Rekomendasi 5 Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia – Siapa yang tidak takjub dengan keindahan dari pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Semenjak 2 – 3 tahun belakangan ini nama Sumba sedang naik daun karena banyak dari travel influencer yang berbondong bondong pergi ke Sumba untuk menaikan popularitas dari pulau Sumba tersebut.

Selain itu, nama Sumba naik juga karena beberapa film layar lebar yang melakukan syuting di pulau ini. Seperti Pendekar Tongkat Emas, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, dan film Susah Sinyal yang sudah ditonton lebih dari 2 juta kali.

Faktor tersebut membuat pamor dari Sumba kian melejit di lini masa. Dari tahun ke tahun wisatawan yang mengunjungi Sumba terus menaik. Banyak pengunjung yang berdecak kagum dengan keindahan dari pulau Sumba Nusa Tenggara Timur ini.

Tempat wisata untuk Orang Tua dan Lansia di Sumba

Tempat wisata untuk Orang Tua dan Lansia di Sumba – foto ansuransitravelonline

Hal tersebut membuat semua orang ingin mengunjungi Sumba untuk menikmati kendahan alam dan juga budayanya. Dari remaja hingga orang tua pun tertarik ntu mengunjungi Sumba.

Banyak para wisatawan yang ingin mengajak orang tuanya yang bisa dikatakan sudah lansia untuk mengunjungi Sumba. Tapi kebanyakan dari mereka takut karena mengingat bahwa medan di Sumba yang belum terlalu ramah untuk wisatawan, khususnya orang tua lanjut usia.

Hal itu bukan tanpa sebab, faktor yang mereka takuti adalah destinasi wisata satu dengan yang lain memiliki jarak yang lumayan jauh, kontur jalanan yang kurang bagus, dan tempat wisata yang harus melalui perjalanan jauh untuk mencapai tempatnya.

Hal itu memang benar adanya, tetapi kamu jangan takut untuk tidak bisa membawa orang tua mu untuk jalan – jalan ke Sumba, karena sekarang akan kita bahas 5 Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia yang nyaman dan juga aman.

5 Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

1. Pantai Pandadita

Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia yang pertama adalah Pantai Pandadita yang terletak di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Sumba, NTT.

Pantai yang lebih dikenal dengan nama pantai Manubara – Pandadita ini memiliki letak yang cukup strategis, karena letaknya yang dekat dengan jantung kota Sumba Timur dan dekat dengan bandara.

Mengapa pantai ini kami rekomendasikan? Karena pantai ini berlokasi di dekat bandara, sehingga tidak terlalu jauh perjalanannya jika kamu membawa orang tua mu yang lansia.

Walaupun pantai ini berukuran tidak terlalu luas, namun pantai ini cocok dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga sembari menikmati buah kelapa segar yang dijual di tepi pantai. Selain itu juga kita bisa melihat aktifitas nelayan dari pantai ini.

Pantai Padadita, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

Pantai Padadita, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia – sumber : pinterest

Selain letaknya yang strategis, keunggulan lain dari pantai ini adalah dekat pantai terdapat hotel.

Kamu bisa booking hotel ini dan mengajak orang tua mu melihat keindahan sunset pantai ini dari balkon kamar hotel yang berhadapan langsung dengan laut, sehingga para lansia tidak harus lelah turun ke pantai untuk melihat sunset.

2. Bukit Hiliwuku

Bagi orang tua kalian yang menyukai wisata sedikit tantangan berupa pemandangan alam, mungkin Tempat Wisata Sumba Bukit Hiliwuku ini cocok dijadikan refrensi tujuan.

BukitHiliwuku ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletabis. Semua orang takjub dengan keindahan jajaran bukit yang bergelombang mempesona.

bukit hiliwuku

pesona keindahan bukit Hiliwuku, sumber : IVACANZA

Bukit ini terletak di desa Hiliwuku, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Dan berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur, Waingapu.

Tempat ini direkomendasikan karena letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan posisinya yang di pinggir jalan sehingga para lansia bisa menikmati keindahan bukit ini tanpa harus ribet keluar dari mobil.

Tempat wisata ini juga masih terbilang sepi, jadi tempatnya tenang cocok sekali bagi orang tua yang sekedar ingin menyepi dan menikmati.

Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah ketika sore hari untuk melihat hamparan perbukitan yang indah atau malam hari ditemani gugusan bintang yang gemerlap.

3. Pantai Walakiri

Pantai ini terletak di Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini juga berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota, berjarak sekitar 24 kilometer. Pantai ini terletak tak jauh dari jalan raya dan dekat pemukiman warga.

Pantai Walakiri Sumba, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

Pantai Walakiri Sumba, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

Pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi lansia karena medan yang ditempuh untuk ke pantai ini yang tidak sulit. Pantai ini adalah tempat terbaik untuk menikmati Sunset di Sumba.

Beberapa hamparan pohon mangrove manambah keindahan dari pantai Walakiri ini membuat siapapun yang berada didekatnya pasti ingin mengabadikan moment indahnya.

Walaupun terletak dekat pemukiman warga, para pengunjung tidak perlu membayar jika masuk ke pantai ini alias gratis.

4. Kampung Adat Praijing

Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia yang satu ini cocok bagi mereka yang menyukai wisata Budaya. Salah satu kampung adat yang harus kalian kunjungi adalah Kampung Adat Praijing.

Kampung Adat Praijing ini terletak di Desa Tebara, Kecamatan Waikabukak, Kabupaten Sumba Barat, Sumba, NTT. Di kampung ini terdapat 38 rumah adat khas Sumba yang sudah ada sejak dahulu kala.

Kampung Adat Praijing, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia

Kampung Adat Praijing, Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia – Sumber : Lifestyle okezone

Dirumah ini pengunjung akan disambut dengan berbagai macam prosesi adat yang masih ada sampai sekarang. Masyarakat di desa ini juga ramah dan membuat para lansia yang berkunjung ke sini merasa nyaman. Para lansia juga bisa diajarkan menenun kain khas Sumba.

5. Nihiwatu Resort

Tempat Wisata Sumba Untuk Lansia yang terakhir adalah Nihiwatu Resort. Sebenarnya ini adalah tempat penginapan di tepi pantai biasa. Namun tahun 2016 resort ini menjadi hotel terbaik di dunia.

Nihiwatu Resort

nihiwatu resort. sumber : Word of wanderlust

Hotel mewah berkelas internasional ini berlokasi di tepi pantai Nihiwatu Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Hotel terbaik ini belum banyak orang yang tahu. Untuk menginap di hotel ini kamu harus membayar mulai dari 8 juta permalamnya.

Walaupun terkesan mahal, anda akan disuguhkan pemandangan indah pantai Nihiwatu yang bisa dilihat dari resort ini. fasilitas yang diberikan juga tak kalah mewah membuat orang tuamu betah di sini.

Itulah 5 tempat rekomendasi di Sumba yang ramah untuk para lansia. Bagaimana, sudah siap belum bawa orang tuamu jalan-jalan ke Sumba?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x