6 Wisata Petualangan yang Seru di indonesia

Banyak wisata petualangan di Indonesia yang tidak kalah seru dari destinasi yang di luar negeri. Tidak heran, selain wisatawan dalam negeri, turis mancanegara pun sangat berminat untuk menikmati alam Nusantara.

Tersebar di seluruh penjuru negeri, banyak wisata petualangan yang seru di Indonesia pantang untuk dilewatkan.

Mulai dari wisata air, hutan, hingga gunung di Indonesia siap menguji adrenalin para traveler. Berikut daftar wisata petualangan di Indonesia yang bisa kamu masukkan ke dalam itinerary-mu.

Goa Jomblang, Jogja

Salah satu dari 13 geosite ini terletak di Gunungkidul, Jogja. Saking indahnya, wisata petualangan di Indonesia ini pernah menjadi tempat pengambilan gambar ‘Amazing Race Amerika’ pada tahun 2011 lalu.

Memasuki Goa Jomblang, kamu akan disuguhi pemandangan cantik seperti sungai bawah tanah, hutan purba, serta ‘sinar surga’ alias Luweng Grubug yang ikonik.

Goa Jomblang Jogja

Sinar Surga di Goa Jomblang (Sumber: instagram/chantcute)

Bisa dibilang, Goa Jomblang merupakan salah satu wisata petualangan di Indonesia yang cukup menantang. Sebab, untuk memasuki dasar goa, kamu harus menuruni jalur gelap sedalam 60 meter selama 3 menit.

Untuk bisa sampai di wisata Jogja yang beralamat di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul ini, kamu perlu menempuh jarak sejauh 50 kilometer dari pusat Kota Jogja menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Kemudian dari lokasi parkir, kamu perlu menempuh jarak 500 meter dengan jalan kaki.

Soal tiket masuk Goa Jomblang cukup merogoh kocok, karena kamu perlu menyediakan dana sekitar Rp500 ribu.

Kamu juga perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena pihak pengelola wisata di Jogja ini menyediakan kuota terbatas setiap harinya untuk para traveler.

Citarik, Sukabumi

Wisata petualangan di Indonesia ini juga pantang dilewatkan, terutama untuk mereka yang suka menyusuri sungai berarus deras.

Citarik

Rafting di Citarik (Sumber: instagram/robertuspudyanto)

Citarik yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat ini pun bukan hanya menawarkan aktivitas arung jeram. Kegiatan outbound yang tidak kalah seru pun tersedia di wisata Sukabumi ini.

Rafting di Sungai Citarik sangat aman dilakukan oleh pemula maupun mereka yang sudah mahir dalam menyusuri sungai berarus.

Paket rafting di Citarik cukup murah, yaitu mulai dari Rp230 ribuan. Itupun sudah termasuk lokal transpor, asuransi, instruktur berpengalaman, satu kali makan, snack, kamar bilas, dan tentunya perlengkapan berstandar internasional.

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Dikenal pula dengan nama G-Land, Pantai Plengkung di Banyuwangi bukan sekadar wisata pesisir biasa. Karena di destinasi ini, kamu bisa berselancar atau surfing. Bahkan, wisata petualangan di Indonesia satu ini sudah mendunia.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi (Sumber: instagram/bernardtjandra)

Tersembunyi di dalam Taman Nasional Alas Purwo, wisata petualangan di Indonesia ini memiliki ombak dengan tinggi hingga 6 sampai 8 meter dan panjang 12 kilometer. Tidak heran jika tempat ini menjadi favorit para surfer.

Untuk mengunjungi wisata petualangan di Indonesia ini, waktu terbaiknya adalah April sampai Oktober karena ombaknya lebih menantang.

Supaya bisa sampai di wisata yang terletak di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 86 kilometer dari pusat kota menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Selanjutnya, kamu masih perlu menuntaskan perjalanan sejauh 22 kilometer menuju Pantai Plengkung menggunakan mobil penjaga yang disewa seharga Rp200 ribu.

Selain sewa mobil, kamu juga perlu menyediakan budget untuk tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar Rp15 ribu.

Gunung Rinjani, Lombok

Siapa tak kenal dengan wisata petualangan di Indonesia ini? Bahkan, nama Gunung Rinjani sudah dikenal oleh pendaki internasional.

Menjelajah wisata petualangan di Indonesia ini bukan hanya penuh tantangan. Pemandangan alam yang disuguhkan pun menawan. Sebut saja Danau Segara Anak, Kawah Gunung Batujari, hingga Savana Sembalun saat kamu mulai untuk mendaki gunung di Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl ini.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani (Sumber: instagram/gabblesgram)

Menuju Gunung Rinjani dari Lombok, rute yang bisa kamu pilih bisa dari Terminal Mandalika Mataram maupun Bandara Internasional Lombok.

Dari Terminal Mandalika, kamu bisa menggunakan mobil engkel menuju Pasar Aikmel dengan estimasi 1 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan ke Sembalun dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Sementara jika dari bandara, kamu bisa naik Bus Damri dengan tujuan Terminal Damri Mataram sekitar 1 jam perjalanan. Lalu jalan kaki menuju Terminal Mandalika, dan naik mobil menuju Sembalun.

Soal tiket masuk, kamu perlu menyediakan budget antara Rp5 ribu sampai Rp7.500 supaya bisa sampai di gunung yang terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini.

Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Kalau wisata petualangan di Indonesia ini merupakan taman nasional perlundungan gajah. Letaknya di daerah Lampung. Tepatnya di Kecamatan labuhan Ratu, Lampung Timur.

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (Sumber: instagram/riksa.samudra)

Di Taman Nasional Way Kambas yang merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia ini, kamu bukan hanya bisa melihat hewan berbelalai yang dijinakkan, dilatih, dikembangbiakkan, serta dikonservasi.

Wisata petualangan di Indonesia ini pun terdapat International Rhino Fondation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Menuju salah satu wisata petualangan di Indonesia ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 51 kilometer dari pusat Kota Lampung Timur menggunakan kendaraan pribadi.

Air Terjun Kanabu Wai, Sumba Timur

Menikmati keindahan Kanabu Wai di Sumba Timur perlu perjuangan. Bisa dibilang, destinasi ini merupakan wisata petualangan di Indonesia yang cukup menantang.

Wisata Petualangan di Indonesia

Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/umbustevie)

Dari Waingapu, kamu perlu menuju ke Desa Waikanabu yang jaraknya sekitar 130 kilometer dan dilanjutkan dengan trekking sekitar 12 jam perjalanan dengan melewati sungai. Kamu pun mungkin harus mendirikan tenda di sekitar hutan.

Meski perjalanan cukup menantang, namun air terjun di Sumba Timur ini memiliki pemandangan cantik. Dimana terdapat aliran air yang mengalir seolah keluar dari celah bebatuan. Persis seperti lukisan Cina Kuno.

Nah, itulah sederet wisata petualangan di Indonesia yang seru. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, hingga goa akan membuat liburanmu makin menantang.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x