Ini 5 Minuman Khas Sumba yang Wajib Kamu Coba

Mungkin minuman khas Sumba masih terdengar asing bagi kalian. Biasanya ketika berkunjung ke suatu daerah yang terkenal adalah segi kuliner atau makanan khasnya. Namun rupanya Sumba mempunyai minuman khas yang bisa dicoba ketika kalian mengunjungi Sumba. Selain dikenal dengan ada, budaya, dan tempat-tempatnya yang menarik, beberapa hal unik bisa kamu coba di Sumba salah satunya adalah minuman khasnya.

Sumba dikenal dengan keeksotisan alamnya. Berbagai budaya adat turun-temurun juga masih bisa ditemukan di Sumba. Dengan segala kekayaan budaya itulah mengapa Sumba menjadi destinasi wisata favorit banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Disamping itu, kekayaan kuliner seperti makanan dan minuman khas juga menjadi daya tarik tersendiri. Tentu tidak lengkap rasanya jika menjelajah kawasan Sumba tanpa mencicipi minuman unik khas Sumba.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja minuman-minuman unik yang bisa kamu dapatkan hanya di Sumba, yuk simak 5 minuman khas Sumba di bawah ini.

Susu Kuda Liar

Sumber: bukalapak.com

Seharusnya kamu sudah sering mendengar istilah susu kuda liar sebelumnya. Ya, susu kuda liar menjadi minuman khas Sumba yang bisa dicoba langsung dari tempat asalnya. Susu kuda liar ini masih diproduksi secara tradisional oleh setiap keluarga yang ada di Sumba. Hal tersebut memang karena kuda menjadi hewan yang sangat umum dipelihara sehingga produksi susu kuda liar dari Sumba cukup melimpah. Susu kuda liar ini dikenal rasanya enak serta menyehatkan dan punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho seperti untuk gangguan pernafasan hingga tipes. Harganya cukup terjangkau dan dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko di kawasan Sumba.

Moke

Sumber: kumparan.com

Bila kamu menyukai minuman beralhohol, Moke ini bisa jadi minuman yang coba kamu cicipi ketika bertandang ke Sumba. Minuman khas Sumba yang satu ini terdiri dari 2 versi yakni hitam dan putih. Minuman khas Sumba yang ini juga dikenal legendaris dan telah diminum secara turun-temurun, baik dalam upacara adat maupun kegiatan sehari-hari. Moke ini dibuat dari Borassus Flabellifer dan Buah Arenga Pinnata yang menghangatkan dan mengandung alcohol yang beragam kadarnya.

Kopi Sumba

Sumber: tokopedia.com

Minuman khasu Sumba ini menjadi minuman yang cukup digemari apalagi oleh para pecinta kopi nusantara. Kopi Sumba adalah jenis kopi Robusta yang cenderung dark dan pahit. Namun meskipun begitu, Kopi Sumba ini dipilih karena karakter rasanya yang unik. Pembuatan Kopi Sumba ini juga sebagaian besar tradisional yakni ditumbuk menggunakan lesung. Buat kamu yang merupakan penggemar kopi, mencicipi salah satu minuman khas Sumba yang merupakan salah satu kopi terenak di tanah air ini jangan sampai dilewatkan ketika mampir ke Sumba.

Teh Kelor

Sumber: rumahkelor.com

Minuman khas Sumba, NTT ini bahan utamanya terbuat dari daun kelor yakni sejenis tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Teh kelor ini dikenal memiliki kandungan Polifenol Catechin yang merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Rasanya nikmat dan melegakan menjadikan minuman khas Sumba yang satu ini banyak dicari wisatawan maupun warga Sumba sendiri. Kerennya lagi, banyak produk teh kelor sudah banyak yang dieskpor sampai ke luar negeri, lho. Jadi, mumpung mampir ke Sumba jangan samapi terlewat buat membeli teh kelor minuman khas Sumba yang satu ini, ya.

Es Tape

Sumber: detik.com

Minuman khas Sumba ini bernama es tape namun juga dikenal dengan naman Poteng Isi. Minuman ini sangat disukai oleh masyarakat NTT. Rasanya manis, segar, dan nikmat sehingga cocok sekali diminum ketika musim panas kering seperti yang sering terjadi di Sumba. Isinya berbagai macam ada susu, serutan kelapa dan es, serta tambahan tape yang membuat minuman yang satu ini rasanya nagih dan begitu menyegarkan. Es Tape atau Poteng Isi ini juga bisa ditemukan di pinggir jalan dengan mudah dan tentu dengan harga yang sangat terjangkau. Gimana? Jadi pingin nyoba Es Tape nggak nih?

Nah, itulah 5 minuman khas Sumba yang bisa kamu jadikan referensi. Minuman khas Sumba yang mana, nih yang jadi pilihanmu?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x