5 Air Terjun Keren Di Sumba Yang Harus Dikunjungi

Air terjun keren di Sumba cukup banyak. Traveler tinggal memilih saja sesuai keinginan. Dijamin jika sudah mendatanginya pasti tidak ingin beranjak pulang. Karena sebagian besar curug indah dan alamnya asri.

Air Terjun Keren Di Sumba

Air Terjun Keren Di Sumba //IDNTimes

Traveller wisata peminat destinasi air terjun silakan simak list berikut. Semuanya merupakan destinasi wisata air terjun yang terkenal dengan keindahannya. Jika perlu catat list-nya supaya bisa menjadi rujukan saat liburan nanti. Berikut destinasi yang dimaksud:

1. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu//NativelIndonesia

Air terjun keren di Sumba yang pertama adalah Air Terjun Tanggedu. Sebuah destinasi wisata yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kapangan, Kabupaten Sumba Timur. Tepatnya berjarak 46 km dari Kota Waingapu.

Air Terjun Tanggedu dianggap Grand Canyon Sumba. Sebab di sekitar air terjun terdapat berbagai jenis batu kali berwarna hitam. Biasanya di batu ini para pengunjung beristirahat sambil menikmati percikan air terjun yang sejuk.

Batu-batu di Air Terjun Tanggedu dijadikan sebagai spot foto alami. Hasilnya sungguh sangat menakjubkan apalagi jika kamu pintar berpose. Makanya jika ingin upload foto cantik di media sosial jangan lupa bawa kamera tempat ini.

2. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang//Hipwee

Air Terjun Waimarang dianggap air terjun ikonik di Pulau Sumba. Pasalnya pemandangan di tempat ini pasti disukai pengunjung dan bisa menjadi aset berharga wilayah. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatanginya.

Air Terjun Waimarang tidak hanya dipenuhi dengan batu-batu kali dengan berbagai ukuran. Tetapi juga terdapat danau kecil berair jernih dan dingin tepat berada di dasar air terjun. Jika debit air kecil biasanya pengunjung diperbolehkan berenang di sana.

Silakan datangi Air Terjun Waimarang di musim kemarau. Karena saat itu air tidak terlalu tinggi sehingga destinasi menjadi lebih aman dan nyaman. Jangan khawatir letaknya yang berada di dalam hutan tidak membuat kamu kepanasan.

3. Air Terjun Lakolat

Air Terjun Lakolat

Air Terjun Lakolat//Travelingyuk

Air terjun keren di Sumba yang ketiga adalah Air Terjun Lakolat. Sebuah destinasi curug yang memang eksotis dan layak untuk dikunjungi saat liburan. Bahkan jika sudah tiba di sini serasa ada di Grand Canyon Amerika.

Air Terjun Lakolat dipenuhi dengan bebatuan yang besar namun tidak terjal. Jika debit air kecil biasanya jalur air terjun bisa diakses untuk melakukan tracking hingga ke puncak. Karena bentuknya seperti tangga atau undakan.

Air Terjun Lakolat berada di Kabupaten Sumba Timur. Jarak dari Waingapu hanya 40 km saja yang bisa ditempuh selama 1-2 jam dengan menggunakan kendaraan. Tentunya dengan jarak tempuh ini kamu bisa menghemat biaya transportasi.

4. Air Terjun Lewa Tidahu

Air Terjun Lewa Tidahu

Air Terjun Lewa Tidahu//PosKupang

Air Terjun Lewa Tidahu atau yang disebut juga Air Terjun Kolam Jodoh adalah tempat wisata yang paling eksotis dan permai. Destinasi ini berada di Sumba Barat tepatnya di Kecamatan Katikuna Selatan.

Air Terjun Lewa Tidahu merupakan air terjun yang memiliki tebing tertinggi di Pulau Sumba. Karena itu deburan air yang jatuh ke dasarnya sangat keras dan jangkauan percikan yang cukup jauh.

Di dasar air terjun terdapat telaga yang cukup dalam terutama ketika debit air tinggi. Sedangkan agak beberapa meter ke hilir terdapat telaga yang dangkal dengan berbagai bebatuan kali di atasnya. Di sini kamu bisa berenang dan bermain air.

Jika kamu beruntung bisa melihat ikan yang berenang di antara bebatuan. Karena memang air begitu jernih sehingga dasar kali terlihat ke permukaan. Sungguh pesona yang luar biasa apalagi jika traveler merasakan kesejukan airnya.

5. Air Terjun Kanabuwai

Air Terjun Kanabuwai

Air Terjun Kanabuwai//Wisato

Air Terjun Kanabuwai adalah tempat wisata andalan di Sumba Timur. Letaknya yang berada di tengah hutan lindung nasional membuat curug ini sangat indah dengan pemandangan asri dan permai.

Air Terjun Kanabuwai menjadi tempat wisata edukasi. Karena jika kamu beruntung bisa bertemu dengan hewan langka yang belum traveler kenali. Pepohonan sekitar curug juga khas karena tidak ditemukan di daerah lain.

Air terjun keren di Sumba yang dijelaskan di atas semuanya hits dan populer. Sekalipun masih perawan bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan akan dikelola dengan baik. Sehingga berwisata ke sini jauh lebih nyaman.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x