Gua La Pahar Sumba, Tempat Menantang Adrenalin di Sumba

Gua La Pahar mungkin masih asing bagi sebagian traveler. Informasi tentang tempat wisata di Sumba ini pun masih jarang.

Kendati namanya masih belum begitu populer, bukan berarti Gua La Pahar tidak layak menjadi tempat liburan. Justru sebaliknya. Destinasi ini akan membuatmu merasakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Terlebih lagi untuk para petualang, karena wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Matalawa (Manupeu Tana Daru dan Laiwangi Wanggameti) ini menguji adrenalin.

Ingin tahu lebih banyak tentang tempat wisata gua di Sumba satu ini? Simak ulasan singkat di bawah ini!

Gua Vertikal yang Eksotis di Tanah Sumba

Gua La Pahar bisa dibilang merupakan salah satu gua vertikal yang eksotis di kawasan Taman Nasional Matalawa.

Gua La Pahar

Gua La Pahar Sumba (Sumber: instagram/tamannasional_matalawa)

Gua di Sumba yang sudah dieksplorasi dalam sekitar 6 tahun terakhir ini masih sangat alami. Dilansir dari instagram official Taman Nasional Matalawa, sebenarnya di kawasan Hutan La Pahar blok Hutan Mahaniwa ditemukan cukup banyak gua.

Namun, menurut keterangan Ekowisata.org, hanya satu gua yang berukuran besar dan dapat dijelajahi.

Berada di Gua La Pahar, kamu bisa menikmati keindahan stalaktit. Selain itu, ada pula sungai bawah tanah di dalam gua yang memesona.

Wisata di Sumba yang Menguji Adrenalin

Selain menyajikan keindahan ‘dunia bawah tanah’ yang istimewa, Gua La Pahar juga akan adrenalinmu terpacu.

Gua La Pahar Sumba

Telusur Gua La Pahar (Sumber: instagram/tamannasional_matalawa)

Sebab, sebelum melakukan aktivitas telusur gua (caving), kamu perlu menuruni ‘lubang’ vertikal supaya sampai di dasar.

Penelusuran gua vertikal ini pun tidak terlepas dari teknik yang disebut Single Rope Technique (SRT). Yaitu teknik menuruni gua vertikal dengan satu tali. Itulah kenapa, Gua La Pahar sangat menguji adrenalin dan cocok untuk dijadikan tempat liburan para petualang.

Akses ke Gua La Pahar Sumba

Seperti diketahui, Gua La Pahar Sumba berada di Taman Nasional Matalawa. Dimana taman nasional ini terletak di 3 wilayah kabupaten, yaitu Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur.

Akses paling mudah untuk menjangkaunya adalah melalui Sumba Barat karena lebih dekat dari jalan provinsi.

Kemudian setelah sampai di Taman Nasional Matalawa, kamu masih perlu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki selama kurang lebih 6 jam hingga tiba di mulut gua.

Aktivitas di Sekitar Gua La Pahar

Puas menelusuri Gua La Pahar, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas lain dan mengunjungi wisata di sekitarnya.

  1. Menjelajahi Gua Kanabuwulang

Berada di Taman Nasional Matalawa yang artinya juga di sekitar Gua La Pahar, menjelajahi Gua Kanabuwulang juga tidak kalah seru.

Gua Kanabuwulang

Gua Kanabuwulang (Sumber: instagram/bocahsawah)

Gua di Sumba Timur ini letaknya di tepi kawah yang dipercaya terbentuk karena tumbukan meteor. Di dalam destinasi ini terdapat air yan tergenang dan mengalir sepanjang tahun.

Untuk mencapai Gua Kanabuwulang, kamu harus jalan kaki kurang lebih 2 kilometer dari jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah.

  1. Pengamatan Burung

Bukan hanya bisa menikmati keindahan alam di sekitar kawasan Taman Nasional Matalawa. Kamu juga bisa melakukan kegiatan pengamatan burung.

Burung di Taman Nasional Matalawa

Pengamatan Burung di Taman Nasional Matalawa (Sumber: instagram/heri.andri)

Seperti diketahui, Pulau Sumba juga dikenal kaya akan jenis burung. Tidak kurang dari 215 jenis dan sekitar 105 ditemukan di kawasan Taman Nasional Manupeu Tana Daru dan Laiwangi Wanggameti.

Lokasi pengamatan burung bisa kamu lakukan di Hutan Billa, Hutan Praingkareha, Hutan Mahaniwa, Hutan Ubukora, Hutan Lokuhuma, Hutan Langgaliru, dan Hutan Patamawai.

  1. Mampir di Pantai Otur

Pantai Otur jarang dikunjungi dan belum banyak infomasi tentang destinasi ini. Untuk mencapainya pun kamu perlu menggunakan kendaraan roda dua maupun empat selama sekitar 30 menir dari Lewa dengan kondisi jalan sedikit berbatu. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki selama 5 sampai 6 jam.

Pantai Otur

Pantai Otur (Sumber: instagram/heri.andri)

Letak pantai satu ini cukup jauh dari pemukiman. Kamu perlu melalui jalan setapak yang melintasi bukit serta hutan untuk mencapai Pantai Otur yang berada di kawasan Taman Nasional Matalawa ini.

Selain melihat keindahan samudera dari ketinggian, kamu juga bisa mendirikan tenda di sekitar pantai ini. Kamu juga bisa menikmati Pantai Otur dengan jalan kaki selama kurang lebih 1 jam dengan menuruni bukit.

Well, itulah ulasan singkat tentang Gua La pahar yang dapat menguji adrenalinmu. Selain liburan ke tempat ini, kamu juga bisa menikmati destinasi lain di sekitarnya. Mau coba berkunjung?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x