Air Terjun Kalamba, Pesona Lain di Sumba

Air Terjun Kalamba – foto milik Melky Daulima

Air Terjun Kalamba – Menceritakan keindahan dan pesona pulau Sumba tidak akan cukup hanya dalam satu hari. Melihat begitu banyaknya banyaknya objek wisata yang terdapat di Pulau Sumba serasa ingin megunjungi satu persatu. Seperti air terjun Kalamba yang berada di Sumba Timur tepatnya di Desa Kalamba Kecamatan Haharu Kabupaten Waingapu Sumba Timur.

Sumba Timur memiliki beberapa destinasi wisata yang terkenal mulai dari pantai, bendungan sampai air terjunnya. Beberapa diantaranya seperti pantai Batu Payung, bendungan Lambanapu, dan air terjun Kalamba yang terkenal ini.

Air terjun Kalamba di tengah kuali

Air Terjun Kalamba – foto milik Sahrullah rul

Kata Kalamba atau nama daerah ini berarti Kuali atau wajan. Sehingga bisa diartikan bahwa daerah Kalamba berada di tengah perbukitan. Perbukitan yang mengelilingi Desa Kalamba terlihat indah di saat musim hujan ataupun musim kemarau. Di musim hujan akan terlihat hijau di sekeliling perbukitan seperti perbukitan ‘teletubbies’. Begitupun di musim kemarau perbukitan disekelilingnya terlihat kering akibat kurangnya air. Tetapi pemandangan di musim kemarau tetaplah indah untuk dinikmati.

Pesona perbukitan yang tersaji di sekitar wisata air terjun adalah perbukitan yang terbilang khas di pulau Sumba. Perbukitan-perbukitan tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mampir ke Kalamba. Perbukitan tersebut menjadi tempat swafoto sebelum melanjutkan atau sekedar singgah untuk melanjutkan perjalanan baik pulang maupun pergi ke tempat tujuan utama yaitu air terjun Kalamba.

Baca juga ya

Menuju tempat utama air terjun Kalamba

Air Terjun Kalamba – foto milik Sahrullah rul

Untuk memasuki air terjun Kalamba dibutuhkan pengorbanan yang cukup. Karena setelah tiba di Desa Kalamba sebelum mamasuki ke area air terjun, ada dua rute yang dapat dipergunakan. Yang pertama dengan menyisir bagian kiri air terjun untuk sampai di bagian bawah dan menikmati indahnya air terjun. Tetapi harap berhati-hati apabila musim hujan tiba, bebatuan untuk berpijak akan licin dan rawan terjatuh dan menimpa bebatuan di bawahnya.

Rute lainnya bisa di ambil yakni dengan cara memutar ke sebelah kanan air terjun dan melewati hutan kecil untuk sampai tiba di bawah air terjun. Rute yang ini agak sedikit aman apabila melihat rute pertama kurang layak dan berbahaya untuk dilewati.

Setelah sampai di bawah air terjun saatnya menikmati suguhan pemandangan dari dua terjunan air. Apabila sudah tidak sabar untuk bermain-main bersama dinginnya dan jernihnya air dipersilahkan tetapi harus tetap berhati-hati dengan arus sungainya. Dari bawah terlihat spot gambar yang bagus untuk di ambil. Latar belakang air terjun menjadi salah satu spot yang banyak di ambil untuk dijadikan objek foto dan menjadi kenang-kenangan setelah kita mampir ke air terjun Kalamba.

Air terjun berundak

Air Terjun Kalamba – foto milik Sahrullah rul

Beberapa tempat wisata terutama air terjun yang terdapat di Pulau Sumba memiliki tipe yang berbeda. Air terjun Kalamba adalah air terjun dengan tipe berundak-undak dengan warna air hijau tosca dan sangat jernih. Di bagian atas atau bagian pertama arus airnya sangat deras sehingga tidak memungkinkan untuk berenang dan hanya bisa duduk di pinggir.

Pada bagian bawah atau di bagian lapisan keempat arus sungainya mulai sedikit tenang dan menghanyutkan dan bisa dipergunakan untuk berenang tetapi tetap saja harus berhati-hati karena bisa saja kalau kurang hati-hati kita akan terbawa arus sungai dan terbawa ke lapisan selanjutnya.

Banyaknya potensi pariwisata di pulau Sumba merupakan suatu aset yang cukup besar bagi pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tinggal bagaimana pemerintahan setempat meng create aset-aset tersebut supaya menjadi suatu objek wisata yang layak dan menjadi primadona bagi para wisatawan yang singgah di setiap tempat.

Seperti halnya air terjun Kalamba yang sangat eksotis yang belum tersentuh oleh banyak wisatawan karena kurangnya promosi atau memang fasilitas penunjangnya yang belum memadai. Adalah tugas pemerintahan terkait dan masyarakat Desa Kalamba untuk menata dan mengelola tempat wisata air terjun ini supaya lebih dikenal dan akan semakin banyak wisatawan yang datang ke sini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x