Pesona Pulau Mengkudu Sumba

Pulau Sumba memang menawarkan destinasi wisata alam yang menggiurkan, terutama wisata lautnya yang memiliki kecantikan luar biasa. Bila Anda sedang berencana melakukan traveling ke Sumba Timur, tidak ada salahnya bila Anda menikmati  salah satu keindahan alam bawah laut Pulau Mengkudu atau dikenal juga dengan nama Pulau Mangudu oleh masyakarakat setempat.

Pulau Mengkudu merupakan salah satu dari tiga pulau terluar di Indonesia, yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Australia. Bahkan, saking indahnya Pulau Mengkudu, sempat terjadi sengketa antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia, yang menyebabkan Pulau Mengkudu dijaga oleh pasukan TNI.

Akses ke Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu – Foto: antorology.files.wordpress.com

Beberapa travel agent telah memasukkan destinasi wisata Pulau Mengkudu ke dalam pilihan list itinerary mereka yang bisa Anda pilih untuk mengeksplor kekayaan alam Sumba Timur. Anda bisa memilih Pulau Mengkudu. Disarankan Anda memakai jasa travel agent, karena untuk ke Pulau Mengkudu, butuh proses perjalanan yang tidak mudah.

Untuk rute penerbangan, Anda bisa memilih Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Kota Waingapu, Sumba Timur. Dari sini, Anda masih harus menempuh perjalanan darat sepanjang 150 km, atau sekitar 4-5 jam perjalanan ke pelabuhan di Desa Katundu, dengan kondisi jalan yang tidak selalu beraspal. Tapi, jangan khawatir, karena view alam Sumba yang akan Anda lihat selama dalam perjalanan, akan menyihir Anda dan membuat Anda lupa akan waktu dan beratnya perjalanan.

Untuk menuju pulau ini, Anda harus memulai perjalanan menggunakan perahu kecil dari pelabuhan yang ada di Desa Katundu, Kecamatan Karera, Sumba Timur, selama kurang lebih satu jam perjalanan laut.

Keindahan Wisata Alam Pulau Mengkudu

View Pulau Mengkudu – Foto: samudranesia.id

Pulau Mengkudu merupakan pulau yang tidak berpenghuni, dan sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Pantainya memiliki pasir putih, sangat cerah berpadu dengan birunya air laut yang begitu jernih.

Saking jernih dan indahnya, banyak wisatawan yang tidak hanya sekadar berfoto dan bermain pasir, tetapi juga berenang di sekitar pantai, snorkeling, dan diving. Sering juga dijadikan tempat untuk memancing.

Karena terletak di Samudera Hindia, Laut Pulau Mengkudu memiliki gulungan ombak yang sangat disukai oleh para peselancar. Jadi, jika Anda suka berselancar, Anda bisa membawa papan selancar Anda untuk menjajal kegesitan gulungan ombak di Laut Pulau Mengkudu.

Dari pulau ini, Anda bisa melihat view Pulau Salura, yang juga menjadi salah satu rangkaian dari pulau terluar di Indonesia. Kalau Anda penasaran seperti apa kehidupan masyarakat di pulau terluar di Indonesia, Anda bisa mampir ke pulau Salura yang berjarak kurang lebih 8 mil laut dari Pulau Mengkudu.

Mengintip Kehidupan Penduduk Pulau Salura

View dari Pulau Salura – Foto: IG @danielrobertsianturi

Berbeda dengan Pulau Mengkudu, Pulau Salura memiliki penduduk kurang lebih sebanyak 700 jiwa. Mayoritas penduduknya beragama muslim, dan berprofesi sebagai nelayan. Tak kalah dengan Pulau Mengkudu, Pulau Salura juga memiliki keindahan alam yang sangat cantik.

Selain bisa bermain di tepi pantainya, Anda juga bisa menyusuri desa untuk menikmati view laut dan beberapa pulau terluar Indonesia dari atas bukit. Namun, pastikan Anda sudah membawa perbekalan ya, karena untuk mencapai bukit ini, Anda perlu menempuh perjalanan kaki selama 1 jam.

Biaya Masuk ke Pulau Mengkudu

Tidak ada biaya masuk ke Pulau Mengkudu, namun Anda perlu menyewa perahu. Itu mengapa, kami saranakan pada Anda untuk menyewa jasa travel agent, selain karena akses perjalanan yang lumayan rumit, menggunakan jasa travel agent, akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

Anda juga tidak perlu repot – repot mencari kapal yang bisa Anda sewa dan melakuan negosiasi harga yang cukup alot dengan warga setempat. Cukup duduk manis, menikmati setiap view alam Pulau Sumba yang sangat indah selama perjalanan, berbincang santai dengan penduduk lokal untuk menambah wawasan Anda, dan bermain sepuasanya di Pulau Mengkudu yang sangat indah.

Tidak perlu repot dan ribet, kan? Jadi, bagaimana? Kapan ada rencana bermain ke Pulau Mengkudu dan mungkin pulau terluar lainnya? Selamat berwisata di Pulau Sumba!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x