5 Air Terjun di Sumba Barat Daya Yang Harus Kamu Kunjungi

Air Terjun di Sumba Barat Daya – Air terjun merupakan lokasi berwisata yang sangat cocok untuk menenangkan fikiran dan tubuh yang lelah. Di tempat ini kalian bisa merasakan suara gemuruh air yang jatuh, kicauan burung, dan udara yang sangat segar.

Kalian juga bisa merasakan pijak refleksi alami ketika tepat berada di bawah jatuhnya air terjun. Di tempat ini juga, kalian bisa berenang atau hanya sekedar merendamkan kaki sambil mengobrol dengan keluarga atau teman.

Terdapat 5 air terjun di Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang wajib kalian kunjungi ketika berwisata atau berlibur. Berikut adalah daftarnya:

1. Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro, Air Terjun di Sumba Barat Daya

Air Terjun Lokomboro, Air Terjun di Sumba Barat Daya – Foto @rekamata

Air Terjun di Sumba Barat Daya yang pertama yang harus kalian kunjungi adalah Air terjun Lokomboro. Tempat wisata ini berlokasi tepatnya di Desa Lokomboro, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Air Terjun Lokomboro mempunyai ketinggian sekitar 62 meter dan tempat wisata ini berada dalam satu aliran sungai dengan Air Terjun Ngadulara. Air Lokomboro terbentuk dari pertemuan dua sungai dan telah dimanfaatkan luas oleh masyarakat dan pemerintah setempat untuk aktivitas pembangkit listrik.

Pesona kecantikan utama dari tempat wisata ini adalah terletak pada tebing-tebing landai yang menjadi sela-sela air terjun dimana airnya tidak langsung tumpah ke kolam di bawahnya.

Hal yang menjadi daya tarik lainnya yaitu terdapat sebuah air terjun yang keluar dari dalam mulut gua dengan lebar sekitar 4 meter yang memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter.

2. Air Terjun Laipopu

laipolu

Air Terjun Laipopu – Foto @youngtripmate

Air terjun di Sumba Barat Daya yang kedua adalah Air Terjun Laipopu. Tempat wisata ini mempunyai nilai keunikan tersendiri di mana airnya jatuh melalui lereng yang cukup terjal berundak-undak dari puncaknya.

Untuk mencapai tempat wisata ini kalian cukup berkendara sekitar 20-30 menit dari pusat Kota Waikabubak. Airnya yang jernih menjadikan tempat ini sangat cocok untuk berenang dan menikmati keindahan bebatuan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Tempat wisata ini dikenal sebagai air terjun tertinggi di Proinsi Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian sekitar 90 meter.

Tempat wisata ini berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa), Pulau Sumba.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

3. Air Terjun Weekacura sumba

Air Terjun Weekacura

Air Terjun Weekacura – Foto @info.sumba_

Air Terjun di Sumba Barat Daya yang juga harus kalian kunjungi adalah Air Terjun Weekacura.  Air terjun ini Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, air terjun Weekacura ini memilki keunikan karena berada di antara area persawahan.

Tempat wisata ini juga memiliki beberapa kolam air yang sangat jernih dan menjadi spot foto yang menakjubkan. Untuk mencapai tempat wisata ini kalian harus menempuh jarak sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Tambolaka.

Air Terjun waikacura

Air Terjun waikacura – foto milik @gilang_boban

Areanya yang cukup luas memungkinkan wisatawan untuk lebih banyak menjelajahi setiap sudutnya. Terdapat pepohonan yang rindang juga menambah keasrian dari tempat wisata ini. Pengunjung dapat merasakan suasana pedesaan yang sangat kental di sekitar areanya.

4. Air Terjun Pabeti Lakera

pabeti

Pabeti Lakera – Foto @wawanmelki06

Air Terjun di Sumba Barat Daya yang satu ini tepatnya terletak di Desa Delo, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berjarak sekitar 45 km dari kota Waitabula, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kondisi jalan sudah beraspal dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Air Terjun Pabeti Lakera adalah salah satu objek wisata alam terkemuka di daerah setempat yang mulai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing. Objek wisata unik karena memiliki empat tingkatan.

Alam di sekitarnya masih asri dan sejuk. Pemandangan alam yang indah dan air yang bersih adalah daya tarik utama, sehingga daya tarik mulai menarik perhatian wisatawan dan mulai ramai terutama saat liburan.

5. Air Terjun Bokota Katura

Air Terjun Bokota Katura

Air Terjun Bokota Katura – foto @abraham_ronny_s

Berlokasi di Tema Tana, Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tempat wisata ini seperti halnya dengan Weekura, areanya dikelilingi oleh sawah dan pepohonan yang rindang dan hijau. Tempat yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmat suanan pedesaan yang masih sangat bersih dan asri.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x