5 Baju Adat Sumba Yang Bisa Kalian Coba!

Sumba merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal dengan budaya dan destinasi wisatanya, salah satunya adalah baju adat Sumba yang dapat dicoba oleh anda. Jika anda ingin menacari tahu baju-baju adat yang seperti apa dari pulau Sumba ini, maka anda adalah orang yang tepat jika berada disini. Pasalnya pada saat ini kami akan menjelaskan tentang 5 baju adat Sumba yang menarik dan bisa dicoba oleh anda. Yuk kita simak pembahasannya yang ada dibawah ini.

Baca juga ya:

1. Baju Kain Tenun

Baju Kain Tenun

Baju Kain Tenun – foto milik @gallery_rakat

Salah satu baju adat Sumba yang paling banyak dikenal oleh banyak orang adalah kain tenun yang dibuat sebagai kain tenun. Yang membuat pakaian ini menjadi lebih unik adalah proses pembuatan dari kain tenun ini membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama.

Pakaian ini juga bisa di dapati oleh anda, namun sayang sekali baju ini dijual dengan harga yang mahal. Perlu diketahui oleh anda kalau baju dengan menggunakan kain tenun ini akan dimotif dengan beragam macam. Dan, pada baju ini terdapat beragam macam makna.

Jika anda menemukan baju dengan kain tenun yang memiliki motif kuda, dimana lambang kuda tersebut melambangkan kalau ini adalah keagungan, kepahlawanan serta kebangsawanan. Dari hal ini, simbol tersebut menjadi salah satu simbol harga diri dari warga Sumba.

2. Baju Kain Pahikung

Baju Kain Pahikung

Baju Kain Pahikung – foto milik @elis_rahardjo

Baju adat Sumba yang kedua adalah baju yang terbuat dari kain Pahikung. Akan tetapi, kain ini tidak sepopuler dengan kain Tenun. Baju yang terbuat dari kain Pahikung ini memiliki beragam macam motif khas dari daerah Sumba yang ada disana.

Menurut sumber yang ditemukan, baju adat Sumba yang terbuat dari kain Pahikung ini bisa di dapati oleh anda. Asalkan anda memiliki biaya yang berkisaran antara 500.000 hingga sampai dengan 20.000.000, bahkan harganya bisa lebih dari itu.

Ada banyak motif yang bisa ditemukan oleh anda dalam baju ini, seperti motif gajah, manusia, mamoli dan juga tengkorak. Akan tetapi, bukan motif-motifnya yang membuat kain ini menjadi lebih mahal, melainkan usianya yang dapat membuat harganya menjadi lebih mahal.

3. Baju Adat Sumba Timur

Baju Adat Sumba Timur

Baju Adat Sumba Timur – foto milik @laelypassions

Selain beberapa baju adat Sumba yang telah dijelaskan diatas, di Sumba anda juga bisa menemukan pakaian adat yang lebih menarik, yakni baju adat Sumba Timur. Baju yang terbuat dari Sumba Timur ini memiliki beragam macam makna yang sangat berarti bagi warga Sumba Timur tersebut. Bahkan, baju tersebut bukan menjadi salah satu baju yang terbuat dari semabarangan bahan, justru di desain dengan cara yang khusus sehingga memiliki banyak arti.

Baca juga ya:

Jika anda adalah seorang wisatawan dan berkunjung di Sumba Timur, maka anda akan mengenakan baju adat tersebut. Dan, apabila anda tidak ingin menggunakan bajunya, cobalah untuk menolaknya dengan cara yang sopan. Dengan begitu anda akan terhindar dari masalah-masalah yang datang. Harga dari baju ini juga mahal dan tidak banyak juga yang memproduksinya. Baju adat Sumba Timur ini memiliki stukturnya yang menarik dan terlihat indah seperti baju adat-adat yang sangat berbudaya.

4. Baju Adat Sumba Barat

Baju Adat Sumba Barat

Baju Adat Sumba Barat – foto milik @novrasumbayak

Baju adat Sumba Barat merupakan salah satu baju adat tradisional di bagian Sumba. Baju ini menjadi salah satu baju yang khas dari Sumba Barat. Dalam hal ini, baju Sumba Barat memiliki beragam macam motif dan memiliki makna-makna yang sangat bermakna bagi bangsa Sumba Barat ini. Baju ini sangat penting untuk Sumba Barat, bahkan untuk menggunakan baju ini memiliki aturan-aturan yang tertentu dari Sumba Barat. Jadi, perhatikanlah dengan hal ini agar anda tidak salah gunakan.

5. Baju Adat Sumba Barat Daya

Baju Adat Sumba Barat Daya

Baju Adat Sumba Barat Daya – foto milik @winariwukaho

Perlu diketahui oleh anda kalau Sumba Barat dan Sumba Barat Daya merupakan daerah yang berbeda, hanya saja kedua namanya memiliki kesamaan. Baju adat Sumba Barat Daya memiliki ciri-ciri khas tersendiri dan terbuat dari motif-motif yang memiliki beragam macam makna.

Baca juga ya:

Akan tetapi, sayang sekali baju ini tidak banyak orang yang mengetahui, mungkin hanya mereka saja yang mengetahui tentang baju adat Sumba Barat Daya. Namun, pada umumnya baju ini memiliki keindahan yang sangat indah dan berbeda dengan beragam macam baju adat tradisional Sumba yang lainnya.

You may also like...

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x