Bukit Tanarara Sumba, Bukit Savana Andalan Pulau Sumba

Pulau Sumba memang terkenal dengan alam permai-nya. Bahkan ada salah satu destinasi wisata yang paling eksotis dan indah di pulau ini namanya adalah Bukit Tanarara Sumba. Sebuah bukit Savana paling elegan dan layak dikunjungi.

Jika ingin melepas penat silakan mendatangi Bukit Tanarara di Sumba. Pasti rasa lelah dan pikiran stres hilang seketika. Berganti perasaan ceria dan gembira serta tubuh sehat karena cuaca di sini masih asri dan bersih. Nah berikut ulasan lengkapnya:

Bukit Tanarara Sumba

Bukit Tanarara Sumba

Bukit Tanarara Sumba//TribunTravel

Bukit Tanarara Sumba adalah padang Savana yang terletak di dataran tinggi. Jika musim penghujan rumput dan pepohonan tumbuh dengan subur. Warna hijaunya membuat mata yang memandangnya terasa asri dan rimbun.

Contour tanah perbukitan yang berundak juga menjadi pesona tersendiri. Apalagi di bagian spot-nya terdapat jalur jalan setapak yang berkelok menuju ke puncak bukit. Pokoknya, Bukit Tanarara tidak kalah dengan Bukit Teh yang ada di Puncak Bogor Jawa Barat.

Pesona yang berikutnya ialah karena Bukit Tanarara terletak di ketinggian tentu cuacanya lebih dingin dibandingkan di bagian Sumba dataran rendah. Maka dari itu jika datang ke tempat ini tidak akan terasa panas sekalipun siang hari apalagi jika musim hujan.

Karena itu silakan persiapkan budget untuk mendatanginya. Pastikan hadir bersama seluruh anggota keluarga dan pasangan supaya nuansa berwisatanya jauh lebih menakjubkan dan bikin ketagihan.

Destinasi Wisata Bukit Tanarara

Bukit Tanarara di Sumba

Bukit Tanarara di Sumba//Nativeindonesia

Di Bukit Tanarara Sumba terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati. Semuanya menghadirkan nuansa pelesir yang pasti menyenangkan. Dijamin jika sudah merasakannya kamu enggan beranjak pulang. Berikut destinasi yang dimaksud:

1. Menikmati Sunsite dan Sunrise

Destinasi yang pertama adalah menikmati sunsite dan sunrise dari ketinggian. Ini merupakan pilihan wisata unggulan di tempat ini. Makanya banyak pengunjung mendatangi wisata pagi dan sore hari.

Jika berhasil menikmati matahari terbit dan terbenam di bukit ini tentu traveler akan sangat puas dan tidak kecewa. Pasalnya panorama sekitar sungguh indah saat terkena temaram sinar matahari.

Selain itu suhu yang sejuk menjadi semakin hangat. Jika beruntung juga akan bertemu dengan burung-burung pagi yang terbang lalu hinggap di pepohonan. Ini yang menimbulkan pesona tersendiri.

2. Tracking Menantang

Yang namanya wisata bukit tentu letaknya berada di ketinggian tertentu. Artinya traveler harus melakukan tracking untuk mencapainya. Aktivitas pendakian yang tentu menantang dan menguji andrenalin.

Namun tracking menuju Bukit Tanarara tidak melelahkan. Karena memang ketinggiannya tidak seberapa dengan jalur tracking yang tidak terlalu sulit. Selain itu, pemandangan di perjalanan juga bagus dan mempesona.

Selain itu traveler juga tidak sulit untuk menemukan tempat istirahat. Karena jalan menuju bukit dipenuhi dengan savana rindang yang bisa dijadikan tempat untuk rehat sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Foto Selfie dengan Latar Perbukitan

Destinasi Bukit Tanarara Sumba yang juga disukai oleh pengunjung adalah foto selfie dengan latar perbukitan. Kegiatan ini bisa dipilih sesuai keinginan apakah sore hari atau pagi hari. Karena jika temaram matahari ikut menjadi latar hasil foto lebih instagramable lagi.

Pengunjung juga bisa menerapkan segala kepiawaiannya memainkan pose. Hasilnya pasti menakjubkan apalagi jika kamera yang digunakan berjenis modern dan canggih. Maka dari itu jika ke Bukit Tanarara silakan persiapkan kamera kamu.

Rute Menuju Bukit Tanarara Sumba

Bukit Tanarara berada di Desa Maubokul Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Barat Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Jarak bukit dari kota Waipangu adalah 68 km yang bisa ditempuh selama 2-3  jam dengan kendaraan .

Untuk sampai ke Bukit Tanarara Sumba pengunjung harus lebih banyak bertanya kepada masyarakat di perjalanan. Karena sejatinya banyak jalur untuk menuju lokasi. Yang jika tidak bertanya rawan tersesat apalagi masih belum ada penunjuk jalan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Wisata

Untuk datang ke bukit Tanarara silakan dipilih waktu sesuai keinginan. Pengunjung bisa datang kapan saja baik siang maupun sore hari. Namun jangan datang malam hari karena di sana masih minim penerangan.

Untuk tiket masuknya gratis. Sebab tempat wisata masih belum dikelola dengan baik dan masih baru. Sehingga untuk saat ini traveler bisa mengunjunginya tanpa membayar sepeser pun.

Demikian review singkat tentang Bukit Tanarara Sumba yang mempesona. Sebuah tempat wisata yang luar biasa dan berhasil menyedot ratusan pengunjung setiap hari. Maka dari itu silakan jadikan destinasi ini sebagai pilihan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x