Sayur Ka’pu Pantunnu, Sayur Jantung Pisang Khas Sumba

Sayur Ka’pu Pantunnu – Sumba menjadi sebuah pulau yang sangat populer dengan adanya tempat wisata pantai, gunung dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, Sumba juga dikenal sebagai negeri yang kaya akan budaya dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah air terjun Hirumanu Sumba. Memungkinkan kalau anda bisa mendapatkan liburan yang seru dan menyenangkan.

Bukan hanya itu saja, di Sumba juga terdiri dari berbagai hidangan yang tradisional dan bisa dicobai oleh anda. Makanan khas Sumba terdiri dari beragam macam jenis makanan, baik itu makanan ringan hingga makanan berat. Anda dapat mencicipi makanan-makanan khas Sumba ketika anda berada disana. Untuk mencari makanan apa yang dapat dicoba, anda bisa mencarinya di Google.

Baca juga ya:

Sayur Ka'pu Pantunnu

Sayur Ka’pu Pantunnu – Sumber merahputih.com

Salah satu makanan tradisional dari Sumba adalah sayur Ka’pu Pantunnu. Sayur inilah yang menjadi sebuah makanan berjenis sayur yang sangat bermanfaat untuk anda. Menurut sumber yang telah ditemukan, sayur ini menjadi salah satu jenis makanan sayur pendamping dari karbohidrat. Perlu diketahui oleh anda kalau sayur yangbernama Ka’pu Pantunnu ini menjadi salah satu olahan jantung pisang.

Nah, jika anda ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang sayur ini, mulai dari bahan-bahannya hingga proses pengelolahannya. Maka, anda dapat melihat pada ulasan yang sudah ada dibawah ini.

Tentang Sayur Ka’pu Pantunnu

Ka’pu Pantunnu merupakan makanan khas bagi warga masyarakat yang berada di Sumba, tepatnya kabupaten Sumba Barat. Makanan ini menjadi sebuah sayur olahan terfavorit bagi masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Yang membuat sayur ini menjadi lebih menarik dan unik adalah, bahan utamanya terbuat dari Jantung Pisang yang akan ditumis.

Baca juga ya:

Sayur Ka'pu Pantunnu

Sayur Ka’pu Pantunnu – Sumber cookpad.com

Jenis kuliner sayuran yang seperti ini termasuk pada kulineran yang turun temurun, dan memiliki rasa yang berbeda dengan makanan sayur-sayuran lainnya. Para emak-emak atau ibu-ibu yang ada disana berusaha untuk membuat jantung pisang sebagai keperluan dari makanan sehari-harinya, baik itu untuk keluarganya maupun diri sendirinya. Inilah yang menjadi alasan kenapa sayur ini bermakna bagi warga masyarakat yang ada di Sumba.

Dilihat dari usaha ibu-ibu, tak heran kalau sayur Ka’pu Pantunnu ini menjadi salah satu makanan khas dari pulau Sumba. Penggunaan bumbu serta rempah biasanya disandarkan dengan hasil serta bahan yang tersedia di sekelilingnya. Ciri khas dari sayur ini adalah datang dari aromanya yang wangi, dimana wanginya berasal dari aroma daun kemangi.

Bahan Sayur Ka’pu Pantunnu

Pada umumnya, sayur Ka’pu Pantunnu yang berasal dari Sumba ini berbahan baku utama yakni sayuran bunga yang berupa brokoli ataupun kol dan juga pisang maupun jantung pisang. Bukan hanya itu saja, untuk proses pembuatan sayur ini juga membutuhkan beberapa bahan-bahan yang lainnya, sebagai berbagai jenis bahan yang lainnya adalah daun pepaya serta daun singkong dan juga minyak goreng hingga parutan kelapa.

Sayur Ka'pu Pantunnu

Jantung Pisang adalah salah satu bahan dari Sayur Ka’pu Pantunnu – foto milik @Ikayuniarti

Anda juga harus tahu kalau sayur ini dapat di oleh anda dengan dua teknik yang berbeda. Untuk rempah-rempah dalam pembuatan sayur yang satu ini terdiri dari beberapa rempah-rempah. Nah, rempah-rempahnya seperti lada atau sahang, lengkuas dan juga serai maupun terasi. Selain itu, sebelum anda membuatnya, pastikan anda sudah menyediakan daun jeruk, daun salam, bawang merah dan cabai.

Proses Pengelolahan Sayur Ka’pu Pantunnu

Seperti yang sudah disebutkan tadi diatas kalau sayur Ka’pu Pantunnu ini memiliki dua teknik pembuatan sehingga bisa mendapatkan hasil yang enak. Teknik pembuatannya bisa dilakukan dengan cara ditumis dan dibakar, tentu saja rasa dari sayur tersebut bisa bercampur aduk saat di mulut anda. Sayur ini sangat cocok untuk disajikan dengan nasi, baik itu nasi putih maupun nasi milu.

Baca juga ya:

Sayur Ka'pu Pantunnu

Proses Pembuatan Sayur Ka’pu Pantunnu – foto milik @Djito Kasilo

Yang paling pertama untuk membuat sayur ini adalah anda dapat meyiapkan jantung pisang untuk dibakar terlebih dahulu, dan kemudian anda dapat memotongnya dengan cara yang kecil-kecilan. Sesudah itu, campurlah dengan parutan kelapa yang telah dipanggang. Dengan begitu, anda akan mencium wanginya yang khas banget dan disertai dengan potongan dari daun kemangi.

Adapun berbagai bumbunya akan ditumis, kemudian hasil potongan dari jantung pisang dapat dimasukkan kedalam tumisan tersebut. Langkah yang selanjutnya adalah anda dapat memasak kembali dengan cara seperti oseng-oseng. Namun, perlu diketahui oleh anda kalau parutan yang berasal dari kelapa bisa digunakan apabila dibakar dengan cara yang murni.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x