Mau Solo Trip ke Sumba? Ini 6 hal yang harus Kamu Baca

Merencanakan Solo trip dekat-dekat ini? wah anda perlu persiapan yang matang nih. Jangan salah! Karena traveling sendiri tetap perlu banyak persiapan. Sebab nanti anda akan mengurus semuanya sendiri. Mencari referensi dan info-info yang akan sangat membantu adalah suatu keharusan. Kalau mengandalkan nekat dan spontanitas saja, mengikuti kemana angin membawa, solo trip anda jadi kurang memuaskan. Bisa jadi banyak hal yang terlewat karena kurang nya persiapan. Apalagi jika anda memilih solo trip ke Sumba yang alam dan kondisi lingkungannya masih sangat asli.

Persiapan untuk solo trip ke Sumba dimulai dengan membaca dan mencari tahu banyak informasi yang bermanfaat untuk mempersiapkan kepergian anda. Sumber-sumbernya bisa didapatkan dari mana saja.Berikut ini 6 hal yang harus kamu baca sebelum memulai solo trip ke Sumba

Situs berita khusus traveling

Sumber: unsplash.com

Untuk cari tahu referensi destinasi anda bisa memulai dari situs berita khusus traveling. Berisikan banyak artikel mengenai traveling dan pariwisata. Dalam situs online ini, anda bisa mendapatkan penjelasan destinasi pariwisata secara lengkap. Banyak tulisan tentang rekomendasi tempat, kuliner pilihan, cerita menarik dari tempat bersangkutan, oleh-oleh khas daerah lokal, cara untuk bisa sampai ke sana, hingga harga tiket, transportasi sampai bagaimana memesan penginapan. Nah siapa tahu anda juga bisa gabung dengan open trip. Ada beberapa situs yang juga menawarkan paket pariwisata. Tidak ada salahnya kan solo trip, tapi bisa bergabung dan berteman dengan orang-orang baru.

Blog dari Travel blogger

Sumber: unsplash.com

Selain membaca situs berita tentang pariwisata, ada baiknya anda juga membaca tulisan para travel blogger. Di sini anda akan mendapatkan ulasan tentang banyak tempat wisata, termasuk Sumba yang sudah jadi tempat langganan para pelancong. Dari blog ini pun anda jadi bisa mengetahui pengalaman nyata dari para traveler yang pernah datang ke sana. Bukan cuma cerita sukanya hal yang duka juga diceritakan. Sampai masalah detail dibahas secara lengkap oleh mereka secara naratif. Jadinya anda bisa lebh tahu secara real kondisi tempat yang akan dituju. Nanti di akhir tulisan seringkali mereka memberikan tips dan trik untuk traveling, yang bisa anda ikuti.

Media Massa

Sumber: unsplash.com

Meng-update informasi juga sangat penting. Carilah info-info terbaru, bisa dari koran atau situs berita online. Supaya tahu kondisi terbaru dari daerah yang ingin anda kunjungi. Bagaimana kondisi di tempat tersebut saat ini. Apakah tempat wisatanya dibuka atau sudah ditutup. Khawatirnya terjadi bencana alam beberapa hari sebelum anda pergi. Bisa jadi ada tempat yang lagi ditutup karena bencana atau sedang dalam perbaikan. Maka dari itu jika mengetahuinya lebih awal, anda bisa merubah atau menyusun lagi destinasi yang akan dikunjungi.

Majalah/Buku tentang Sumba

Sumber: unsplash.com

Mencari pengetahuan tentang destinasi yang dituju juga tidak kalah penting. Semacam membuat riset sebelum pergi. Apalagi bagi anda yang akan pergi mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai historis, situs-situs bersejarah, tempat adat atau daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Untuk menambah informasi dan pengetahuan, jadi saat datang ke tempat tidak begitu kebingungan. Ditambah kalau ternyata ada beberapa aturan dan larangan yang tidak boleh dilanggar, anda jadi sudah tahu lebih awal.

Baca juga: 4 Hal Mistis di Pulau Sumba

Website resmi pengelola

Sumber: unsplash.com

Membaca website resmi pengelola tempat wisata bisa jadi info tambahan. Anda bisa mencari tahu apa saja fasilitas yang disediakan pengelola. Rekomendasi tersendiri dari pengelola. Kemudian bisa tahu hari dan jam operasional, pemesanan tiket, dan info-info tambahan menarik lainnya.

Peta (maps)

Sumber: unsplash.com

Buat anda yang memilih solo trip yang benar-benar pergi sendiri. Peta sudah jadi hal wajib yang pastinya akan sering anda baca. Peta yang dimaksud bukan hanya peta yang berbentuk fisik ya. Saat ini lebih mudah dan praktis dengan meangakses peta digital (maps) dari smartphone. Tinggal ketik alamat tujuan, langsung bisa tahu kemana rute tercepat, estimasi waktu tempuh, jarak tempuh dan arah. Meskipun sudah otomatis, kalau anda kesulitan dalam membaca maps akan cukup membuat kesusahan. Tapi jangan khawatir. Jika hal itu terjadi, jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada warga lokal. Mereka akan dengan senang hari menujukkan kemana arah yang tepat. Namun yang pasti, maps adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x