6 Savana Paling Indah di Indonesia

Pernah melihat padang savana hijau yang luas dan menakjubkan?

Eits, kenapa jauh-jauh ke Afrika. Di Indonesia juga memiliki padang savana yang tidak kalah keren dengan di Afrika. Indonesia sebagai negara tropis memiliki keragaman vegetasi, mulai dari hutan hujan yang basah sampai padang savana yang kering.

Pada savana luas iitu merupakan salah satu keajaiban alam. Di musim kemarau, kamu akan menjumpai rumputan kering kemerahan karena sengatan sinar matahari, tapi begitu memasuki musin hujan, kamu akan menemukan padang menghijau yang mempesona. Hamparan rerumputan yang menyelimuti bukit-bulit yang sangat luas merupakan pemandangan alam yang paripurna.

Mari kita lihat 6 savana paling indah di Indonesia.

  1. Bukit Wairinding, Nusa Tenggara Timur

sumber: tehsusu.com

Bukit Wairinding merupakan padang rumput savana terluas di Indonesia dan mungkin juga merupakan padang savana yang paling terkenal. Bukit Wairinding terletak di desa Pambota Jara, Pandawai, Sumba Timur

Langskap perbukitan yang megah dan indah membuat bukit Wairindang sangat menakjubkan dilihat. Hamparan padang savana itu akan berwarna kuning saat kemarau dan berubah hijau saat musim penghujan. Di padang savana ini, kamu juga bisa melihat kuda-kuda liar  Sumba di alam bebas.

  1. Savana Baluran, Jawa Timur

Sumber: edubio.info

Little Africa in Java adalah nama lain Taman Nasional Baluran. Baluran terletak di Banyu Putih, kabupaten Situbondo. Baluran memiliki luas kurang lebih 25.000 hektar.

Di padang savana Baluran kamu akan disuguhi pemandangan hewan-hewan liar yang hidup dengan santai dan lestari seperti  banteng, ayam hutan, aneka burung, monyet, merak, kijang.  Hewan liar yang tejaga dan hutan hujan yang lestari membuat savana di taman nasional baluran sedikit berbeda dengan savana ditempat lain.

Sensasi hidup di padang savana bersama hewan-hewan liar yang seliweran di sekitar traveler, menjadi sensasi super keren dan menakjubkan.

  1. Savana Gunung Bromo, Jawa Timur

sumber: tourbromomurah.info

Padang Savana gunung Bromo dapat menjadi tempat terbaik untuk menyepi setelah menikmati hiruk pikuk perayaan tradisi masyarakat Tengger. Savana ini terletak di  Desa Sariwani, Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Padang savana yang luas ini terdiri dari bukit-bukit yang indah dan lembah yang luas disisi timur kawah gunung bromo menjadi panorama yang menakjukan. Jika cuaca sedang cerah dan kamu beruntung, dari bukit penanjakan, kamu bisa menikmati padang savana ini dengan background gunung Semeru, gunung  yang tertinggi di Jawa.

  1. Savana Sembalun, Nusa Tenggara Barat

sumber: trekkingrinjani.com

Savana Sembalun yang merupakan salah satu jalur dalam pendakian di gunung Rinjani. Padang savana ini adalah salah satu padang savana terbaik di Indonesia. Kamu akan dibuat takjub oleh keeksotisan padang savana sembalun. Lanskap padang rumput yang berlatar gunung Rinjani yang megah sangat memukau.

Sayangnya padang savana Sembalun terletak di ketinggian 1.934 di atas permukaan laut dengan medan yang berat. Bagi traveler yang tidak suka olah raga mendaki gunung, pasti sulit untuk menikmati keindahan padang savana Sembalun yang luar biasa.

  1. Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat

Sumber: bolehtanya.com

Pulau Kenawa terletak di Sumbawa Barat. Pulau ini tak berpenghuni ini permukaannya didominasi padang savana yang menawan. Traveler yang datang ke pulau ini memang bener-bener ingin berlibur di alam bebas. Karena itu tenda dan semua keperluan hidup di alam liar harus disiapkan sendiri. Jangan berharap menemukan penginapan di pulau seluar 13,8 hektar ini. Sebab yang kamu temukan hanya padang savana yang memuakau dan satu bukit kecil.

Namun bagi traveler yang suka berlibur di alam bebas, Pulau Kenawa merupakan surga kecil yang keren. Selain berkemah, kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang masih murni dan tentu saja menunggu sunset dan sunrise yang keren habis

  1. Sabana Cidaon di Taman Nasional Ujung Kulon

Sumber: nabolak.com

Padang sabana Cidaon terletak di Taman Nasional Ujung kulon, Banten. Padang sabana seluas 4 hektar ini merupakan tempat berkumpulnya hewan-hewan liar untuk mencari makan. Satwa liar seperti: babi, sapi, rusa, banteng, kijang, merak hijau, dan badak bercula satu merupakan penghuni taman nasional ini.

Jadi kamu berkunjung ke padang sabana Cidaon selain menikmati padang sabana yang luar biasa, kamu juga bisa melihat langsung hewan-hewan liar di habitat aslinya dan itu pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x