5 Kuliner Khas Tambolaka yang Sangat Enak

Kuliner Khas Tambolaka – Apakah kamu sedang berada di Tambolaka? Tambolaka merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat Daya. Sumba Barat Daya merupakan kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata.

Namun di saat kamu sedang berlibur, kamu tidak boleh lupa mencicipi kuliner khas Tambolaka.

Kuliner khas  Tambolaka sangat enak dan unik sehingga kamu akan rugi jika tidak mencobanya dan berikut ini daftar kuliner khas tambolaka yang bisa kalian coba :

1. Ayam Rebus Kodi

Ayam rebus kodi, kuliner khas Tambolaka

Ayam rebus kodi, kuliner khas Tambolaka. Sumber: www.adventurose.com

Apakah kamu pecinta daging ayam? Daging ayam merupakan daging sangat digemari oleh seluruh lapisan masyarakat dan orang dari berbagai golongan usia.

Jika kamu menyukai ayam maka saat berkunjung ke Tambolaka kamu harus mencicipi kuliner khas Tambolaka yaitu ayam rebus kodi.

Sesuai dengan namanya, ayam rebus kodi terbuat dari ayam. Akan tetapi ayam yang digunakan bukanlah ayam lehor melainkan ayam kampung.

Jika dilihat sekilas, sajian ayam rebus kodi mirip dengan opor ayam. Kuah berwarna putih kekuning-kuningan. Jika di rasakanpun rasanya mirip dengan opor ayam.

Yang membedakan ayam rebus kodi dengan opor ayam yaitu rasa kuahnya. Kuah ayam kodi terasa lebih kental.

Jika kamu mencicipi kuliner khas Tambolaka ini kamu bisa menikmatinya dengan taburan bawang goreng sehingga rasanya semakin enak dan gurih. Ayam rebus kodi cocok dimakan dengan nasi hangat.

2. Teh Linno

Teh Linno kuliner khas Tambolaka

Teh Linno, kuliner khas Tambolaka. Sumber: www.adventurose.com

Teh linno merupakan kuliner khas Tambolaka yang sangat autentik dan tidak akan kamu dapatkan di daerah lain. Biasanya teh terbuat dari daun teh, namun teh linno terbuat dari tanaman linno yang memiliki nama ilmiah Grewia koordersiana Burret.

Tanaman linno ini memang sangat terkenal di Sumba dan multifungsi karena selain dapat diolah menjadi minuman, tanaman linno dapat digunakan untuk mengobati luka.

Teh linno memiliki rasa yang susah dideskripsikan karena rasanya begitu unik. Rasa teh linno cenderung tawar.

Jika kamu tidak menyukai rasa yang asing, kamu bisa menambahkan gula supaya lebih manis. Namun jika kamu ingin merasakan rasa yang original, jangan ditambahkan gula.

Untuk bisa mencicipi teh linno kamu bisa mengunjungi beberapa kafe di Tambolaka. Teh linno dapat kamu minum langsung atau di bawa pulang karena teh linno sudah ada yang dalam bentuk kemasan.

3. Ayam Rebus Wewewa

Ayam Rebus Wewewa, kuliner khas tambolaka

Ayam Rebus Wewewa, kuliner khas tambolaka – Sumber: travelingyuk.com

Bagi kamu yang menyukai ayam, Tambolaka merupakan tempat yang dapat memanjakan lidah kamu.

Hal tersebut disebabkan karena selain ayam rebus kodi, masih ada kuliner khas Tambolaka lainnya yang terbuat dari daging ayam yaitu ayam rebus wewewa.

Ayam rebus wewewa memiliki kesamaan dengan ayam rebus kodi yaitu daging ayam yang digunakan adalah ayam kapung.

Daging ayam kampung memiliki tekstur yang lebih kenyal dan keras jika dibandingkan dengan ayam lehor.

Akan tetapi dengan proses dan durasi memasak yang tepat, daging ayam kampung ini terasa cocok di lidah karena tidak terlalu kenyal dan keras.

Hal yang membedakan antara ayam rebus kodi dengan ayam rebus wewewa adalah kuah dari kuliner khas tersebut. Kuah ayam rebus wewewa bening karena proses pembuatannya tidak menggunakan santan.

Rasa dari ayam rebus wewewa sangat segar dan enak apalagi jika dinikmati saat masih hangat. Jika kamu ingin kuliner khas Tambolaka ini lebih nikmat, kamu bisa memberikan taburan bawang goreng.

baca juga : 

4. Okul

Okul merupakan kuliner khas Tambolaka yang biasa juga disebut tiwul oleh masyarakat Gunung Kidul, Yogyakarta. Okul terbuat dari bahan baku singkong.

Kuliner khas Tambolaka yang satu ini mampu bertahan beberapa hari meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih okul sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman-teman kamu. Okul tersedia dalam beberapa rasa yaitu original, keju dan cokelat.

5. Ro’o Luwa

Ro’o Luwa. Sumber: https://merahputih.com

Jika kamu mengunjungi Tambolaka kurang lengkap jika tidak mencoba Ro’o Luwa. Kuliner yang satu ini sangat terkenal di Sumba.

Ro’o luwa merupakan kuliner khas Tambolaka yang berbentuk bubur berwarna hijau. Ro’o luwa terbuat dari daun ubi atau daun singkong.

Ro’o luwa terbuat dari daun singkong yang ditumbuk lalu direbus dengan berbagai macam bumbu. Beerapa orang bisanya menambahkan santan  supaya lebih gurih.

Ada juga yang menambah beras saat daun singkong ditumbuk.

**

Itulah tadi beberapa makanan khas tambolaka atau kuliner khas tambolaka yang bisa kalian coba saat berkunjung ke kota di barat daya pulau sumba ini.

.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x