Air Terjun Lokomboro, Wisata Air Terjun Indah Lainnya di Sumba

Air Terjun Lokomboro – Wisata air terjun memang menjadi salah satu destinasi yang paling banyak ditawarkan oleh Pulau Sumba. Salah satunya adalah Air Terjun Lokomboro.

Wisata Air Terjun Lokomboro ini berlokasi tepatnya di Desa Lokomboro, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lantas apa saja keindahan dan kekhasan dari Air Terjun Lokomboro dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya?

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro – Foto @rekamata

Nama air terjun ini berasal dari nama desa tempatnya berasal yaitu Desa Lokomboro. Air Terjun Lokomboro mempunyai ketinggian sekitar 62 meter dan Air Terjun Lokomboro ini berada dalam satu aliran sungai dengan Air Terjun Ngadulara.

Air Lokomboro terbentuk dari pertemuan dua sungai dan telah dimanfaatkan luas oleh masyarakat dan pemerintah setempat untuk aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Akses ke Air Terjun Lokomboro ini juga tidaklah sulit karena dari jalan utama Kota Waikabubak hanya berjarak sekitar 6-7 km masuk ke arah selatan.

Pesona kecantikan utama dari Air Terjun Lokomboro ini adalah terletak pada tebing-tebing landai yang menjadi sela-sela air terjun dimana airnya tidak langsung tumpah ke kolam di bawahnya.

Indahnya Pemandangan dari Arah Bawah Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro – Foto @charles_amaya

Melihat keindahan Air Terjun Lokomboro bisa dilakukan dengan berdiri atau duduk di atas batu yang berada di bawah area air terjun.

Di sekitar air terjun juga memiliki banyak pepohononan dengan daun hijau yang menambah nilai alami. Udara dan air yang berada di Air Terjun Lokomboro terasa sangat sejuk yang pastinya sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari ketenangan saat liburan.

Hal yang menjadi daya tarik lainnya yaitu terdapat sebuah air terjun yang keluar dari dalam mulut gua dengan lebar sekitar 4 meter yang memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter.

Aliran dari Air Terjun Lokomboro mengalir menuju suatu kolam kecil yang berada di mulut gua yang dibendung untuk keperluan irigrasi dan juga pembakitan listrik PLTMH.

Air Terjun Lokomboro, Tempat Bermeditasi dan Menenangkan Fikiran

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro – Foto @cellinetan

Udara segar, lingkungan yang masih sangat asri, jauh dari ramaian, suara air yang jatuh dari tebing bisa menjadi terapi meditasi yang sangat baik untuk memulihkan fikiran dan mood setelah capainya bekerja.

Air Terjun Lokomboro bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Ketika cuaca bersahabat maka berdiam diri dan menikmati segarnya udara menjadi nilai tambah sendiri untuk bisa mengunjungi Air Terjun Lokomboro ini.

Air Terjun lokomboro

Air Terjun lokomboro – foto milik @gilang_boban

Jika kalian memiliki rencana ingin berkunjung ke Air Terjun Lokomboro maka disarankan kalian membawa seorang pemandu wisata yang telah mengenal daerah-daerah atau tempat-tempat di pulau sumba dengan baik demi menjaga kenyamanan selama liburan di Pulau Sumba.

Hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata di Pulau Sumba masih minim dengan penunjuk arah sehingga diperlukan masyarakat sekitar sebagai penunjuk arah dan penuntun kalian selama liburan di Pulau Sumba.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

Berenang dan Berendam Di Kolam yang Berada di Bawah Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro – Foto @andinikeza

Berenang atau pun berendam di kolam yang berada tepat di bawah Air Terjun Lokomboro menjadi salah satu aktivitas yang bisa kalian lakukan dengan aman.

Segarnya air berpadu dengan udara yang masih sangat sehat menjadi alasan utama untuk melakukannya di sini. Memposisikan diri di bawah jatuhnya air terjun juga bisa menjadikannya pijat refleksi alami untuk menghilangkan stres dan rasa lelah yang dirasakan.

Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan orang tercinta ketika ingin berkunjung ke Air Terjun Lokomboro yang berada di Pulau Sumba ini. Nikmati keindahan lingkungan yang masih sangat alami sambil merelaksasikan tubuh dan fikiran kalian di air terjun indah ini.

Jangan lupa juga untuk mengambil foto untuk mengabadikan momen-momen berharga selama berlibur di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari alasan-alasan di atas, maka jadikan Air Terjun Lokomboro ini sebagai daftar destinasi wajib ketika berkunjung ke daerah ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x