Tanjung Karoso Sumba, Pantai Baru di Sumba Barat Daya

Tempat wisata, selain indah akan pemandangan dan nuansanya, beberapa tempat wisata juga sering dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Begitu pula pantai Tanjung Karoso Sumba. Pantai Tanjung Karoso berlokasi tepatnya di wilayah Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini selain sering dikunjungi oleh wisatawan untuk berlibur, juga sering digunakan sebagai tempat ritual-ritual adat dan kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat asli Pulau Sumba.

Pantai ini terletak tidak jauh dari tempat diselenggarakan acara adat tahunan masyarakat Sumba yaitu atraksi Pasola.

Pasola adalah pertunjukan adat  ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan.

Indahnya Pasir Putih Pantai Tanjung Karoso

karoso

Pantai Tanjung Karoso – Foto @beatrixvinny

Seperti halnya kebanyakan pantai di Pulau Sumba, pantai Tanjung Karoso juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Hamparan pasir putih bersih di pesisir pantai dan juga air lautnya yang jernih dan berwarna biru menjadi nilai jual utama dari pantai ini.

Lingkungan di sekitar pantai masih sangat asri namun masih sangat kurang dalam fasilitas untuk melakukan wisata airnya. Hal ini lah yang menyebabkan tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai yang satu ini.

Namun, karena tidak terlalu banyak pengunjung maka kalian bisa dengan tenang untuk menikmati semua keindahan alam yang ditawarkan tanpa terlalu banyak gangguan.

Akses yang Mudah ke Tanjung Karoso dari Pusat Kota

Perjalanan ke pantai Tanjung Karoso tidaklah begitu sulit. Jika menggunakan kendaraan bermotor maka kalian hanya menempuh jarak kurang lebih 1 jam dari Kota Tambolaka, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.

karoso3

Pantai Tanjung Karoso – Foto @kumaladewi.h

Di sepanjang perjalanan mata akan disuguhi oleh suasana keseharianmasyarakat Pulau Sumba dengan rumah Sumbanya yang memiliki gaya arsitektur unik.

Untuk mencapai pantai ini kalian akan melewati Kori dan melewati ruas jalan yang sekelilingnya terdapat hamparan savana yang memesona.

Setelah sekitar satu kilometer melewati hamparan savana, dari kejauhan akan mulai terlihat pemandangan indah dari Pantai Tanjung Karoso. Hal yang menjadikan pantai Tanjung Karoso ini berbeda adalah karena banyaknya pepohonan di pinggir pantai yang membuat wisatawan tidak akan kepanasan berada di pantai ini.

Wisatawan pun dapat dengan mudah untuk mencari posisi yang nyaman untuk berteduh sembari menikmati suasana pantai yang masih asri.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

Tanjung Karoso Kaya akan Biota Laut

Wisatawan akan sangat mudahnya menemukan dan milihat biota-biota laut yang eksotis di wilayah pesisir pantai. Contoh biota laut yang dapat ditemukan adalah kerang, bintang laut, bulu babi, sampai dengan penyu.

Banyaknya biota laut dikarenakan lingkungannya yang masih belum tercemar sehingga masih sangat layak untuk kehidupan biota laut.

karoso2

Pantai Tanjung Karoso – Foto @bobby_djorkaeff

Di Pantai Tanjung Karoso, wisatawan juga dapat dengan mudah untuk bertemu dengan nelayan yang baru pulang melaut dengan membawa ikan-ikan yang sangat segar. Wisatawan dapat membeli langsung ikan-ikan yang baru ditangkap oleh para nelayan.

Harga ikan tangkapan nelayan dari pantai Tanjung Karoso ini terbilang sangat bersahabat di kantong. Setelah membeli ikan dari nelayan, kalian juga bisa mempersiapkan perapian untuk membakar ikan untuk dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih.

Bagi wisatawan yang ingin berenang di Pantai Tanjung Karoso, kalian bisa berenang dengan tenang karena pantai ini cukup aman dengan gelombang ombak yang tidak begitu besar apalagi airnya yang sangat jernih.

Pantai Tanjung Karoso termasuk pantai yang memiliki wilayah yang masih bersih, karena tidak ada sampah plastik yang bertebaran.

Nikmati Senja di Pinggir Pantai Tanjung Karoso

karoso1

Pantai Tanjung Karoso – Foto @theresiasartanto

Sore hari menjelang malam, wisatawan dapat menikmati keindahan nuansa matahari yang terbenam. Cahaya matari hari akan menyebar dan berpendar ke arah air laut dan menghasilkan gradiasi warna yang sangat indah. Momen ini lah yang tepat untuk mengambil foto sebagai kenangan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x