Pesona Kampung Adat Prainatang Sumba Timur yang Menakjubkan

Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur memiliki banyak kampung adat yang eksotis. Salah satunya adalah Kampung Adat Prainatang Sumba Timur. Satu destinasi wisata budaya dan edukasi yang bagus untuk dikunjungi.

Kampung Adat Prainatang Sumba Timur

Kampung Adat Prainatang Sumba Timur//Satyawinnie

Kampung Adat Prainatang merupakan ikon wisata terkenal di Sumba. Pengunjungnya tidak pernah berkurang terutama saat masuk musim liburan. Mereka tidak hanya dari luar kota bahkan turis dari luar pulau juga berdatangan ke sana.

Untuk traveler yang ingin mengetahui lebih jelas tentang Kampung Adat Prainatang, silakan simak uraian berikut. Ulasan seputar kampung adat dengan segala macam fasilitas wisata yang ada di dalamnya. Ini uraian yang dimaksud:

Kampung Adat Prainatang Sumba Timur

Kampung Adat Prainatang Sumba merupakan satu perkampungan yang cukup tradisional namun masih tetap terawat dengan baik hingga saat ini. Menurut sejarah kampung ini sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu.

Kampung Adat Prainatang Sumba Timur disebut juga The Living Megalithic Culture. Julukan ini disematkan oleh kalangan arkeolog dan akademisi anthropology historis yang melakukan riset di sana.

Jika datang ke Kampung Prainatang seperti sedang berada di satu desa di jaman pra sejarah. Karena dari segi bangunan saja menyiratkan sisi tradisional yang kental. Belum lagi kontur tanah dan spot alami di dalam juga terasa berbau mistis.

Destinasi Wisata Kampung Adat Prainatang Sumba Timur

Kampung Adat Prainatang Sumba

Kampung Adat Prainatang Sumba//Femina

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dilihat di Kampung Adat Prainatang Sumba. Berikut dijelaskan destinasi apa saja yang ada di dalam kampung top dan sudah mendunia ini. Silakan disimak ini ulasan lengkapnya:

1. Rumah-Rumah Adat Berusia Ribuan Tahun

Destinasi wisata yang pertama di Kampung Adat Prainatang Sumba Timur adalah rumah-rumah adat. Diperkirakan usia rumah sudah mencapai ribuan tahun namun tidak sedikitpun mengalami kerusakan-kerusakan yang fatal.

Ini merupakan spot yang unik apalagi jika dijadikan sebagai latar swa foto. Maka dari itu jika berkunjung ke Kampung Adat Prainatang jangan lupa membawa kamera ponsel yang canggih. Setelah itu silakan sebar (share) hasil selfie ke FB dan WhatsApp.

2. Makam-Makam Kuno

Di Kampung Prainatang Sumba Timur tidak hanya banyak rumah-rumah adat tetapi juga pekuburan tua. Destinasi ini juga layak dikunjungi terutama bagi para traveler yang ingin merasakan suasana ber-aura mistis di dalam kampung.

Makam kuno di Prainatang berjumlah puluhan yang merupakan nenek moyang atau leluhur masyarakat yang pernah tinggal di perkampungan tersebut. Untuk makam sendiri terbuat dari batu-batu yang bertumpuk dengan rapi dan teratur.

Selain rumah adat makam kuno juga destinasi andalan di Kampung Prainatang Sumba. Jadi jangan heran sekalipun hanya makam ternyata masih banyak pengunjung yang mendatangi tempat tersebut.

3. Upacara Adat Pemakaman

Destinasi berikutnya adalah melihat upacara pemakaman adat di Prainatang. Di sini pengunjung akan merasa takjub bahkan sedikit ngeri karena prosesi pemakaman tidak sama dengan di daerah yang lain.

Umumnya masyarakat yang dimakamkan di sekitar kampung adalah keturunan para raja. Sedangkan jika masyarakat biasa harus mampu membayar dengan harga yang luar biasa mahal.

Tidak jarang masyarakat yang masih belum memiliki uang menyimpan jenazah terlebih dahulu di rumah hingga bertahun-tahun. Mayat harus diawetkan secara adat terlebih dahulu setelah ada uang baru dimakamkan di sekitar kampung.

Lokasi Dan Rute Menuju Kampung Adat Prainatang Sumba Timur

Kampung Adat Prainatang berada di Desa Mondu Kecamatan Kanatang Kabupaten Sumba Timur Pulau Sumba Nusa Tenggara Barat Indonesia. Satu lokasi yang sangat dekat dari kota.

Kampung ini bisa diakses dari kota administratif Waingapu. Ini merupakan jalur terdekat karena jaraknya hanya 20 km saja. Jika melalui jalur ini membutuhkan perjalanan 30 menit sampai 1 jam saja dengan naik kendaraan.

Sekalipun berada di kawasan agak ke kota alamnya masih tetap asri dan permai. Terutama ketika sudah memasuki kampung adat. Sebab pihak pengelola sudah menanam banyak pepohonan yang rindang untuk naungan.

Itulah pesona wisata di Kampung Adat Prainatang Sumba Timur. Silakan didatangi jika ingin mendapatkan nuansa pelesir yang bagus dan berwawasan. Jangan lupa mendatangi bersama keluarga karena jika beramai-ramai kesannya lebih ceria.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x