar kembali, berlibur merupakan sebuah penghargaan atas kerja keras yang kamu lakukan.

Indonesia memiliki banyak berbagai pilihan tempat yang dapat kamu kunjungi. Jika kamu bingung ingin berlibur kemana, maka jawabannya adalah pulau Sumba.

Rute menuju Pulau Salura Sumba

Rute Darat di Pulau Sumba – foto @rjanitraz

Pulau Sumba memiliki berbagai tempat wisata yang sangat indah. Pemandangan alamnya sudah tidak diragukan lagi, pasti membuat kamu terpana.

Salah satu tempat memukau yang wajib kamu kunjungi saat berada di Sumba adalah Air Terjun Lapopu. Keindahan air terjun ini dijamin akan membuat kamu terpukau.

Air terjun Lapopu sudah terkenal tidak hanya dikalangan wisatawan domestik akan tetapi sudah terkenal bagi wisatawan mancanegara.

Air Terjun Lapopu, air terjun tertinggi di Sumba

Air terjun Lapopu terletak di kawasan Taman Nasional Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti. Secara geografis air terjun ini terletak di Desa Hatikoloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Baca Juga ya :

air terjun lapopu, Tempat untuk Bulan Madu ke Sumba

air terjun lapopu, Tempat untuk Bulan Madu ke Sumba

Air terjun Lapopu memiliki keindahan yang luar biasa dan air terjun ini dikenal sebagai air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT).  Hal tersebut disebabkan karena air terjun Lapopu memiliki tinggi 90 meter.

Air terjun Lapopu memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun lainnya yaitu air terjun ini memiliki bentuk seperti tangga. Sehingga air yang mengalir pada air terjun ini terlihat bertingkat. Sungguh pemandangan yang luar biasa bukan!

Rute menuju Air Terjun Lapopu

Air terjun Lapopu berada di kawasan taman nasional sehingga keasriannya terjaga. Udara di sekitar air terjun sejuk dan tempat di sekitarnya teduh.

Untuk berada di air terjun ini bukanlah hal yang sulit namun membutuhkan waktu yang tidak singkat karena letaknya cukup jauh dari kota Waikabubak yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat.

Air terjun Lapopu

Air terjun Lapopu – Sumber: sumbabaratkab.go.id

Dari Waikabubak, kamu harus menuju ke timur sampai menjumpai papan yang memuat informasi berupa petunjuk arah yang dipasang oleh pihak Balai Taman Nasional mata Lawa.

Akan tetapi jangan khawatir karena perjalanan yang memakan waktu cukup lama tersebut tidak akan terasa lama. Ketika kamu sedang dalam perjalanan menuju air terjun ini, kamu akan melewati sawah dan bukit yang menampilkan pemandangan yang sangat indah.

Kamu bisa melihat warga sedang bekerja di sawah dan ladang. Kamu juga bisa melihat berbagai hewan ternak dengan jumlah banyak yang sedang digembala misalnya kerbau, sapi dan kuda.

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Hal tersebutlah yang akan membuat kamu betah selama di perjalanan dan tidak akan merasa bosan. Selain itu akses jalan menuju air terjun ini juga baik jadi kamu tidak perlu khawatir.

Ketika kamu sudah sampai di desa Hatikuloku maka itu pertanda bahwa kamu akan segera sampai pada tujuan kamu. Ketika sudah memasuki desa tersebut maka kamu bisa melihat berbagai pohon yang menjulang tinggi dan berukuran besar karena desa ini merupakan hutan belantara.

Taman Nasional Matalawa

Perjalanan masuk ke Taman Nasional Matalawa – foto milik @tamannasional_matalawa

Dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit dari gerbang Kawasan Taman Nasional untuk menuju air terjun Lampopu Sumba.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, kamu harus melewati pos penjagaan untuk membeli tiket masuk. Selagi membeli tiket masuk, kamu bisa bertanya-tanya kepada petugas mengenai air terjun Lapopu karena penjaga sangat ramah.

Harga Tiket masuk Air Terjun Lapopu

Meskipun menampilkan pemandagan yang sangat indah, kamu tidak perlu merogoh saku yang dalam karena harga tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau yaitu sekitarRP 7.500.

Warga yang berprofesi sebagai petugas air terjun ini akan menemani perjalanan kamu sampai di air terjun. Ketika akan menuju air terjun kamu harus menyeberang Kali Lapopu menggunakan jembatan bambu.

Air Terjun Lapopu

Menuju Air terjun Lapopu sumber : @berllian_5

Jembatan bambu ini cukup kuat karena dibuat oleh warga dan Balai Taman Nasional. Jadi keselamatan kamu pasti terjamin.

Kualitas air pada air terjun Lampopu sangat jernih dan tentunya segar. Akan tetapi jika kamu ingin berenang di kolam yang berada di bagian tengah harus tetap waspada karena arus air terjun ini cukup kuat.

Sebaiknya kamu berkunjung ke air terjun ini pada pagi dan siang hari. Hal tersebut disebabkan karena saat sore hari arus air terjun paling deras dibandingkan saat pagi atau siang hari.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x