5 Toko Oleh Oleh Khas Sumba yang Layak Disinggahi Traveler

Toko oleh oleh Khas Sumba cukup banyak. Di sanalah traveler bisa membeli buah tangan untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Jika pintar menawar biasanya turis akan mendapatkan harga murah dan diskon.

Toko oleh oleh Khas Sumba

Toko oleh oleh Khas Sumba//Tripintotour

Bagi kamu yang masih belum memiliki daftar toko silakan baca list di bawah. Jika perlu masukkan ke catatan perjalanan supaya ketika tiba di Sumba tidak bingung pasal tempat membeli cendera mata, kue dan selainnya. Ini toko yang dimaksud:

1. Toko Oleh Oleh Khas Sumba

Toko Oleh Oleh Khas Sumba

Toko Oleh Oleh Khas Sumba//Googlemap

Toko “Oleh Oleh Khas Sumba” adalah gerai cendera mata yang cukup terkenal di Sumba. Tidak jarang turis asing maupun lokal mampir ke tempat ini hanya untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Di sini penjual membebaskan pengunjung untuk menawar cindera mata. Jika cocok biasanya produk langsung dikemas dengan rapi. Jika beruntung pelanggan pertama akan mendapatkan bonus dan harga diskon.

Toko “Oleh Oleh Khas Sumba” berada di Unnamed Road Maliti Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur. Sebuah kawasan yang memang dikenal sebagai sentra perdagangan terkemuka di Sumba.

2. Toko Utama NTT

Toko Utama Sumba

Toko Utama Sumba//Daonlontar

Toko oleh oleh khas Sumba yang ke dua adalah Toko Utama NTT. Ini merupakan gerai yang sebagian besar menjual oleh-oleh dalam bentuk penganan kemasan. Salah satu produk unggulan adalah kopi khas Sumba yang terkenal kental dan harum.

Semua oleh-oleh di toko ini dijual dengan harga terjangkau. Memang sedikit di atas rata-rata dibandingkan tempat lain tetapi dari segi mutu tidak akan mengecewakan. Maka dari itu Toko Utama NTT tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jika ingin membeli oleh oleh di toko ini silakan datangi alamat Jalan Jenderal Ahmad Yani No 97 Kambaniru Kambera Kamalaputi Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur.

3. Kampung Adat Raja Prailiu

Kampung Adat Raja Prailiu

Kampung Adat Raja Prailiu//Poskupang

Toko oleh oleh khas Sumba yang juga terkenal ada di Kampung Adat Raja Prailiu. Di sini berdiri banyak gerai sederhana yang menjual bahan kerajinan khas Pulau Sumba. Salah satu yang menjadi ikon adalah kain tenun khas Sumba yang mendunia.

Di tempat ini kamu juga bisa memilih aneka aksesoris adat yang dijual dengan harga terjangkau. Maka dari itu jika sedang ke Kampung Adat Raja Prailiu jangan lupa untuk membawa budget yang banyak.

Kampung Adat Raja Prailiu sendiri berada di Kabupaten Sumba Timur. Kamu tidak akan bingung untuk menemukannya karena lokasi dijadikan sebagai destinasi wisata yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat Sumba.

4. Kampung Lambanapu

Kampung Lambanapu

Kampung Lambanapu//Indonesiatouristnews

Kampung yang juga menjadi sentra perdagangan di Pulau Sumba adalah Kampung Lambanapu. Di sini pengunjung tidak hanya bisa membeli makanan kemasan, tetapi juga banyak souvenir yang lain seperti hiasan dari tanduk kerbau dan kain tenun.

Untuk kain tenun Sumba Kampung Lambanapu adalah pusatnya. Bahkan di sini pengunjung juga bisa melihat dari dekat cara membuat kain tenun khas Sumba yang memiliki ciri khas unik.

Karena langsung dari tangan pembuatnya pengunjung bisa mendapatkan harga murah. Yang penting bisa menawar dengan bagus. Urusan kualitas juga tidak kalah dengan kain tenun yang dijual di kota.

5. Rumah Budaya Sumba

Rumah Budaya Sumba

Rumah Budaya Sumba//Travelkompas

Tempat untuk belanja oleh-oleh khas Sumba yang terakhir adalah Rumah Budaya Sumba. Sebuah museum yang cukup terkenal karena memiliki banyak koleksi benda peninggalan budaya Sumba dari berbagai generasi.

Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat benda artistik seperti senjata perang, pakaian adat, foto-foto masyarakat Sumba jaman dulu dan benda-benda antik lainnya. Tetapi turis juga bisa membeli cenderamata yang digelar di luar ruangan.

Jika sedang ke Sumba dan sudah ingin pulang jangan lupa mampir ke Rumah Budaya Sumba. Letaknya di Waitabula Kabupaten Sumba Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Itulah beberapa toko oleh oleh khas Sumba yang cukup terkenal. Jika ingin yang lebih simpel tinggal mendatangi pasar tradisional saja. Di sana juga banyak pedagang yang menjajakan cindera mata dengan harga murah.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x