5 Kuliner Khas Sumba Barat Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Khas Sumba Barat – Siapa yang tak kenal provinsi NTT yang belakangan ini cukup banyak menyita perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari panorama alam hingga budaya telah menjadi perhatian para wisatawan.

Pulau NTT terkenal memiliki kondisi pariwisata yang masih asri. Begitu pula dengan kebudayannya yang unik. Salah satu daerah di NTT yang memiliki makanan khas yang menjadi avorit para wisatawan adalah Sumba Barat.

Kuliner khas sumba barat ini juga sudah menjadi masakan sehari-hari masyarat di sumba barat. Mengapa? Karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan.

Selain itu,cara memasaknya pun cukup sederhana. Biar gak penasarna, yuk langsung aja kita simak daftar kuliner khas sumba barat.

5 Kuliner Khas Sumba Barat

Adapun 5 kuliner khas sumba barat adalah sebagai berikut:

1. Manu Pata’u Ni

Dari gambarnya sudah terlihat betapa nikmatnya masakan yang menjadi kuliner salah satu dari 5 khas Sumba Barat. Adapun nama makanan ini adalah Manu Pata’u Ni.

Manu Pata'u Ni

Manu Pata’u Ni – foto lancang kuning

Masakan ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan campuran santan. Makanan inipun pernah dicoba oleh presiden Bapak Jokowidodo.

Tentunya masakan ini menjadi salah satu makanan yang biasanya disuguhkan untuk para tamu yang berkunjung ke daerah Sumba Barat.

Yang unik dari di makanan ini adalah pengunjung yang tidak menghabiskan makanannya diharuskan untuk membawa pulang makanan tersebut.

Bukan tanpa alasan kenapa cara ini wajib dilakukan yaitu agar saling menghargai dan tidak menyisakan makanan.

Baca juga artikel menarik lainnya tentan sumba di sini ya:

2. Nga’a Watary patau kabbe, Nasi Jagung Sumba

Nga'a Watary patau kabbe, Nasi Jagung Sumba

Nga’a Watary patau kabbe, Nasi Jagung Sumba – foto @andrianidyandra.sarilemon

Jenis makanan lain yang menjadi khas sumba barat adalah Nga’a Watary patau kabbe. Makanan ini lebih mirip seperti nasi jagung yang cocok dinikmati dengan lauk seperti ayam kampung.

Nasi jagung ini biasanya dicampur dengan tumbuhan lain seperti kacang-kacangan seperti kacang merah. Selain menjadi makanan khas sumba barat, nasi jagung juga menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Proses pembuatan nasi jagung ini pun sangat mudah yaitu dengan dimasak bersama dengan nasi putih yang dicampur dengan kacang-kacang merah.

3. Sayur Daun Ubi Khas Sumba

Sayur daun ubi dan santan khas Sumba

Sayur daun ubi dan santan khas Sumba – foto @detik.com

Siapa sangka bahwa daun ubi juga merupakan makanan khas sumba barat. Hanya saja daun ubi di sumba ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk dengan beras. Setelah itu direbus dan dicampurkan dengan santan. Enak disajikan selagi hangat.

Rasanya tak perlu ditanyakan lagi, daun singkong ini akan menciptakan cita rasa yang berstektur kental dengan rasa pedas yang ringan. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin karena mampu menghangatkan tubuh.

4. Sayur Rumpu Rampe

Satu lagi sayuran yang merupakan kuliner khas sumba barat yaitu sayur bumbu rampe.Sayur bumbu rampe ini biasanya disajikan dalam bentuk tumis.

Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe – foto milik @seirumpurampe

Sayur rumpu rampe ini biasanya diolah dengan daun singkong, daun pepaya atau kembang pepaya atau jantung pisang.

Sayur ini dapat dicampur dengan menggunakan berbagai macam jenis sayuran. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi sayur yang kaya serat, sayur rumpu rampe ini bisa banget menjadi pilihan.

5. Ka’pu Pantunnu, Kuliner Khas Sumba Barat yang lezat

Satu lagi nih khas sumba barat yang cukup enak. Makanan ini pun terbuat dari jantung pisang lho.Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu dengan dikabar dan diracik dengan campuran parutan kelapa yang sudah dipanggang.

Ka'pu Pantunnu, Makanan Khas Sumba

Ka’pu Pantunnu, Makanan Khas Sumba – foto @detik.com

Kamu bisa menambahkan daun kemangi untuk menambah keharuman masakan. Masakan ini sangat cocok dimakan dengan nasi jagung yang masih hangat.

Nah, membaca berbagai 5 kuliner khas sumba barat di atas bikin kamu mau berkunjung ke sumba barat kan? Yuk kunjungi sumba barat untuk menemukan berbagai macam keunikan dan keberagaman budaya nusantara.

Ajak keluarga maupun pasangan kamu untuk menjelajahi salah satu pariwisata yang masih asri di Indonesia. Gak perlu keluar negeri untuk mendapatkan pengalaman yang berharga bukan. Ke sumba barat aja yuk bersama kami! Di jamin menyenangkan

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x