5 Makanan Khas Sumba yang Enak

Berlibur di pulau Sumba belum lengkap jika kamu tidak mencicipi makanan khas Sumba. Tidak hanya terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah, Sumba juga memiliki berbagai makanan khas yang enak.

Makanan khas Sumba ini selain enak namun sehat karena terbuat dari bahan baku yang penuh gizi dan tidak menggunakan pengawet.

Penasaran dengan makanan khas Sumba? Yuk simak ulasan berikut ini supaya menjadi referensi kamu dan ketika sedang berkunjung ke Sumba kamu tidak kebingungan ingin makan apa.

1. Sup Ayam Waingapu

Makanan khas Sumba Sup Ayam Wangiapu. Sumber: https://travel.tribunnews.com

Sesuai dengan namanya, sup ayam waingapau merupakan makanan khas Sumba yang berasal dari Waingapau, Sumba Timur. Jika dilihat sekilas, sup ini terlihat dengan sup pada umumnya.

Akan tetapi jika kamu sudah mencobanya kamu akan terkejut dengan rasanya. Rasa sup ayam waingapu sangatlah enak dan kaya akan bumbu. Rasanya segar, gurih dan sedikit asam.

Makanan khas Sumba yang satu ini biasanya disajikan dengan satu ekor ayam yang dimasak utuh. Daging ayam tersebut dimasak hingga empuk serta ditambah berbagai bumbu seperti tomat dan belimbing.

Untuk mendapatkan daging ayam yang empuk dan bumbu yang dapat meresap ke daging maka dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sup ayam waingapu cocok kamu santap dibagi hari karena kuahnya yang hangat akan menambah kesegaran.

2. Bokosawu Nyale

akanan khas Sumba bokosawu nyale. Sumber: instagram.com

Apakah kamu ingin mencoba makanan khas Sumba yang unik?

Jika iya kamu harus mencoba bokosawu nyale. Selain unik, makanan khas Sumba yang satu ini cukup ekstrim.

Dikatakan ekstrim karena bokosawu nyale terbuat dari cacing laut yang dicampur dengan sambal khas Sumba dan daun kemangi. Kemangi berfungsi untuk menghilangkan aroma cacing.

Bokasawu Nyale biasanya disajikan pada saat upacara adat Bau Nyale. Bau berasal dari bahasa Sasak yang memiliki arti menangkap dan Nyale berarti cacing laut. Sehingga Bau Nyale merupakan upacara adat menangkap cacing laut.

Meskipun tergolong makanan yang ekstrim, makanan khas Sumba ini memiliki cukup banyak peminat karena rasanya yang enak.

Tekstur cacing laut yang kenyal dibalut dengan bumbu khas Sumba akan membuat kamu tidak akan berhenti memakannya.

3. Jagung Titi

makanan khas Sumba jagung titi. Sumber: tabloidsinartani.com

Selain makanan khas yang tergolong makanan berat, Sumba juga memiliki camilan yang enak. Salah satu camilan enak khas Sumba yaitu jagung titi.

Selain dijadikan sebagai camilan, kamu dapat menggunakan jagung titi sebagai menu diet karena dalam proses memasak, jagung digoreng tanpa minyak.

Makanan khas Sumba ini dinamakan jagung titi karena setelah digoreng, jagung dititi atau ditumbuk. Jagung dititi menggunakan batu khusus yang berbentuk datar. Setelah bentuk jagung menyerupai emping maka jagung bisa langsung dimakan

Cita rasa jagung titi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan popcorn karena memiliki bahan baku yang sama yaitu jagung.

Saat ini jagung titi tidak hanya tersedia dengan satu rasa saja yaitu original. Akan tetapi saat ini jagung titi telah memiliki variasi rasa seperti pedas atau manis.

4. Kue Rambut

makanan khas Sumba kue rambut. Sumber: https://food.detik.com

Kue Rambut merupakan makanan khas Sumba yang memiliki nama lain jawada. Sesuai degan namanya, kue rambut memiliki bentuk seperti kumpulan rambut. Kue rambut sangat cocok kamu jadikan camilan ketika sedang berkumpul dengan keluarga atau teman.

Kue rambut memiliki cita rasa yang manis  dan crispy ketika disantap. Suara renyah ketika kamu menggigitnya akan menambah kenikmatan kue ini. Kue rambut dibuat dengan cara digoreng lalu diberi gula merah.

5. kue Manggulu

makanan khas Sumba manggulu. Sumber: idntimes.com

Manggulu merupakan makanan khas Sumba di kawasan Sumba Timur. Kue mangkulu mempunyai sejarah bagi masyarakat Sumba karena merupakan kue yang disukai oleh prajurit Belanda.

Kue manggulu terbuat dari bahan baku pisang. Pisang dikeringkan bersama bahan-bahan lainnya seperti kacang dan kemudian diolah sedemikian rupa. Tekstur kue khas Sumba ini hampir mirip dengan dodol.

Kue manggulu dibungkus kecil-kecil menggunakan daun pisang yang sudah kering. Kue manggulu cocok dijadikan oleh-oleh karena mampu tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet

Itulah makanan khas Sumba yang sangat enak. Mana yang ingin kamu coba?

Jangan lupa untuk mencoba semua makanan di atas ya. Makanan-makanan tersebut tentunya hanya sebagian dari banyaknya makanan khas Sumba lainnya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x