Pantai Watu Malandong, Keindahan Alami Di Sumba

Pantai Watu Malandong – foto @mum.bht

Pantai Watu Malandong – Pulau Sumba yang termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki keindahan yang benar-benar alami. Air terjunnya yang mempesona, telaganya yang menarik, bendungannya yang eksotis, sampai pantainya yang terlihat alami. Semuanya adalah anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk kita untuk dijaga dan dilestarikan.

Begitupun di Sumba Barat Daya salah satu kabupaten yang terdapat di NTT yang beribu kota di Tambaloka yang memiliki objek wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Pantai Watu Malandong. Pantai dengan pesona yang masih alami karena jarang di jelajah wisatawan.

Pesona batu di tengah pantai

Pantai Watu Malandong – foto @pasolatourstravel

Pantai ini terletak di Desa Penenggo Ede Kecamatan Kodi Balaghar Sumba Barat Daya atau sekitar 57 km dari pusat kota Tambolaka. Jarak yang cukup jauh dari pusat kota menuju daerah wisata pantai Watu Malandong. Tetapi jarak yang cukup jauh akan terbayar lunas dengan suguhan pemandangan yang sangat indah. Deretan batu yang besar yang menjulang tinggi terlihat begitu kuat di hempas air laut yang cukup besar.

Deretan batu yang besar tersebut pada salah satu batunya berbentuk seperti rumah adat Sumba, dimana di keempat sudutnya membentuk kaki rumah adat sebagai penyangga dan di bawahnya terdapat celah dan menghadap ke laut. Ada juga batu yang lainnya yang berada di tengah pantai. Pesona indahnya pemandangan batu-batu tersebut akan terlihat mempesona apabila dinikmati di atas tebing di pinggir pantai.

Baca juga ya :

Banyak spot untuk swafoto di pantai Watu Malondang

Pantai Watu Malandong – foto @rhevie90

Apabila berkunjung ke pantai Watu Malandong tempat yang banyak di jadikan untuk ber swafoto adalah batu besar yang berbentuk rumah adat. Ada juga spot lainnya yaitu di bibir pantai yang terlihat indah yang masih sangat alami karena belum banyak pengunjung atau wisatawan yang datang kesini, sehingga masih terjaga kebersihannya. Di tempat lainnya adalah dari atas tebing dengan latar belakang lautan lepas merupakan salah satu spot yang bisa dipergunakan.

Ternyata bukan hanya wisatawan domestik saja yang pernah mengunjungi pantai Watu Malandong. Dari beberapa dokumentasi foto yang beredar di dunia maya. Terlihat beberapa foto adalah wisatawan dari luar negeri yang sedang ber wisata di pantai ini. Latar belakang pantai dengan batu besar di tengah terlihat begitu indah dan mempesona, ditambah dengan hempasan ombak yang tiba di pinggir pantai semakin mempercantik tampilan hasil swafoto.

Dengan hadirnya wisatawan dari luar negeri dan memberikan komentar yang cukup bagus. Ini menandakan bahwa pantai Watu Malandong memberi kesan yang baik di mata wisatawan, tinggal masyarakat dan pimpinan daerah terkait yang harus terus berbuat yang terbaik demi pariwisata di pantai Watu Malandong.

Dengan sudah dikenalnya pantai Watu Malandong oleh beberapa wisatawan luar negeri. Semoga mereka dapat memperkenalkan lagi ke teman-teman di negaranya dan bisa merekomendasikan untuk ber travelling ke pantai ini khususnya atau ke pulau Sumba secara keseluruhan untuk dikunjungi.

Akses menuju tempat lokasi

Pantai Watu Malandong – foto @fairycherry

Seperti yang sudah dibahas dibagian atas. Perjalanan menuju pantai Watu Malandong dipergunakan menggunakan jalan darat. Angkutan umum tersedia hanya tidak sampai ke tempat objek wisata, selebihnya dapat menyewa ojek untuk sampai ke pantai. Apabila menggunakan pribadi petunjuk jalan cukup tersedia sampai ke tempat lokasi. Hanya saja pantai ini mungkin masih belum banyak dikenal oleh wisatawan dan jarak yang terlalu jauh, jadi mungkin tidak banyak orang yang mengunjungi, tetapi apabila ada wisatawan datang maka masyarakat sekitar pun akan datang dan biasa menawarkan minuman.

Kedepan akan lebih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya yang akan di bangun seperti penginapan, tempat-tempat nongkrong di bibir pantai atau area makan yang nyaman yang akan menambah minat para wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan pantai Watu Malandong yang sangat indah ini. Dibutuhkan kerjasama yang baik antar semua pihak untuk kemajuan pariwisata di pantai ini.

Pantai Watu Malandong salah satu pantai yang wajib untuk di kunjungi apabila berniat ber wisata di Sumba Barat Daya dan pantainya recomendded banget.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x