Mengenal Kampung Raja Prailu Sumba Yang Unik, Menarik Dan Memiliki Budaya Bertingkat Tinggi

Pulau sumba bukan hanya memiliki keindahan alamnya saja, justru di Sumba juga menyediakan beragam macam budaya dan tradisi, seperti kampung Raja Prailu Sumba ini. Apabila anda adalah orang yang suka mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia, mungkin anda dapat mengunjungi kampung tersebut. Pasalnya, kampung ini cukup menarik untuk disimak oleh anda.

Apakah anda ingin mengenal lebih dalam lagi tentang kampung Raja Prailu Sumba ini? Jika anda ingin mengenal tentang apa sih kampung tersebut, maka anda adalah orang yang paling tepat jika berada disini. Karena, pada saat ini kami akan membahas tentang pengenalan dari kampung tersebut. Mari kita simak pembahasannya yang sudah ada dibawah ini.

Baca juga ya:

Sekilas Tentang Kampung Raja Prailu Sumba

Kampung Raja Prailu Sumba

Sekilas Tentang Kampung Raja Prailu Sumba – Sumber traverse.id

Kampung Raja Prailu Sumba merupakan salah satu desa yang asri dan kampung tersebut dikenal sebagai kampung yang memiliki kekhasan bangunan dari rumah serta memiliki taradisi yang unik. Selain itu, di kampung ini juga anda akan melihat kerajinan kain yang berada di sana. Lokasi dari kampung ini terletak pada kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Kampung ini menjadi salah satu jenis kampung yang berupa kerajaan menarik di daerah pulau Sumba. Kampung ini juga masih terlihat eksis dan banyak yang mengunjunginya. Hanya saja sesudah raja Umbu Djaka meninggal, belum saja pengangkatan dari raja yang baru disana. Tetapi, jejak-jejak kerajaan ini memiliki hal-hal yang menarik dan berbudaya tinggi serta cocok untuk disimak oleh para wisatawan.

Aktivitas dan Kebiasaan Unik Kampung Raja Prailu Sumba

Kampung Raja Prailu Sumba

Aktivitas dan Kebiasaan Unik Kampung Raja Prailu Sumba – Sumber juragankoppi.wordpress.com

Kampung yang bernama Raja Prailu Sumba ini menjadi salah satu kampung yang unik di provinsi Nusa Tenggara Timur. Ada kebiasaan yang unik disana apabila para pengunjung masuk pada desa yang satu ini. Biasanya pengunjung yang datang disana, para wisatawan akan ditawari memakan sirih. Perlu diketahui oleh anda kalau sirih inilah yang merupakan makanan harus dimakan oleh pengunjung desa Prailu.

Baca juga ya:

Namun, apabila anda tidak menyukai dengan sirih, maka anda tidak perlu lagi untuk memakan sirih tersebut. Akan tetapi, untuk penolakan dari memakan sirih, pastikan anda selalu sopan dan menghargai dengan adanya kebiasaan yang ada disana. Di kampung yang berada di Sumba ini, anda bisa melihat proses pembuatan dari kain tenun, dimana anda bisa melihat proses pembuatannya yang dilakukan oleh ibu-ibu di desa sana.

Hal-hal Istimewa dan Menarik dari Kampung Raja Prailu Sumba

Kampung Raja Prailu Sumba

Kubur Batu Prailu – Sumber kompas.com

Sebenarnya, bukan hanya itu saja yang membuat kampung yang satu ini terlihat unik dan menarik. Pasalnya, pada kampung ini anda bisa melihat hal-hal yang menarik dan bisa membuat liburan anda menjadi lebih banyak makna. Pada umumnya kampung ini tersedia 3 hal yang istemewa dan menarik yang dimiliki oleh kampung Raja Prailu Sumba ini, maka anda bisa melihatnya pada pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

Baca juga ya:

1. Rumah Adat

Kampung ini memiliki hunian yang masih terlihat seperti rumah adat. Dalam hal ini, rumah adat yang ada disana memiliki bentuk limas dan berasal dari material yang alami. Ini juga lebih dikenal sebagai sebutan Uma Mbatang dan Uma Hori. Jika anda berpergian di rumah adat yang ada disana, anda bisa melihat sejumlah benda tradisional atau lawas yang masih disimpan serta menarik untuk disimak.

2. Kubur Batu Mega

Yang membuat menarik dari kampung Raja Prailu Sumba ini adalah kampung tersebut memiliki Kubur Batu Mega. Kubur tersebut berisi jenazah dari Raja Tamu Umbu Djaka yang wafat pada tahun 2008 yang lalu. Akan tetapi, penguburannya dilakukan setahun kemudian, hal ini dikarenakan pemakamannya membutuhkan dana yang besar. Makam dari raja tersebut seperti kubur batu yang memiliki berat sekitaran 40 ton.

3. Kain Tenun

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dimana anda bisa melihat proses pembuatan kain tenun ketika mengunjungi kampung ini. Kain tenun memiliki berbagai macam makna bagi warga masyarakat yang ada disana. Dan ini menajdi tradisi dari Marapu yang akan digunakan dalam bentuk acara-acara tertentu, misalnya perkawinan, pemakaman dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi alasan kenapa kain tenun termasuk hal yang istimewa di kampung ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x