Pulau Salura, Tempat Wisata di Sumba Yang Jarang Terekspose Media

Pulau Salura – Berbicara pulau Sumba tentu yang terbayang adalah keindahan alam serta panoramanya. Begitupun dengan Pulau Salura yang berada di Sumba yang menyimpan keindahan yang tak terlupakan.

Pulau yang termasuk Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur ini memang daerah yang terluar dari negara kita dan berada di perbatasan dengan Australia, atau sekitar 800 mil dari Australia.

Pulau Salura memiliki pesona keindahan seperti objek-objek wisata lainnya di Pulau Sumba yang terkenal dengan garis pantainya yang indah serta panorama bukitnya yang mempesona.

Destinasi wisata di pulau Salura

Pantai Pulau Salura

Pantai Pulau Salura – foto ferdinantalujawa.wordpress.com

Pulau Salura bisa menjadi pilihan liburan dengan keindahan yang tak kalah dari destinasi wisata lainnya di Pulau Sumba.

Panorama yang ditampilkan memang akan membuat kita terkagum-kagum, pantainya yang indah serta bukit-bukitnya yang eksotis tak akan pernah kita berhenti untuk mengucapkan keagungan sang pencipta.

Destinasi utama pulau Salura adalah hamparan pasir putih di pinggir pantai yang sangat indah karena jarang di jelajah wisatawan serta warna air pantai yang sangat jernih.

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – foto @danielrobertsianturi

Selain itu kita bisa melihat dua pulau lainnya yakni Pulau Kotak dan Pulau Menggudu yang tidak berpenghuni dari atas bukit. Tentu pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati.

Pulau yang hanya berpenduduk sekitar kurang lebih 600 jiwa ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Hanya saja mungkin jarak yang terlalu jauh dari pusat kota atau daerah sekitarnya.

wisata di Pulau Salura Sumba

wisata di Pulau Salura Sumba – foto @bintangbanyubiru

Cara menuju Pulau Salura

Untuk sampai ke pulau ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan waktu sekiranya 5  s.d 7 jam an untuk sampai ke pulau Salura.

Apabila berniat untuk travelling dan menjelajahi pulau ini bisa mengambil jalur dari kota Waingapu di Sumba Timur.

Waktu yang di tempuh untuk sampai ke penyeberangan atau Pantai Katundu pun cukup jauh karena melewati jalan dengan bebatuan khas pegunungan yang turun naik dan kondisi alam yang masih alami menjadi pemandangan selama perjalanan.

Rute menuju Pulau Salura Sumba

Rute menuju Pulau Salura Sumba – foto
@rjanitraz

Apabila menyewa mobil tentu sewa harganya yang lumayan mahal sekira 800 ribuan. Tetapi apabila menggunakan angkutan umum pun tersedia sekitar 60 ribu rupiah sekali jalan dengan resiko penuh dan waktu yang sedikit lama.

Sebagai informasi saja apabila berniat untuk menyebrang ke pulau Salura dari pantai Katundu lebih murah pada hari Selasa yakni cukup membayar Rp 10.000 saja, berbeda dengan hari lainnya yakni berkisar Rp 250.000 sekali menyebrang.

Penyeberangan yang disediakan oleh penduduk sekitar dengan menggunakan kapal motor ini menempuh perjalanan sekira 1 jam perjalanan supaya sampai ke Pulau Salura.

Baca juga ya

Keramahan warga Pulau Salura

Karena pulau ini jauh dari pusat kota yakni Waingapu, maka beberapa fasilitas pastilah masih minim tersedia. Tetapi jangan khawatir.

Pulau Salura

Pulau Salura – foto jalanblog.wordpress.cok

Karena keramah tamahan penduduk pulau Salura membuat kita tidak merasa nyaman serasa di lingkungan sendiri meskipun apabila dilihat posisi peta maka berada di selatan pulau Sumba.

Keramahan warga Pulau Salura pun terlihat ketika kita meminta ijin untuk menginap. Karena untuk menginap di pulau ini kita akan meminta ijin di rumah warga.

Beberapa hal tentang Pulau Salura

Pulau Salura

Pulau Salura – foto Kumparan.com

Berikut adalah hal-hal yang bisa diperhatikan apabila berniat berlibur atau melakukan perjalanan ke Pulau Salura Sumba.

waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau ini adalah diantara bulan Mei s.d November pada setiap tahunnya karena pada bulan Desember hingga April kapal-kapal berhenti beroperasi karena musim ombak yang cukup tinggi dan berbahaya disepanjang laut menuju pulau Salura.

cara menuju Pulau Salura Sumba

cara menuju Pulau Salura Sumba

fasilitas jaringan sinyal provider. Pada beberapa tahun lalu jaringan memang menjadi suatu kendala selain listrik yang belum bisa beroperasi utuh. Malah sebagian masih menggunakan genset sebagai media penerangan warga. ~ daerah edemik malaria.

Apabila berkunjung ke pulau Salura diharapkan untuk menyiapkan obat-obatan dan desinfektan sebagai antisipasi. Tetapi apabila kebetulan bertepatan dengan musim jagung, maka nyamuk agak sedikit berkurang.

Pantai di Pulau Salura Sumba

Pantai di Pulau Salura Sumba – foto @muhammadarif989

Pulau Salura adalah pulau dengan kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia. Apabila berniat mengunjungi pulau ini harus dipersiapkan dan direncanakan dengan sangat matang.

Bukan hanya daerah yang terpencil tetapi letak geografis yang cukup jauh dengan medan yang cukup menantang. Selamat travelling.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x