Wisata Terpendam di Telaga Bidadari Maharani

Telaga Bidadari Maharani – Cerita keindahan pulau Sumba memang bukan hanya pantai, air terjun atau savana nya. Ternyata ada juga tempat wisata yang memiliki keindahan yang terpendam seperti telaga bidadari maharani.

Telaga bidadari maharani memiliki eksotisme yang berbeda dibandingkan telaga-telaga lainnya, karena terdapat tempat-tempat yang indah untuk dinikmati selain keindahan telaganya.

Telaga ini terdapat di desa Praibakul kecamatan Wanukaka Sumba Barat. Apabila Anda berniat untuk mengunjungi dan menikmati keindahan telaga bidadari maharani ini sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada orang di sekitar desa praibakul karena dari pantauan satelit menggunakan google maps belum terdeteksi tempat wisata telaga bidadari maharani.

Asal mula Telaga Bidadari Maharani

Telaga bidadari maharani

Telaga bidadari maharani – foto : portalntt.com

Seperti halnya tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Terdapat cerita asal muasal terciptanya suatu tempat wisata. Seperti wisata Gunung Tangkuban Perahu dengan sangkuriang atau tempat wisata Candi Prambanan dengan Rorojongrangnya.

Telaga bidadari maharani pun mempunyai cerita asal muasalnya kenapa sampai diberi nama bidadari maharani. Cerita ini berasal dari masyarakat sekitar bahwa konon dulu ada seorang putri cantik asal dari Wanokaka yang bernama Maurani yang menenggelam dirinya ke telaga.

Sang putri rela menenggelamkan dirinya karena diperebutkan oleh beberapa pemuda yang berusaha memenangkan hati sang putri karena sang putri memiliki kecantikan yang memikat para pemuda.

Tetapi sang putri memilih untuk tidak memenangkan siapa pun karena akan mengakibatkan perang yang besar antar suku, sang putri lebih baik merelakan dirinya dan kembali memasrahkan hidupnya kepada penciptanya.

Baca juga ya :

Keunikan dari telaga ini

Telaga bidadari maharani

Telaga bidadari maharani – foto : ntt-news.com

Selain cerita mistis tentang telaga bidadari maharani. Ternyata masih ada cerita lainnya tentang keunikan telaga ini. Ternyata walaupun hujan lebat selebat apapun, ternyata air di telaga ini tidak akan meluber atau bertambah.

Begitupun apabila musim kemarau sepanjang apapun air di telaga ini tidak akan berkurang. Dan yang paling unik adalah meskipun telaga bidadari maharani ini berada di dataran tinggi tetapi tidak bisa dialirkan kemana-mana.

Pemerintah kabupaten terus berbenah

Telaga bidadari Maharani merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sumba Barat. Pemerintahan di Sumba Barat terus memperbaiki sarana dan prasana penunjang kebutuhan di tempat wisata ini.

Beberapa tahun yang lalu melalui wakil bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP mengatakan bahwa banyak objek wisata di wilayahnya yang perlu penanganan. Tetapi banyak kendala mulai dari anggaran, infrastruktur hingga fasilitas penunjang di lokasi.

telaga bidadari maharan

Wakil bupati Sumba Barat berfoto di telaga bidadari maharani – foto : ntt-news.com

Semoga dengan dengan adanya perhatian dari stakeholder yang mempunyai kewenangan, tempat wisata yang mempunyai ciri khas ini dapat terus berbenah dan dapat ditata dengan baik.

Sehingga akan menarik wisatawan baik domestik ataupun dari mancanegara untuk datang dan ber travelling ke telaga bidadari maharani. Karena penataan yang baik memungkinkan para wisatawan merasa betah dan nyaman untuk berwisata.

Telaga bidadari maharani merupakan aset wisata lokal daerah Wanukaka yang wajib untuk dikembangkan. Bukan karena keindahan tetapi dapat menjadi tempat travelling yang akan menjadi tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur khususnya di wilayah Sumba Barat umumnya, yang terkenal dengan objek-objek wisata.

Fasilitas seperti penginapan merupakan hal yang paling penting selain tentunya akses menuju tempat lokasi. Seperti kita tahu bahwa di pulau Sumba terutama di Sumba Barat banyak sekali objek wisata mulai dari pantai hingga penginapan yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Apalagi sekarang media sosial menjadi alat yang paling ‘jitu’ untuk mengenalkan objek-objek wisata termasuk telaga bidadari maharani ini. Situs blog tripsumba.com┬ámerupakan salah satu media yang mengkhususkan informasi seputar objek wisata di daerah Sumba.

Bukan hanya tempat-tempat wisata, tetapi tempat penginapan hingga oleh-oleh khas daerah setempat yang bisa kita bawa, semua lengkap ada di situs blog ini.

Terakhir semoga setelah mendapatkan informasi dan membaca di media ini mendapatkan informasi yang benar-benar dibutuhkan sebelum melakukan perjalanan ke daerah Sumba, khususnya ke tempat wisata telaga bidadari maharani.

Informasi yang lengkap akan memudahkan dalam melakukan perjalanan wisata dan perjalanan akan sesuai dengan yang diharapkan. Perjalanan menyenangkan dan pulangpun mendapatkan pengalaman dan kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Sumber : portalntt.com

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x