Tanjung Mahera Sumba, Spot Terbaik Melihat Sunset Pantai Mbawana

Tanjung Mahera – Pesisir pantai ataupun tanjung memang memiliki nilai pesonanya tersendiri. Hamparan karang dan dataran di sekitar pantai menjadi hiasan alam yang penuh dengan nilai keindahan.

Tidak lengkap rasanya ketika mengunjungi Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur tanpa mengunjungi Tanjung Mahera. Tanjung yang dijuluki “surga tersembunyi” ini menawarkan suasana pesisir pantai dan laut yang memiliki air yang sangat jernih.

mahera

Tanjung Mahera – Foto @melissa_suryaningtyas

Dijuluki sebagai “surga tersembunyi” dikarenakan Tanjung Mahera berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Tambokala. Perjalanan menuju tanjung ini adalah sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Tanjung Mahera juga sering disebut sebagai “Tanjung Radar” karena terdapat pos radar milik TNI AU di dekatnya. Tanjung Mahera mungkin masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan lokasinya yang terisolir namun tanjung ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan destinasi wisata terkenal lainnya di Pulau Sumba.

Tebing Tinggi yang Menjadi Daya Tarik Utama Tanjung Mahera

Tebing-tebing yang tinggi menjadi daya tarik utama dari Tanjung Mahera di Pulau Sumba ini. Dari tebing-tebing ini kalian bisa dengan mudah melihat keindahan air laut yang biru dari Pantai Mbawana.

Tebing-tebing karang ini berkelok mengikuti lekukan bukit. Terdapat pepohononan tinggi yang memiliki daun hijau yang menambah nilai eksotisitas tanjung ini.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

mahera1

Tanjung Mahera – Foto @dinadayslife

Deretan tebing-tebing karang ini juga saling menyambung satu sama lain sampai ke Pantai Watu Maladong. Kalian bisa melihat pantai yang berpasir putih dari kaki tebing.

Terdapat suatu pemandangan unik di tanjung ini yaitu terdapat sebuah batu karang di dekat tepi pantai yang berlubang di bagian tengah.

Karang tersebut mencerminkan pintu gerbang untuk dapat menyusuri keindahan pantai yang berpasir putih yaitu Pantai Mbawana.

Menikmati Keindahan Pantai Mbawana dari Tanjung Mahera

Ketika kalian menaiki tebing-tebing karangnya, maka akan dengan sangat mudah untuk menikmati keindahan laut dan pantai Mbawana. Seluruh pemandangan indahnya bisa dilihat secara jelas dan luas dari ketinggian.

mahera2

Tanjung Mahera – Foto @timetravellers.indo

Angin yang cukup kuat dan suara ombak yang bergemuruh bisa menjadi sarana relaksasi alami untuk kesehatan emosional.

Tanjung ini sering dijadikan tempat singgah sementara oleh wisatawan yang ingin melancong ke Pantai Mbawana dan Pantai Watu Maladong.

Beristirahat sementara sebelum menuju destinasi wisata lainnya menjadi aktivitas yang bisa kalian lakukan di tanjung ini.

Nikmati Keindahan Sunset dari Ketinggian Tebing Tanjung Mahera

mahera3

Sunset Tanjung Mahera – Foto @margresiakarim

Suasana matahari terbenam atau sunset merupakan daya tarik yang sangat unik dari tanjung ini. Warna dan guratan oranye dari langit dapat sangat nampak jelas terlihat oleh mata di atas ketinggian tebing-tebing.

Pantulan cahaya dari matahari juga berpedar dengan indah ke arah laut dan pantai. Momen ini jangan sampai terlewatkan oleh wisatawan. Terdapat banyak lokasi-lokasi strategis dari tebing ini yang bisa wisatawan jadikan spot foto yang sangat instagramable. 

Yang perlu kalian lakukan adalah naik ke tebing-tebing karang pada sore hari kemudian bisa duduk santai sambil menunggu waktunya terbenam matahari. Ketika matahari mulai terbenam, siapkan gaya terbaik kalian untuk bisa diabadikan melalui kamera.

Berfoto di Batu Karang Berlubang

Karena lokasinya yang sangat dekat dengan Pantai Mbawana, maka kalian juga bisa mengunjungi karang batu yang berlubang ini. Duduk di batu karangnya sambil melihat ke arah laut menjadi gaya yang sangat cocok untuk kalian abadikan.

Baca Juga ya :

mahera4

Karang Berlubang – Foto: @mam4thar

Batu karang berlubang ini layaknya pintu gerbang yang menunjukkan pintu masuk ke keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Mbawana dan lingkungan di sekitarnya.

Dari alasan-alasan di atas, Tanjung Mahera menjadi salah satu destinasi wajib yang wisatawan harus kunjungi ketika berwisata ke Pulau Sumba.

Letaknya yang berada di antara dua pantai terkenal yaitu Pantai Mbawana dan Pantai Watu Maladong menjadikan Tanjung Mahera ini sebagai tempat transit yang paling tepat jika wisatawan ingin berkunjung ke beberapa pantai yang ada di sekitar Pulau Sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x