Yang Harus Kamu Tahu Tentang Savana Puru Kambera Sumba

Puru Kambera – Padang savana mungkin sudah menjadi salah satu identitas yang sangat unik dari Pulai Sumba. Salah satu padang savana yang memiliki panorama yang sangat indah adalah savana Puru Kambera Sumba.

Padang savana ini merupakan salah satu padang rumput terluas yang tepatnya berlokasi di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Apa saja keunikan dari padang savana Puru Kambera Sumba ini? Yuk simak penjelasan menarik berikut:

Perubahan Warna Rumput Ketika Berganti Musim

Padang Savana Puru Kambera ini memiliki keunikan yaitu warna bukit dan Savana yang ada akan berubah warna bergantung musim saat wisatawan berkunjung. ⁣⁣⁣

Informasi dari masyarakat asli Pulau Sumba, bukit yang tadinya berwarna hijau saat musing hujan dapat berubah menjadi warna kuning atau kecoklatan saat musim kemarau.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣

kambera

Puru Kambera – Foto @traval.co

Wisatawan bisa dengan mudah menemukan segerombolan kuda liar yang sedang mencari dan memakan rumput di savana ini. Namun jangan terlalu dekat dengan kuda-kudanya karena pasti kuda tersebut akan kabur.

Kuda liar ini sangat sensitif, jadi bagi mereka yang ingin lebih dekat paket kuda harus ekstra lambat sehingga mereka tidak menjauh.

Banyak pohon kering yang akan kalian temukan dalam perjalanan di Savana Puru Kambera, membuat setiap yang pernah kesini ingin berkunjung kembali nantinya.

Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota Waingapu dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Dibutuhkan sekitar satu jam untuk mencapai lokasinya. Tidak ada transportasi umum ke tempat ini. Bagi pengunjung di luar Waingapu, wisatawan dapat menggunakan layanan ojek atau kendaraan roda dua pribadi.

Savana Puru Kambera Tempat Berpetualang yang Sempurna

kambera2

Puru Kambera – Foto @olivia_sumba

Padang savana Puru Kambera bisa menjadi destinasi berpetualang yang sangat sempurna. Berkeliling dengan kendaraan roda empat untuk offroad menjadi suatu pengalaman baru dan tidak akan terlupakan oleh setiap orang yang berkunjung ke savana ini. ⁣⁣

Keindahan dan eksotisitasnya tidak kalah bagus dengan padang savana yang berada di Benua Afrika. Kalian bisa merasakan berpacu dalam adrenalin ketika kendaraan kalian melintasi bebatuan yang memiliki tekstur keras dan terjal.

Siapkan segala peralatan yang diperlukan untuk bisa menikmati nuansa savana yang sangat seru sambil melihat hamparan luasnya wilayah padang savana dengan warna rumput yang kuning kecoklatan ini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto ketika menyusuri padang savana ini dari dalam atau luar kendaraan kalian.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

Savana Puru Kambera

Savana Puru Kambera – foto @ge_aye

Padang Savana Puru Kambera sering digunakan sebagai tujuan utama bagi wisatawan yang ingin melihat perilaku kuda Sumba liar di habitat aslinya.

Gerombolan kuda liar Sumba akan terlihat lebih sering selama musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan. Hal itu dikarenakan di musim kemarau, savana Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga kuda liar akan lebih aktif merumput di luar hutan untuk mencari makanan.

Spot Foto yang Eksotis di Savana Puru Kambera

kambera3

Puru Kambera – Foto @chitramarlis

Jika kalian ingin mengambil foto dengan latar belakang savana yang memesona maka Puru Kambera adalah lokasi yang sangat sempurna.

Terdapat pepohonan yang sangat jarang terlihat dan hamparan padang rumput kering lah yang menjadi pembeda dengan lokasi foto lainnya. Siapkan pose dan outfit terbaik kalian ketika akan mengambil foto di Puru Kambera.

Nikmati Hangatnya Mentari di Savana Puru Kambera

kambera4

Puru Kambera – Foto @angelina_fitria

Menunggu matahari tenggelam di Puru Kambera, salah satu spot terbaik di Sumba Timur. Sembari menikmati golden sunset, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan iringan sapi dan kuda liar.

Setelah menghabiskan waktu yang tak terlupakan di padang savana Puru Kambera, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi pantai yang indah di dekatnya yaitu Pantai Mundu ataupu ke Air Terjuan Tanggedu.

Pasir putih dan lingkungan pantai Mundu yang belum terjamah akan sangat membantu kalian untuk bisa bersantai dan menenangkan diri.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi: Tanjung Karoso Sumba

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x