Tempat Camping Pilihan di Sumba.

Tempat camping di Sumba. Sumba memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di gadang – gadang keindahan alam dari bumi Sumba ini bisa mengalahkan keindahan dari destinasi wisata Indonesia yang sudah populer yaitu Bali dan Lombok. Tidak ada habisnya jika kita membicarakan keindahan bumi Sumba. Pantai dengan pasir putih yang lembut, jajaran bkit yang memberikan keindahan, air terjun yang menenangkan, dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan di Sumba.

Pengunjung biasa menikmati Sumba dengan berkunjung ke satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Kebanyakan juga dari mereka memilih untuk menginap di hotel untuk beristirahat. Kali ini kita akan membahas bagaimana menikmati keindahan Sumba dengan cara yang berbeda.

Menikmati Sumba dengan camping di tempat – tempat indah. Ya, memang terdengar aneh karena masih sedikit orang yang melakukannya. Camping ini menjadi pilihan para pengunjung yang memiliki jiwa petualang tinggi, dan juga para backpacker agar tidak terlalu banyak mengeluarkan budget. Camping juga membuat kamu bisa menikmati keindahan alam tersebut dengan sepenuhnya. Berikut ini adalah tempat camping di Sumba yang seru.

1. Bukit Hiliwuku.

Bukit Hiliwuku ini terkenal juga dengan nama bukit Teletabis. Bukit Hiliwuku ini terletak di Desa Persiapa Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Sumba Timur, NTT. Bukit ini berjarak 35 kilometer ke arah timur dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur yakni kota Waingapu.

tempat camping di sumba

Bukit Hiliwuku Sumba – foto milik @adii.ndp

Bukit Hiliwuku ini sangat direkomendasikan sebagai tempat camping terbaik di Sumba karena keindahannya yang luar biasa. Dari atas bukit ini kamu dapat melihat keindahan hamparan padang savana yang ada di sepanjang gugusan bukit indah ini. Ukuran yang beragam dari gugusan bukit ini menambah keindahan dari bukit ini dan akan terlihat seperti bergelombang indah jika dilihat dari atas.

Jika malam hari sudah tiba malam kamu akan ditemani dengan hamparan keindahan langit yang dihiasi jutaan bintang. Jika cuaca malam hari cerah, kamu bisa melihat keindahan galaksi bimasakti dari atas bukit ini.

2. Pantai Mananga Aba.

Tempat camping rekomendasi selanjutnya adalah Pantai Mananga Aba yang terletak di perbatasan Desa Ramadana dan Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya . Pantai Mananga Aba ini direkomendasikan menjadi tempat camping yang nyaman di Sumba karena tempat ini terbilang masih sepi. Jadi kamu bisa dengan leluasa untuk camping di sana. Walaupun belum banyak orang yang tau, keindahan pantai ini tidak kalah dari pantai lain di Sumba yang sudah terkenal.

tempat camping di sumba

Pantai Mananga Aba. Sumber Gambar : travelingmagz.com

Pantai ini memiliki keunikan, yaitu pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam di pantai ini, itulah yang membuat pantai ini direkomendasikan untuk dijadikan tempat camping di Sumba. Kamu bisa datang pada sore hari sebelum mata hari terbenam dan mulai mendirikan tenda dan kamu langsung dapat menikmati keindahan matahari tenggelam. Keesokan harinya pagi hari ketika kamu bangun tidur, kamu bisa melihat matahari yang terbit di sini.

3. Watukaka Resort.

Trend pariwisata kini semakin berkembang, para pengunjung ingin menikmati keindahan alam dengan cara berbeda. Tempat camping rekomendasi selanjutnya adalah Watukaka Resort. Trend camping yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan kenyamanan sekaligus sensasi petualangan di waktu bersamaan.

tempat camping di sumba

Wtukaka Resort, sumber: Tripadvisor

Resort ini menawarkan glammping atau glamour camping, yaitu tidur seperti di tenda yang besar dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Di sini kamu akan mendapatkan fasilitas kamar tidur pribadi, furnitur yang eksotis, serta fasilitas lain yang tak kalah mewah.

Lokasi dari Watukaka Resort ini terletak di Ubuoleta, Sumba Barat, NTT. Permalamnya untuk menginap di penginapan mewah berkonsep camping ini kamu perlu mengeluarkan uang mulai dari 3 juta rupiah.

4. Pantai Walakiri.

Pantai Walakiri, pantai ini terletak di Watumbaka, Pandawai, Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini bisa dinikmati keindahannya ketika menjelang matahari terbenam. Guratan cahaya oranye akan melukis langit pantai Walakiri ini, ditambah barisan pohon bakau yang menambah kesan indah.

tempat camping di sumba

sunset di Walakiri

Selain keindahannya, pantai ini direkomendasikan sebagai tempat yang nyaman untuk camping di Sumba karena lokasinya yanng berdekatan dengan perkampungan warga jadi kamu tidak perlu merasa was was.

5. Tanjung Mareha.

Sesuai dengan namanya Tanjung Mareha merupakan sebuah daratan yang menjorok ke lautan. Tetapi Tanjung Mareha ini berupa bukit yang dibawahnya terdapat pantai yang terkenal dengan batu bolongnya.

tempat camping di sumba

Tanjung Mareha, Pantai Bwanna. Sumber: Tempat Wisata

Semilir angin akan menambah kenikmatan ketika kamu berkunjung ke sini. Kamu bisa berkemping di atas bukit Tanjung Mareha ini, saat pagi menjelang kamu langsung dihadapkan oleh pemandangan laut pantai Bwanna yang indah.

Tanjung Mareha ini berlokasi di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Tanjung mareha ini berada sekitar 50 kilometer dari Tambolaka.

Itulah 5 tempat camping pilihan di Sumba.

Baca juga:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x