5 Air Terjun di Sumba Timur Yang Indah

Air Terjun di Sumba Timur – Tidak hanya Kabupaten Sumba Barat Daya saja yang memiliki wisata air terjun yang indah, Kabupaten Sumba Timur juga memiliki tempat-tempat air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Panorama alam yang menakjubkan dan memanjakan mata adalah aspek utama yang ditawarkan oleh tempat wisata air terjun di Sumba Timur ini.

Berikut kami sampaikan 5 tempat wisata air terjun indah di Sumba Timur:

1. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun di Sumba Timur yang pertama adalah Air Terjun Tanggedu yang berlokasi di Desa Tanggedu, Kanatang, Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sering dijuluki Grand Canyon dari Sumba Timur dikarenakan tebing di sekitarnya membentuk relief yang indah seperti Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat.

Tanggedu Waterfall

Tanggedu Waterfall – foto milik @lynnhalianto

Tidak seperti kebanyakan air terjun, Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah tepatnya hanya sekitar 8 meter namun alirannya cukup deras. Kecantikannya tentu sering menjadi tempat foto yang bagus bagi pengunjung.

Mengunjungi Tanggedu, wisatawan akan menemukan banyak sekali bebatuan di pinggir aliran airnya. Air dan tebing tinggi  memiliki warna yang unik dan secara alami membentuk seperti ruang bagi air untuk mengalir.

Permukaan airnya terlihat sangat jernih dan bersih serta berwarna biru. Air mengalir di atas bebatuan dan membentuk kolam pemandian alami yang sangat memesona.

2. Air Terjun Kanaibu Wai

Air Terjun Kanaibu Wai, Air Terjun di Sumba Timur

Air Terjun Kanaibu Wai, Air Terjun di Sumba Timur – Foto @mrizag

Air Terjun di Sumba Timur yang indah selanjutnya adalah Air Terjun Kanabu Wai yang terletak di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, kurang lebih 130 km dari pusat kota Waingapu.

Air terjun ini sangat unik, karena airnya akan terlihat keluar dari celah daun hijau. Di bagian bawah, terdapat undakan batu yang menciptakan pemandangan yang sangat menawan.

Di sekitar tempat wisata ini ada juga beberapa kolam alami yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berenang atau mungkin hanya bermain air.

Setiap wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata ini tidak akan dikenakan tiket masuk karena tempat wisata ini dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

3. Air Terjun Laiwi

laiwi

Laiwi – Foto @thitien_mouwlaka17

Tempat wisata ini berlokasi tepatnya di Desa Mentawai Ama, Kecamatan Katala Hamu Liwu (Kahali), Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter.

Arti kata laiwi  adalah rotan. Oleh karena itu, di sekitar tempat wisata ini terdapat pohon-pohon rotan yang saling berbaris. Keindahan pertama yang akan wisatawan nikmati adalah jalan menuju air terjun.

Jika kalian datang saat musim kemarau, jalannya tidak terlalu licin tapi tetep curam, jadi harus tetap berhati-hati. Tebing di sekitarnya sangat curam dengan kemiringan hampir 70 derajat.

Di tempat wisata ini juga terdapat kolam renang alami yang memiliki kedalaman se-dada orang dewasa.

4. Air Terjun Koalat, Air Terjun di Sumba Timur

Air Terjun koalat, Air Terjun di Sumba Timur

Air Terjun koalat, Air Terjun di Sumba Timur – Foto @rekamata

Tempat wisata air yang satu ini berlokasi di Kabupaten Sumba Timur tepatnya di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu.

Untuk mencapainya, wisatawan harus menenmpuh jarak kurang lebih 70 Km dari pusat kota Waingapu. Tempat wisata ini tidak terlalu tinggi, tetapi airnya cukup deras.

Di tempat wisata ini kalian bisa melakukan aktivitas berenang, bermain airnya yang jernih atau berfoto selfie dengan panorama alam yang indah sebagai latarnya.

Di sekitar areanya juga dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang dan cocok untuk dijadikan tempat berteduh.

5. Air Terjun Waimarang

waimarang

Waimarang – Foto @alymaharani

Air Terjun Waimaarang, salah satu destinasi wajib yang harus kalian kunjungi. Tempat wisata ini bentuknya sangat unik dan eksotis. Airnya mengalir di antara sela batu yang menyerupai gua dengan atap yang terbuka.

Di ujung air terjun terdapat kolam yang menampung air yang berwarna biru dan sangat jernih. Kolam tersebut dikelilingi bebatuan alami berwarna coklat muda yang sangat sepadan dengan warna biru air terjun.

Berenang di tempat ini, wisatawan seperti menikmati ruang private yang sangat menakjubkan. Berfoto dan mengabadikan momen di tempat ini adalah hal yang wajib kalian lakukan ketika berkunjung.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x