5 Kampung Adat Sumba Yang Harus Dikunjungi

Kampung adat Sumba adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilupakan. Bahkan layak juga disinggahi selain tempat wisata alam yang juga banyak di pulau ini. Karena alasan tersebut berikut akan dijelaskan tentang beberapa kampung adat di Sumba.

Kampung adat Sumba

Kampung adat Sumba//NationalGeographycIndonesia

Kampung adat yang ada di Pulau Sumba masih tetap terawat dengan baik. Bahkan sebagiannya masih dijadikan sebagai ikon pulau yang berhasil menarik pengunjung ke pulau di NTT ini. Berikut kampung adat yang dimaksud:

1. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro//Hipwee

Kampung adat Sumba yang pertama adalah Kampung Adat Ratenggaro. Sebuah kawasan ikonik berbasis budaya di Pulau Sumba yang cukup terkenal. Apalagi letaknya berada di pinggir pantai yang asri dan permai.

Sebagian besar pengunjung di tempat ini hanya untuk berfoto selfie. Hasilnya sangat memuaskan apalagi jika yang menjadi latarnya adalah deburan ombak yang memecah gelombang.

Di sini traveler bisa menunggang kuda sekaligus menggunakan baju adat. Lalu berpose seakan prajurit yang sedang menuju medan perang. Ingin fasilitas ini datangi saja Desa Kodi yang berada di Kabupaten Sumba Barat.

2. Kampung Adat Tarung

Kampung Adat Tarung

Kampung Adat Tarung//Liputan6

Kampung Adat Tarung adalah kampung adat paling cantik di Pulau Sumba. Letaknya yang berada di wilayah ibu Sumba Barat, kota Waikabubak membuat akses ke sana sangat mudah dan lancar.

Kampung yang sempat terbakar ini berada di tengah-tengah kota. Namun kondisi alamnya asri karena di sekeliling destinasi terdapat banyak pepohonan yang rindang. Jadi jangan khawatir, udara di sana cukup sejuk dan teduh.

Kampung yang berada di Kabupaten Sumba Barat ini akan menghadirkan destinasi wisata edukasi yang bagus. Makanya silakan datangi kampung bersama anak-anak agar mereka lebih mengenal adat Sumba secara utuh.

3. Kampung Wainyapu

kampung adat Wainyapu

kampung adat Wainyapu//iNews

Kampung adat Sumba yang ke tiga adalah kampung adat Wainyapu. Ini juga tergolong kampung ikonik yang menjadi tempat bersejarah di Sumba Nusa Tenggara Timur yang letaknya berdekatan dengan destinasi wisata top Pantai Wainyapu.

Di sini traveler bisa melihat 60 rumah adat yang diberi nama Uma Kalada. Jika puas menikmati rumah adat yang eksotis kamu juga bisa melihat kuburan-kuburan kuno dari batu yang katanya sudah muncul sejak jaman pra sejarah.

Adat Pasola juga pesona tersendiri yang mampu menarik turis asing datang ke kampung Wainyapu. Ritual yang berupa peperangan dua grup pasukan berkuda dengan saling melempar lembing.

4. Kampung Paronambaroro

Kampung Paronambaroro

Kampung Paronambaroro//Phinemo

Kampung Paronambaroro adalah kampung adat di Pulau Sumba yang terbilang cukup tradisional. Berdiri kira-kira dari abad ke-17 dan masih terawat dengan baik sampai saat ini. Bahkan dijadikan sebagai ikon wisata di Sumba.

Di sini juga terdapat kuburan batu dan satu bangunan yang berisi sisa peninggalan nenek moyang. Biasanya Kampung Adat Paronambaroro dijadikan sebagai sarana untuk mempertemukan lawan dalam adat Pasola.

Kampung Adat Paronambaroro juga dijadikan sebagai sarana informasi untuk khalayak seputar adat Pasola. Termasuk jadwal ritual berdarah tersebut akan diselenggarakan beserta tempat penyelenggaraannya.

Jika ingin berwisata edukasi terkait Pulau Sumba dengan adat Pasola-nya silakan datang saja ke Kampung Adat Paronambaroro. Dijamin travelling tidak akan kecewa karena wawasannya pasti bertambah.

5. Kampung Adat Raja Prailiu

KKampung Adat Raja Prailiu

Kampung Adat Raja Prailiu//xism

Kampung Adat Raja Prailiu berada di kawasan Waingapu tepatnya di wilayah Kanbera. Menurut sejarahnya kampung ini merupakan sisa peninggalan dari kerajaan tradisional Lewa Kambera.

Ahli sejarah Sumba menyampaikan kalau Kampung Adat Raja Prailiu adalah sisa bangunan dari ibu kota Kerajaan Lewa Kambera. Sayang yang tersisa hanya kampung adatnya sedangkan pernak-pernik kerajaannya tidak ada di kampung ini.

Prailu sendiri bukan nama seorang raja melainkan nama sebuah kota atau wilayah. Nama lengkapnya adalah Praing Prailu. Kawasan inilah yang dianggap ibu kota dari kerajaan Lewa Kambera.

Kampung Adat Raja Prailu juga ikon wisata yang cukup terkenal di Pulau Sumba. Pengunjungnya juga banyak dan terus bertambah setiap tahun. Oleh karena itu jika ingin berwisata edukasi datang saja ke tempat ini.

Kampung Adat Sumba yang sudah dijelaskan di atas adalah ikon wisata yang tidak boleh diremehkan. Bahkan sebagian besar menjadi aset daerah yang cukup signifikan. Oleh sebab itu rugi jika ke Sumba tetapi tidak mampir ke sana.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x