Kue Manggulu, Kue Khas Sumba yang Lezat Untuk Oleh-Oleh

Kue Manggulu – Indonesia merupakan negara yang sangat besar. Para penduduknya berasal dari berbagai latar belakang kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda.

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia melahirkan keberagaman di bidang kuliner. Ada banyak kuliner khas Indonesia yang mungkin jumlahnya ada ratusan. Salah satunya kuliner yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Di Nusa Tenggara Timur, tempat ini bukan hanya terkenal akan kayu cendananya. Provinsi yang juga dikenal dengan sebutan NTT ini ternyata menyediakan banyak kuliner khas yang akan membuat siapapun ketagihan ketika mencicipinya.

Kue Manggulu Kue Khas Sumba

Kue Manggulu Kue Khas Sumba – foto milik @retno_redwindsock

Salah satu kuliner khas NTT yang populer adalah kue Manggulu. Kue Manggulu adalah kuliner dari Kabupaten Sumba Timur.

Manggulu merupakan kue yang memiliki rasa khas dan pastinya menyehatkan. Mengapa? Karena makanan ini bebas gula dan juga bahan pengawet. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengkonsumsinya karena dijamin makanan ini akan membuat tubuhmu tetap sehat.

Kue Manggulu, Oleh-Oleh Khas Sumba yang Terkenal

Sekarang, mendapatkan kue Manggulu mungkin sedikit lebih sulit dibandingkan sebelumnya. Alasannya sederhana, karena jajanan khas Sumba ini malah terpinggirkan oleh kehadiran berbagai jajanan instan.

Kue Manggulu, kue khas sumba

Kue Manggulu, kue khas sumba – Sumber: daerahkita.com

Padahal, Manggulu merupakan makanan yang sangat khas dan melambangkan Sumba Timur dan NTT. Selain itu, makanan ini juga menyimpan banyak sejarah sehingga sangat disayangkan jika sampai Manggulu tidak bisa ditemukan lagi.

Sekedar informasi bahwa ketika masih dijajah oleh Belanda, Manggulu merupakan makanan yang digemari oleh serdadu Belanda.

Bahkan pada saat mereka masuk ke kawasan pelosok Sumba, para serdadu tersebut selalu pulang dengan membawa Manggulu. Memiliki rasa manis dan mudah dibawa membuat mereka tidak sulit membawanya.

Bukan itu saja Manggulu juga menjadi cemilan yang cocok untuk menunda lapar. Jika diperhatikan, kue Manggulu memang memiliki bentuk yang agak mirip dengan dodol. Hanya saja, Manggulu dibungkus dengan daun pisang kering sehingga membuatnya bisa tahan selama berhari-hari.

Cara Membuat Kue Manggulu

Untuk membuat Manggulu sebenarnya tidak sulit. Cara pembuatan maupun penyajiannya pun terbilang sederhana. Selain itu, bahan dasar dari kue ini mudah didapatkan yaitu kacang tanah dan pisang yang pastinya banyak yang menjualnya.

Baca Juga :

Kue Manggulu

Kue Manggulu – Sumber: idntimes.com

Namun, untuk proses pembuatannya memang memerlukan waktu yang lebih lama karena semuanya dilakukan secara alami.

Proses pengupasan pisang hingga menjadi Manggulu saja memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu. Kue Manggulu adalah makanan yang dibuat dari pisang kepok.

Pisang tersebut dimasak lalu dikeringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Kemudian, untuk kacang merah digoreng terlebih dahulu tanpa menggunakan minyak. Cara menggorengnya dengan cara disangrai dan kemudian kamu buang kulit arinya.

Setelah itu, kacang ditumbuk bersama pisang kepok yang sudah dikeringkan. Jika keduanya sudah halus, kamu harus mencampur kedua bahan ini dan bisa mulai membuat bentuknya.

Kue Manggulu

Kue Manggulu – foto milik @mama.qia

Untuk pembuatan tradisional, kamu bisa membuat Manggulu ini dengan menggunkan tangan. Namun sekarang pencampurannya bisa menggunakan mesin penggiling.

Kue Manggulu yang asli akan dikemas dengan daun pisang kering. Hal ini berdasarkan tradisi masyarakat Sumba bahwa daun kering merupakan wadah pembungkus yang sekaligus mengawetkan.

Adonan kue Manggulu nantinya akan digulung di dalam daun pisang kering sampai berbentuk oval. Selanjutnya, kamu ikat bagian atas dan bawahnya.

Harga Kue Manggulu

Lalu berapa harga kue Manggulu?

Perlu kamu tahu bahwa sekarang tidak banyak industri rumahan yang masih bertahan menjual kue khas Sumba ini. Alasannya karena kalah populer dengan jajanan instan lainnya.

Namun, ada beberapa industri rumahan yang masih bertahan menjual Manggulu. Mereka ingin agar jajanan yang merupakan warisan leluhur ini tidak punah.

Kue Manggulu

Sumber: life.108jakarta.com

Meskipun kue Manggulu tidak menggunakan bahan pengawet, nyatanya makanan ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Manggulu mampu bertahan kurang lebih 6 bulan.

Untuk harga jualnya sangat terjangkau. Satu kotak Manggulu dijual dengan harga Rp. 10.000. Jika kamu berlibur ke Pulau Sumba atau yang dikenal dengan Sandalwood Island, jangan lupa jadikan jajanan ini sebagai oleh-oleh liburanmu.

Namun perlu kamu ingat bahwa kue Manggulu hanya tersedia di Sumba Timur. Jadi, kamu harus datang ke Sumba Timur jika benar-benar penasaran dengan rasanya.

Jadi, jangan sampai lupa datang ke Sumba Timur dan belilah sebanyak-banyaknya untuk kamu konsumsi sendiri dan kamu bagikan ke keluarga atau temanmu.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x