Air Terjun

Sumba tidak hanya tentang padang savana yang indah, perkampungan kuno yang magis, pantai berpasir putih yang masih alami atau ombak ganas yang memikat peselancar untuk menaklukannya. Sumba juga memiliki destinasi wisata air terjun yang memikat.

Lokasi destinasi wisata air tenjun di Sumba sebagian besar berada jauh dari pusat keramaian atau pusat kota Sumba. Karena itu akses untuk mencapai air terjun cukup menantang dan cocok untuk traveler yang suka petualangan alam bebas. Karena lokasinya yang jauh, destinasi wisata air terjun di Sumba jarang dikunjungi traveler. Hal itu juga membuat air terjun Sumba terjaga lestari dan eksotis

Berikut ini 5 air terjun yang cocok direkomendasikan bagi traveler yang berjiwa petualang dan suka tantangan.

  1. Air Terjun Lapopu

Sumber: indonesiakaya.com

Air terjun ini terletak di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Air terjun ini berjarak 24 km dari ibukota kabupaten Sumba Barat Waibubak. Air Terjun Lapopu berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Air tenjun Lapopu termasuk air terjun berundak dengan total ketinggian kurang lebih 90 meter. Di bagian bawah terdapat kolam penampungan air yang berwarna tosca. Suasana sejuk sangat terasa saat memasuki kawasan air terjun Lapopu yang masih di keliling hutan tropis yang masih asri.

Bagi traveler yang mengunjungi air terjun Lapopu, jangan lupa membawa pakaian renang. Kalian pasti akan menyesal kalau tidak berenang untuk menikmati air terjun yang menakjubkan ini.

  1. Air terjun Matayangu

Sumber: idntimes.com

Air terjun Matayangu terletak di desa Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 100 meter ini dikkelilingi oleh hutan tropis yang berisi tanaman endemik Sumba. Uniknya air ternun Matayangu berasal dari air yang memancar dari lubang gua.

Selain itu keunikan lain, air terjun Matayangu merupakan air terjun yang sakral bagi masyarakat Manurara. Masyarakat percaya bahwa air terjun ini tempat bersemayan arwah leluhur Merapu. Oleh karena itu air terjun ini masih digunakan untuk melakukan rituas keagamaan penganut Merapu.

  1. Air Terjun Waimarang

Sumber: phinemo.com

Mau berenang di kolam alami yang luar biasa indah di Sumba? Kamu harus datang ke air terjun Waimarang. Air terjun Waimarang terletak di Melolo, Desa Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur. Air terjun ini dapat ditempuh dari Waingapu kurang lebih 2 jam, sementara dari Tambolaka membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam.

Air terjun Waimarang layaknya pemandian tersembunyi para dewa. Air terjun bertingkat ini dikelilingi tebing batu yang eksotis.  Ada 3 kolam alami di air terjun Waimarang. Air terjun di tingkat pertama pendek saja, sekitar 2 meter tingginya. Air ini mengalir dari kolam alami di tingkat kedua. Kolam alami di tingkat ketiga berada di atasnya. Sementara kolam ketiga dialiri air dari sungai kecil yang jernih. Namum karena untuk naik ke kolam kedua dan ketiga harus merayapi dinding batu yang sulit, sehingga kedua kolam alami ini jarang dikunjungi.

  1. Air Terjun Tanggedu 

sumber: Instagram @dez_tya8

Air terjun Tanggedu bisa disebut sebagai grand canyon Sumba. Air terjun ini terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Air terjun ini berjarak 46 km atau 1,5 jam perjalanan dari Waingapu.

Air terjun Tenggedu dikelilingi keindahan alam yang memukau dan diapit oleh tebing-tebing ccuram. Air bersih yang cukup deras dan berwarna biru tosca  membuat air terjun ini cocok untuk rafting.  Tapi buat yang suka berenang juga oke. Bagi traveler yang sudah pernah mengunjungi air terjung Tanggedu dijamin bakal ketagihan untuk mengunjungi lagi

  1. Air Terjun Weekacura

Sumber: Instragam.com

Air terjun Weekacura hanya berjarak sekitar 40 menit dari kota Tambolaka. Air terjun ini terletak di tenggah persawaha dengan ketinggian air terjunnya pendek. Sebenarnya air terjun ini lebih mirip kolam-kolam air alami di tengah persawahan.

Namun jangan salah, meski di tenggah persawahan airnya tetap mengalir jernih. Di sini selain bisa menikmati kejernihan air, kamu juga akan dimanjakan pemandangan hamparan sawah menghijau yang sangat eksotis. Bayangkan saja di Sumba yang terkenal kecil, kamu masih dapat menjumpai Sumba dalam kehijauan yang mempersona.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x