Bandara Tambolaka, Bandara Baru di Sumba Barat Daya yang Memukau

Bandara Tambolaka – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Ada banyak pulau di Indonesia yang menyajikan beragam pesona alam.

Salah satu pulau yang memiliki berbagai pesona alam yang menakjubkan adalah pulau Sumba. Untuk mencapai pulau ini maka diperlukan moda transportasi.

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang dapat menjadi pilihan kamu. Pesawat memiliki berbagai kelebihan yaitu dengan menggunakan moda transportasi pesawat, maka kamu akan lebih cepat sampai di tempat tujuan.

Selain itu jika kamu memilih moda transportasi pesawat, perjalanan kamu akan terasa lebih nyaman.

Bandara merupakan tempat untuk sebuah pesawat mendarat dan terbang. Pulau Sumba telah memiliki beberapa bandara.

Oleh sebab itu jika kamu ingin mengunjungi pulau Sumba tidak perlu khawatir karena sudah dapat diakses oleh pesawat.

Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka – foto ig @helen_wijayang

Seiring bertambahnya tahun, wisatawan di pulau Sumba semakin bertambah. Oleh sebab itu dibangun berbagai sarana yang mampu menujang sektor pariwisata.

Salah satu sarana yang baru dibangun adalah Bandara Tambolaka. Bandara ini adalah bandara yang baru saja dibangun.

Kecantikan Bandara Tambolaka akan mengalihkan dunia kamu. Oleh sebab itu simak ulasan berikut ini mengenai Bandara Tambolaka.

Lokasi Bandara Tambolaka dan Sejarahnya

Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka Sumber: www.kompasiana.com/rofinusdkaleka

Secara administratif, Bandar udara Tambolaka terletak di Tambolaka yang merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Oleh sebab itu, bandara ini mudah diakses karena teletak di ibu kota kabupaten.

Sebenarnya Bandar Udara Tambolaka sudah dibangun sejak zaman penjajahan Jepang, yaitu tahun 1945. Namun pada tahun 1982 bandara ini diperbaiki.

Perbaikan tersebut meliputi pengaspalan dan perbaikan landasan pacu untuk pesawat jenis kecil DC-3, Twin Otter dan Cassa.

Pada tahun 1996, bandara diperbaiki lagi yaitu memperpanjang landasan pacu sehingga pesawat berjenis Fokker 27 dapat mendarat.

baca juga :

pesawat mendarat di Bandara Tambolaka

pesawat mendarat di Bandara Tambolaka – foto ig @helen_wijayang

Pada tahun 2005, bandara ini diperbaiki lagi dengan cara melakukan penebalan dan memperpanjang landasan pacu mencapai 1600 meter sehingga mampu menampng pesawat jenis Fokker.

Pada tahun 2014, Bandara Tambolaka kembali diperbaiki bahkan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) RI, Bambang Susantono meninjau proses pembangunan.

Keindahan Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka

Dalam Bandar Udara Tamboloaka – Sumber bisnis.tempo.co

Pada saat Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) RI, Bambang Susantono meninjau proses pembangunan bandara, dia memuji keindahan bandara ini.

Menurut dia Bandara Tambolaka merupakan bandara paling indah dari semua bandara yang telah dia kunjungi.

Bandara Tambolaka merupakan bandara kelas 3 di Nusa Tenggara Timur. Meskipun bergitu, bandara ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Tambolaka Airport

Tambolaka Airport – foto ig @aaw.travellog

Design arsitektur dan interiornya mencerminkan kebudayaan masyarakat Sumba. Di dekat pintu utama bandara terdapat patung pasola yang mencerminkan pulau Sumba. Pilar-pilar dalam ruangan juga memiliki ukiran dengan motif khas Sumba.

Bandar udara Tambolaka memang mempresentasiakan pulau Sumba dan masyarakatnya. Jika kamu mengunjungi bandara ini maka mata kamu juga akan terpana melihat atap bandara yang mengadopsi design rumah adat Sumba, Uma Bokulu.

Fasilitas Bandar Udara Tambolaka

Selain memiliki design yang sangat menarik dan etnik, kamu akan dimanjakan olehh berbagai fasilitas yang ada di Bandar Udara Tambolaka.

cafe di bandara tambolaka

cafe di bandara tambolaka – foto ig @dapursumba

Ruang tunggu di bandara ini sudah memiliki AC sehingga kamu tidak akan gerah ketika sedang menunggu pesawat. Selain itu terdapat ruang tunggu VIP. Ruang tunggu VIP tentunya lebih bagus jika dibanding ruang tunggu biasanya.

Landasan pacu Bandara Tambolaka memiliki panjang 2300 meter sehingga dapat menampung pesawat jenis 737 seri 800. Hampir setiap hari Bandar Udara Tambolaka memiliki jadwal penerbangan.

Meskipun begitu jenis pesawat yang mendarat maupun terbang dari bandar udara ini terbatas. Maskapai yang ada di bandara ini adalah Garuda Indonesia, TransnNusa Air dan Wings Air.

spot foto di bandara tambolaka

spot foto di bandara tambolaka – foto ig @indrafreedom

Selain itu, pesawat kepresidenan RI juuga pernah mendarat di Bandar Udara Tambaloka.

Itulah keindahan dari Bandar Udara Tambolaka . Selain indah bandar udara ini sangatlah rapi dan bersih. Kenyamanan penumpang dan calon penumpang sangat di utamakan.

Bandara merupakan tempat pertama yang di kunjungi ketika ingin bepergian ke suatu tempat. Beberapa orang akan menilai sesuatu berdasarkan apa yang dia lihat pertama kali.

Oleh sebab itu penting untuk memberikan kesan menarik bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke bandar udara ini. Selain itu penting juga memberikan kesan yang baik bagi orang yang akan pergi meninggalkan Tambolaka.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x