5 Alasan kenapa harus liburan ke sumba

Alasan kenapa harus liburan ke sumba – Indonesia bagian timur kini sedang mencuri perhatian masyarakat lokal maupun manca nagera. Salah satu alasannya adalah karena kondisi alam mereka yang masih sangat terjaga.

Salah satu daerah di NTT yang memiliki keindahan alam yang memukau adalah Pulau Sumba. Pulau sumba menawarkan momen liburan yang berkesan yang mungkin akan membuatmu tak ingin pulang.

Baca juga:

pantai walakiri

Pantai Walakiri

Destinasi yang dimiliki oleh Sumba biasanya terdiri dari padang savana, bukit-bukit, air terjun, desa adat, dan juga beraneka ragam pantai.

Bahkan, pulau sumba memiliki banyak destinasi yang sama sekali belum dieksplor dikarenakan masih terbatasnya akses-akses yang ada di Pulau ini.

Agar kamu makin tergerak untuk berkunjung ke pulau sumba, kamu bisa membaca beberapa Alasan kenapa harus liburan ke sumba dan mengapa Sumba menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

1. Masyarakat sumba yang ramah menyambut para wisatawan

Alasan kenapa harus liburan ke sumba yang pertama adalah karena Keramahan warga Sumba menyambut wisatawan yang datang.

Alasan kenapa harus liburan ke sumba

Warga Sumba menari menyambut wisatawan – Sumber: nativeindonesia.com

Kamu Jangan takut bahwa warga Sumba akan bersikap dingin, justru masyarakat khususnya sumba sangat ramah dan hangat kepada para wisatawan yang datang.

Mereka akan menyuguhkan keramahtamahannya dengan pengunjung yang menghormati adat setempat. Dengan syarat kamu harus mentaati aturan yang ada saat berkunjung ke desa adat maupun kampung adat.

Kemudian selalu sempatkan untuk mengajak warga setempat untuk berbincang-bincang.

2. Sumba Banyak Memiliki surga tersembunyi

Alasan kenapa harus liburan ke sumba yang kedua adalah karena pulau Sumba memiliki banyak tempat indah dan masih tersembunyi.

Jika kamu mencari tempat yang mampu menenangkan fikiranmu dan ingin mencari tempat yang menyegarkan mata, maka sumba adalah tempatnya. Salah satu tempat yang sangat menarik adalah danau weekuri.

tempat wisata di sumba Barat

Danau Wekuri, Tempat Wisata Di Sumba Barat – Sumber: voinews.id/

Danau ini menyimpan berbagai keunikan yaitu kamu bisa terapung di atas air karena air ini memiliki kadar garam yang tinggi.

Kemudian, airnya yang berwarna biru tosca akan memanjakan pandanganmu lho. So, dijamin gak akan pengen cepat-cepat pulang.

4. Pulau Sumba Banyak Memiliki kampung adat yang unik

Yang ketiga alasan kenapa harus liburan ke sumba adalah karena Sumba memiliki begitu banyak budaya salah satunya rumah adatnya yang unik.

Baca Juga ya : Kunjungi 10 Kampung Adat di Pulau Sumba yang istimewa

Desa adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro – Sumber: sociolla.com

Jika ingin melihat keberagaman adat di nusantara, maka mengunjungi kampung adat di sumba adalah pilihan yang tepat.

Kebetulan kampung adat yang ada di sumba ini tersebar di berbagai wilayah dan kamu tak akan bisa untuk datang sekali waktu untuk mengunjungi seluruh kampung adat yang ada di sumba.

Nah yang bikin uniknya lagi adalah saat tradisi pernikahan dan kematian bisa diselenggarakan selama satu bulan penuh di salah satu kampung. Nah bisa banget nih menjadi wadah untuk kamu yang hobi dengan budaya di Indonesia.

5. Di Sumba Ada resor terbaik di dunia yaitu di Nihiwatu

Selain terkenal akan budaya dan wisata alamnya yang indah, ternyata salah satu Alasan kenapa harus liburan ke sumba adalah karena di Pulau ini banyak sekali penginapan atau resot yang mewah.

hotel keluarga di sumba

hotel keluarga di Sumba, nihiwatu resort. sumber : Word of wanderlust

Resor memang paling pas bila berdiri di sebuah pegunungan serta wisata pantai. pulau ini menjadi rumah bagi salah satu resor terbaik dunia yang berada di Nihiwatu.

Jika kamu berkesempatan untuk menginap di resor ini, kamu dapat mengakses Pantai Nihiwatu yang sering dijadikan lokasi berselancar.

Dengan panjang pantai hingga 2,5 kilometer, kamu bisa menaiki perahu menyusuri daerah teluk Pantai Konda Maloba ataupun snorkeling.

Nah, karena lokasi ini cukup tersembunyi, pantai ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan suasana sepi serta private saat bersantai.

5. Pulau Sumba Memiliki banyak air terjun yang indah

Alasan kenapa harus liburan ke sumba yang terakhir adalah karena di pulau Sumba banyak sekali wisata air terjun yang beragam bentuknya dan keindahanya.

Baca Juga : Inilah 5 Air Terjun Keren Di Sumba Yang Harus Dikunjungi

Air Terjun Wai Marang

Air Terjun Wai Marang Sumba Timur (Sumber: instagram/jeaslinelinn)

Pulau Sumba juga merupakan tempat bagi air terjun yang sangat indah. karena kondisi alam yang masih sangat terjaga. air terjun di sumba masih sangat segar untuk dijadikan tempat pelepas penat dan lelah.

Adapun air terjun indah yang ada di sumba adalah Lapopu, Tanggedu, Matayangu, Matayangu, dan masih banyak lagi. Meski begitu, untuk menikmati pemandangan air terjun tersebut harus melewati jalan yang cukup menantang. namun sesampainya kamu di sana lelahmu akan dibayar setimpal.

Jika kamu ingin berenang atau menikmati leboh banyak air terjun tersebut sebaiknya jangan lupa untuk membawa pemandu agar kamu selalu aman ya guys.

Nah, itulah 5 Alasan kenapa harus liburan ke sumba. Dengan alasan yang sudah dipaparkan di atas, apakah kamu sudah  berniat dan segera memesan paket liburan untuk berkunjung ke sumba bersama keluarga atau pasangan kamu?

Pulau sumba sudah menanti untuk segera memanjakan kamu dengan keindahan alam maupun dengan budayanya yang sangat unik. Cocok menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi kamu dan keluarga.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x