6 Tips Solo Backpacking ke Sumba

Tips Solo Backpacking ke Sumba – Apakah kalian ada rencana liburan dekat-dekat ini? Atau justru baru berencana untuk membuat rencana liburan? Salah satu opsi liburan yang populer di kalangan milenial saat ini adalah solo backpacking.

Sumba merupakan salah satu wilayah Indonesia favorit untuk dijadikan tujuan wisata. Keindahan alam berupa pantai, savana, perbukitan, hingga air terjun sudah tidak diragukan.

Bagi kalian yang berangan dan berencana untuk melakukan solo backpacking ke Sumba, yuk baca tips-tips berikut.

Pelajari Tujuan Destinasi yang Kalian Pilih

Kampung Ratenggaro – Foto @royaltravelindonesia

Sebelum kalian berangkat pasti kalian sudah mengincar beberapa tempat di Sumba yang akan kalian kunjungi. Jadilah seorang traveler dengan rasa keingintahuan yang besar.

Dengan mencari tahu destinasi tujuan kalian bisa merencanakan rute, transportasi apa saja yang sekiranya bisa menjadi pilihan, hingga menyiapkan budget untuk menuju masing-masing tujuan wisata.

Bersiap Outfit dan Aksesoris Sesuai Musim dan Tujuan

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @maxfanggi

Tentu kalian tahu jika Sumba masuk dalam wilayah Indonesia yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan penghujan.

Musim kemarau di Sumba membuat wilayahnya kering dan cuaca cenderung hangat, sedangkan musim penghujan membuat wilayah Sumba lembab dengan suhu lebih rendah.

Pastikan kalian membawa outfit yang cocok dengan waktu berkunjung kalian. Gunakan alas kaki yang nyaman dipakai setiap saat dan jangan lupa persiapkan topi untuk menghalau terik matahari siang.

Packing dengan Ringan

Bukit Tanarara di Sumba

Bukit Tanarara di Sumba – Foto: Nativeindonesia

Hal yang sebisanya kalian hindari saat melakukan solo backpacking adalah membawa barang bawaan yang berat sepanjang perjalanan. Bawalah sebuah ransel yang memuat kebutuhan kalian seperlunya.

Bayangkan jika kalian terlalu banyak membawa barang ketika mengunjungi tempat dengan medan yang cukup sulit, dimana hal tersebut tidak jarang ada di wilayah Sumba. Pastinya hal tersebut akan mengganggu perjalanan.

Membeli Kartu Perdana dengan Sinyal Terkuat

bukit terindah di Sumba

Perbukitan Sumba – Foto: camerawisata.com

Sumba bukanlah wilayah dengan jangkauan jaringan telekomunikasi yang luas dan merata. Padahal jika kalian melakukan solo backpacking kalian perlu rutin berkabar dengan orang terdekat untuk memastikan keselamatan.

Nah, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan handphone dengan jaringan telekomunikasi yang kuat. Kalian bisa mencari tahu sinyal jaringan mana yang sekiranya kuat dan memiliki jangkauan luas.

Menyiapkan Fisik yang Fit

Bukit Hiliwuku, Bukit Terindah di Sumba

Bukit Hiliwuku – Foto: @yohand_ratukore

Berlibur di Sumba berarti tidak setiap saat kita bisa bergantung dengan transportasi untuk bisa sampai di tempat wisata. Terdapat banyak tempat yang memiliki akses menyeluruh, sehingga ada kemungkinan wisatawan perlu berjalan kaki di beberapa rute.

Oleh karena itu persiapkanlah fisik kalian dengan baik. Mengingat cukup banyak juga tempat-tempat indah di Sumba yang terletak di dataran tinggi atau di tempat dengan akses yang cukup sulit.

Siapkan Kamera Terbaik.. dan Memorinya!

Solo Backpacking

Berfoto dengan Kamera-Foto: phinemo.com

Tidak ada liburan sempurna tanpa kenangan. Meskipun kalian berlibur sendiri, bukan alasan untuk tidak memiliki dokumentasi pribadi sebagai bentuk memento kehidupan kalian.

Oleh karena itu bersiaplah dengan perangkat kamera terbaik yang kalian miliki. Jangan lupa juga menyiapkan cadangan memori untuk bisa mengabadikan liburan kalian sepuasnya.

.

Tertarik untuk merealisasikan rencana solo backpacking kalian? Jangan lupa dengan tips-tips di atas ya.

Baca juga:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x